Ternyata ini 7 Kandungan Salak yang Baik untuk Kesehatan

Salak merupakan salah satu buah yang memiliki daging renyah dengan biji coklat di dalamnya. Buah salak dilapisi oleh kulit bersisik berwarna coklat dengan cita rasa manis dan sedikit rasa sepat. Salak umumnya digunakan untuk bahan dasar pembuatan sirup, manisan, dan pemanis kue. Tetapi tak sedikit masyarakat Indonesia yang menyukai buah asli Indonesia satu ini. Sebenarnya salak di Indonesia terdiri dari berbagai jenis, seperti Salak Hutan, Salak Bali, Salak Sidimpuan, Salak Condet, dan masih banyak lagi. Meski jenisnya berbeda-beda, namun kandungan salak yang terdiri dari berbagai vitamin dan mineral hampir serupa.

Jenis-jenis salak di Indonesia biasanya berasal dari penjuru Indonesia dan tentu saja menghasilkan cita rasa manis yang berbeda pula. Namun demikian, tak banyak yang mengetahui bahwa buah salak dengan rasa sepat yang khas justru memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Yuk, simak 7 kandungan salak yang baik untuk kesehatan.

Ini kandungan salak yang baik untuk kesehatan

1. Zat Besi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/salak-2404044_1920-595x397.jpg

Kandungan Salak yang Baik untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

Penelitian membuktikan bahwa di dalam 100 gram Salak mengandung 3,9 mg Zat Besi yang berguna untuk tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa zat besi berperan dalam memproduksi hemoglobin di dalam tubuh. Selain itu zat besi juga berfungsi dalam membentuk enzim, mengatur suhu tubuh serta menjaga sistem imun. Agar dapat memperoleh berbagai manfaat dari Zat Besi ternyata cukup dengan mengonsumsi buah salak secara rutin.

2. Vitamin A

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/free-to-use-sounds-oEfrVVbfUvQ-unsplash-595x363.jpg

Salak mengandung Vitamin A. (Foto: Unsplash)

Berbagai deretan manfaat vitamin A cukup banyak telah diketahui oleh masyarakat. Misalnya untuk menunjang kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kebutuhan pertumbuhan janin, dan cocok untuk meredakan radang akibat jerawat yang muncul. Berbagai manfaat yang terkandung di dalam Vitamin A tersebut dapat kamu miliki dengan mengonsumsi buah salak.

3. Vitamin B2

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/fruit-993587_1920-595x397.jpg

Salak mengandung Vitamin B2. (Foto: Pixabay)

Di dalam 100 gram buah salak terdapat setidaknya 0,2 mg Vitamin B2. Kandungan B2 di dalam buah salak dapat menjadi pelengkap kebutuhan B2 harian yang dibutuhkan manusia. Bila dirunut dari manfaatnya, Vitamin B2 dapat digunakan untuk mengurangi anemia, menyembuhkan sakit migrain, menurunkan asam amino yang terlalu tinggi, dan terpenting dapat mencegah penyakit katarak.

4. Vitamin C

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/pexels-adityo-cahyo-4025632-595x446.jpg

Salak mengandung Vitamin C. (Foto: Pexels)

Meski banyak suplemen penambah vitamin C, namun kebutuhan vitamin C manusia ternyata bisa dipenuhi hanya dengan mengonsumsi buah salak saja. Karena di dalam 100 gram buah salak terdapat setidaknya 8,4 mg Vitamin C. Semakin dewasa manusia, maka akan semakin meningkat kebutuhan vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

Oleh sebab itu, penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin C harian dengan mengkonsumsi Salak secara rutin. Berbagai manfaat vitamin C untuk tubuh yaitu antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh, melindungi sel tubuh dari kerusakan, untuk memproduksi kolagen yang baik untuk kesehatan kulit, mencerahkan kulit, dan sebagai penunjang untuk penyerapan zat besi.

Ingin mencoba manfaat dari kandungan salak ini? Yuk, beli salak dan buah segar lainnya di Sayurbox!

5. Karbohidrat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/pexels-artem-beliaikin-1091779-595x337.jpg

Salak mengandung Karbohidrat. (Foto: Pexels)

Sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan yang kaya akan vitamin, ternyata salak juga mengandung karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu bahan bakar tubuh yang dapat menghasilkan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Dengan demikian, buah salak merupakan buah yang cocok untuk mereka yang berencana diet. Karena kandungan karbohidrat buah salak dapat menjadi salah satu sumber energi yang bernutrisi tinggi dan berserat.

6. Protein

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/salacca-2829396_1920-1-595x397.jpg

Salak mengandung Protein. (Foto: Pixabay)

Kandungan protein yang terdapat di dalam buah salak 100 gram adalah sebesar 0,8 gram. Komposisi ini dapat mencukupi kebutuhan protein harian manusia bila diimbangi dengan makanan berprotein lainnya. Kebutuhan protein di dalam tubuh harus dipenuhi secara maksimal untuk keseimbangan nutrisi tubuh. Ditambah lagi, fungsi protein sangat vital untuk tubuh yaitu untuk perbaikan dan perawatan tubuh mulai dari kulit, mata, rambut, dan organ dalam lainnya.

Tak hanya itu, protein juga bertugas untuk menjadi sumber energi, pembentuk enzim, pembentuk imun, dan pembentuk hormon dalam tubuh. Oleh karena itu sangat penting untuk memaksimalkan penyerapan protein di dalam tubuh dengan mengonsumsi buah salak.

7. Mineral

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/snakefruit-763094_1920-595x446.jpg

Salak mengandung Mineral. (Foto: Pixabay)

Sudah menjadi rahasia umum bila buah salak banyak mengandung berbagai jenis mineral yang baik untuk tubuh. Buah salak menyimpan banyak mineral seperti kalsium dan fosfor. Kandungan kalsium di dalam buah salak dapat menjadi penunjang untuk pembentukan tulang sekaligus mencegah adanya kerusakan tulang akibat osteoporosis. Sementara itu kandungan fosfor sangat berguna untuk pembentukan tulang, menstabilkan pH darah, dan meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.

Beberapa kandungan yang ada di buah salak ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini ternyata sangat bagus untuk mencegah timbulnya penyakit yang dapat menyerang tubuh. Hal ini membuktikan bahwa untuk memulai hidup yang sehat tidak perlu dengan uang yang mahal. Kita bisa mulai hidup sehat dengan mengonsumsi buah salak setiap hari dan diimbangi dengan olahraga yang rutin.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba manfaat dari kandungan salak ini? Yuk, beli salak dan buah segar lainnya di Sayurbox!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox