7 MANFAAT BROKOLI UNTUK TUBUH, JAGA KESEHATAN HINGGA MENGHINDARKAN DARI PENYAKIT BERBAHAYA

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/broccoli-1629643_1920-1-595x446.jpg
Resep Olahan Brokoli yang Sehat untuk Seluruh Anggota Keluarga. (Foto: Pixabay)
Hai,
Sayurfriends
, apakah kamu tahu manfaat brokoli?
Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi karena banyak mengandung vitamin dan mineral. Selain memiliki banyak manfaat, brokoli juga bisa diolah menjadi berbagai menu masakan yang lezat.
Baca juga:
 
Mulai dari ditumis, direbus, dikukus atau diolah menjadi bagian dari menu olahan daging. Sebelum mengolah brokoli menjadi masakan yang kamu suka, yuk, kita simak pembahasan tentang 7 manfaat brokoli untuk tubuh manusia yang dirangkum dari berbagai sumber terpercaya berikut ini:
1. Bisa Mencegah Kanker
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/fresh-broccoli-vegetable-1-595x655.jpg
Vegetable. Broccoli on the table. Photo by Racool.Studio/Freepik
Brokoli memiliki kandungan senyawa bioaktif yang mampu mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh beberapa penyakit yang berbahaya.
Menurut salah satu penelitian yang dirangkum dari Healthline.com, penyakit seperti kanker payudara, kandung kemih, lambung, hingga prostat. Namun perlu diingat, sampai saat ini penelitian tentang manfaat brokoli masih terus berlangsung hingga sekarang.
2. Menjaga Gula Darah Dalam Tubuh
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/top-viewbroccoli-black-pan-pink-cloth-black-stone-surface-1-595x397.jpg
Photo by Racool.Studio/Freepik
Bagi para pengidap diabetes, Brokoli bisa sangat berguna untuk mengontrol kadar gula darah di dalam tuh. Hal ini bisa terjadi karena dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa orang yang mengonsumsi brokoli setiap hari selama satu bulan memperlihatkan penurunan resistensi insulin yang secara signifikan membuat kondisi orang yang menderita diabetes tipe 2 kondisinya membaik.
3. Baik Untuk Jantung
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/brokoli-ayam-595x595.jpg
Brokoli dan Ayam (Foto: Fimela)
Tanpa diduga-duga, ternyata brokoli juga memiliki manfaat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Kok, bisa? Karena brokoli kaya akan mineral, magnesium, serat, dan asam lemak omega 3 yang mempunyai kemampuan dalam menjaga kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh kita.
4. Dapat Melancarkan Pencernaan
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/08/sayurbox-makanan-yang-baik-dikonsumsi-selama-PMS-brokoli-unsplash-595x335.jpg
Source : Unsplash
Manfaat brokoli selanjutnya adalah dapat membantu usus dan fungsi pencernaan kita karena sayuran jenis Cruciferous ini kaya serat dan antioksidan. Hal ini dapat dibuktikan karena orang yang rutin mengonsumsi brokoli lebih mudah buang air besar dibanding mereka yang tidak mengonsumsi brokoli.
5. Cocok Untuk Program Diet
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2016/09/brokoli-pak-risjan.jpg
Buat kamu yang mungkin sekarang sedang dalam proses menurunkan berat badan, rutin mengonsumsi brokoli bisa membantumu juga, lho. Hal ini dapat terjadi karena brokoli kaya akan serat, sehingga berdampak pada tubuh kita yang merasa kenyang lebih lama.
6. Menjaga Kesehatan Tulang
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/broccoli-494754_640-595x446.jpg
Brokoli salah satu sayuran menu diet keto (Foto: Pixabay)
Menurut penelitian, brokoli diketahui juga mengandung vitamin K dan Kalsium, sehingga hal ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang kita sekaligus menghindarkan dari berbagai penyakit yang berkaitan dengan tulang. Selain itu, brokoli juga mengandung fosfor hingga vitamin A dan vitamin C.
7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/fresh-broccoli-vegetable-2-1-595x893.jpg
Photo by Racool.Studio/Freepik
Sebenarnya brokoli masih banyak memiliki manfaat lain untuk tubuh manusia, namun yang cukup penting untuk menjaga kesehatan kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
Diketahui, ternyata brokoli memilik kandungan vitamin C alami yang secara alami dapat membuat tubuh kita lebih kuat layaknya mendapat antibodi tambahan sehingga tubuh kita lebih kuat menghadapi virus dan berbagai penyakit.
Nah, itu tadi adalah 7 manfaat brokoli yang sangat berguna bagi tubuh manusia. Tanpa kita sadari, ternyata begitu banyak manfaat brokoli yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsinya.
Untuk mencari stok brokoli yang fresh dan terjamin kualitasnya, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah di Sayurbox, lho.
Jadi, kamu tidak perlu repot lagi membeli brokoli di luar rumah. Tunggu apalagi? 
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox