7 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Tertular Virus

Beberapa hari ini Indonesia sedang dihebohkan oleh berita mengenai virus corona yang telah masuk ke tanah air. Dua orang WNI telah dikonfirmasi tertular virus yang diduga berasal dari kota Wuhan, Tiongkok itu. Akibatnya banyak warga yang menjadi panik dan berupaya membeli berbagai kebutuhan sebagai pencegahan agar tidak tertular virus corona. Mulai dari masker, hand sanitizer dan bahan makanan ludes di pasaran. Selain melakukan tindakan pencegahan dari luar, kamu juga bisa melakukan tindakan pencegahan agar tidak tertular virus corona dari dalam dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Ingin tetap sehat dan berenergi? Yuk, simak ini 7 cara meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah tertular virus.

Ini cara meningkatkan daya tahan tubuh

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/vegetables-2338824_1920-595x397.jpg

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Agar Tidak Mudah Tertular Virus. (Foto: Pixabay)

1. Paling utama, jaga pola makan

Salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang utama adalah dengan menjaga pola makan. Usahakan makan dengan pola yang seimbang agar kebutuhan nutrisi harian tubuh terpenuhi. Perbanyang konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin dan anti-oksidan.

Beberapa jenis makanan yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu membunuh bakteri di dalam tubuh antara lain bawang putih dan jahe. Usahakan mengonsumsi kedua jenis bahan makanan tersebut secara rutin agar kesehatan tubuh tetap terjaga.

2. Perbanyak minum air putih agar tubuh tidak dehidrasi

Selain menjaga pola makan yang seimbang agar nutrisi harian tubuh terpenuhi, kamu juga wajib menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Pasalnya tubuh yang dehidrasi cenderung lebih lemah dan rentan tertular berbagai virus yang menyebabkan penyakit.

Oleh karena itu, perbanyak minum air putih. Usahakan minimal kamu meminum air putih minimal 2 liter sehari. Apa lagi jika kamu banyak beraktivitas di luar ruangan atau mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan banyak energi. Jika begitu, maka Konsumsi air putih kamu perlu ditambah.

3. Olahraga secara teratur

Selain makanan dan minum yang sehat, olahraga juga menjadi salah satu cara meningkatkan daya tahan tubuh yang efektif. Olahraga secara teratur berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu tubuh mempertahankan diri dari patogen dan pertumbuhan sel kanker.

Kamu disarankan untuk rutih berolahraga selama 30 menit perhari. Selain itu, di sela-sela bekerja, sempatkan juga untuk melakukan peregangan agar tubuh tidak kaku dan tetap aktif.

4. Istirahat yang cukup

Tidak hanya olahraga yang perlu dilakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga, tetapi kamu juga wajib memperoleh istirahat yang cukup. Pasalnya, kurang tidur atau kelelahan dapat berdampak pada menurunnya sistem daya tahan tubuh.

Cukupi istirahan dan waktu tidur sesuai dengan usia kamu, karena tiap jenjang usia memiliki waktu istirahan yang berbeda-beba. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 sampai 8 jam sehari. Sedangkan remaja membutuhkan waktu sekitar 9 sampai 10 jam untuk beristirahat.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Kelola stres agar tidak berpengaruh pada tubuh

Pikiran stres dapat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh. Stres berlebihan berpotensi meningkatkan produksi hormon kortisol. Jika terus dibiarkan, hormon tersebut dapat berdampak pada penuruhan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, sebaiknya kelola tingkat stres dengan melakukan berbagai kegiatan yang dapat membuat pikiran dan tubuhmu rileks. Kamu bisa mulai dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, meditasi, yoga, atau membaca buku yang menenangkan dan memotivasi.

6. Jaga kebersihan tubuh

Menjaga kebersihan tubuh juga sangat penting agar kamu terhindar dari virus corona. Pastikan kamu selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah memegang benda-benda di tempan umum. Selain itu, biasakan untuk mandi setelah beraktivitas di luar rumah. Kebiasaan menjaga kebersihan tubuh ini dapat membuat kamu terhindar dari berbagai virus dan penyakit.

7. Usahakan suhu ruangan yang hangat

Suhu yang dingin berpotensi membuat virus lebih mudah menyerang. Apa lagi saat cuaca sedang tidak menentu seperti sekarang ini yang sering kali hujan lalu panas terik kembali. Oleh karena itu sebaiknya jaga tubuh tetap hangat selama beraktivitas. Gunakan jaket atau sejenisnya saat kamu beraktivitas di ruangan yang dingin atau naik sepeda motor.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara meningkatkan daya tahan tubuh ini? Yuk, beli makanan sehat dan kebutuhan dapur lainnya tanpa harus ke luar rumah di Sayurbox!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox