Cari Tahu 7 Cara Memilih Ikan Dori Segar untuk Dimasak

Bingung mau masak apa hari ini? Nah, jika hari-hari sebelumnya kamu sudah sering memasak dan mengolah daging sebagai lauk, mungkin ini saatnya kamu berkreasi dengan memasak ikan. Tapi, ikan apa, ya? Yuk, coba memasak ikan dori segar!

Walaupun ikan ini tidak sepopuler jenis ikan lainnya, tapi jangan salah! Ikan ini memiliki rasa yang tidak kalah lezatnya dengan ikan tuna, salmon, maupun bandeng.

Tidak hanya soal rasa, ikan dori juga merupakan sumber omega 3 yang baik. Apalagi, kandungan lemak jenuh dan kolesterolnya jauh lebih rendah dibandingkan daging ayam atau sapi.

Sayangnya, tidak semua orang bisa memilih mana ikan yang masih dalam kondisi segar dan mana yang tidak. Lantas, mengapa harus memilih ikan dori yang masih segar? Kesegaran ikan tentunya bukan hanya mempengaruhi soal rasa saja, tapi juga kandungan yang ada di dalamnya. Jika kamu memiliki masalah yang sama, berikut ini adalah 7 cara memilih ikan dori segar untuk dimasak.

Ini cara memilih ikan dori segar untuk dimasak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/chopping-board-cooking-cuisine-delicious-428355-595x482.jpg

Cara Memilih Ikan Dori Segar untuk Dimasak. (Foto: Pixabay)

1. Pilih ikan dori yang masih dalam keadaan utuh

Apabila kamu masih awam dalam hal memilih ikan yang masih segar, sebaiknya kamu memilih ikan dori yang masih dalam keadaan utuh saja. Bukan tanpa alasan, ikan utuh akan lebih mudah dilihat kesegarannya dibandingkan dengan ikan yang sudah di-fillet.

Saat memilih ikan dori yang masih segar, kamu cukup memeriksa kesegaran mata dan insangnya. Sama seperti memilih ikan pada umumnya, semakin jernih kondisi mata dan semakin merah segar bagian insangnya, maka semakin baik kesegarannya.

2. Perhatikan warna daging dan kulit ikan dori

Apabila kamu tidak menemukan ikan dori yang masih utuh atau mungkin kamu tidak ingin repot menyiangi, kamu bisa memilih ikan dori yang sudah di-fillet. Tapi, bagaimana melihat kesegarannya?

Nah, cara memilih ikan dori yang masih segar selanjutnya bisa kamu lihat dari warna daging dan kulitnya. Apabila warna daging ikan dori sudah terlihat sedikit pucat, berarti ikan tersebut sudah tidak segar. Apabila ikan fillet yang kamu beli masih memiliki kulit, coba perhatikan juga bagian kulitnya. Lihat apakah kulitnya masih memancarkan warna metalik dan sedikit bersinar.

Jika hal itu masih terlihat, pastinya ikan dori tersebut masih dalam kondisi segar. Untuk melihat kesegaran ikan dori yang sudah di-fillet lainnya, kamu bisa membaca poin-poin selanjutnya di bawah ini.

3. Cek aromanya, pilih yang tidak berbau amis yang menyengat

Untuk mencium aroma kesegaran ikan, kamu bisa meminta penjual ikan tersebut untuk membilasnya dengan air. Kemudian, coba cium aromanya. Meskipun ikan tersebut sudah dalam kondisi di-fillet, tetap saja aroma ikan yang masih segar tidak akan berbau amis yang menyengat atau amonia.

4. Perhatikan cairan yang ada pada daging ikan

Setelah kamu melihat warna dan aromanya, selanjutnya kamu dapat memerhatikan cairan pada daging ikan dori tersebut. Ikan fillet yang masih dalam kondisi segar tentunya memiliki cairan yang jernih. Tapi, jika cairan pada daging ikan sudah terlihat agak keruh, kemungkinan besar ikan tersebut sudah tidak segar lagi.

Bagi kamu yang ingin membeli ikan dori segar, kamu bisa mengecek produknya di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Tekan dan perhatikan tekstur kekenyalannya

Ikan yang segar pastinya memiliki tekstur daging yang kenyal. Untuk mengeceknya, coba kamu tekan dan lihat apakah daging fillet ikan dori tersebut kembali ke bentuk semula atau tidak. Jika tidak, maka daging tersebut bisa dipastikan sudah tidak dalam kondisi segar.

6. Apabila bagian tepi fillet.nya menghitam, jangan pilih!

Selain memerhatikan warna daging dan kulitnya, perhatikan juga bagian warna daging di bagian tepi yang sudah di-fillet. Apabila bagian tersebut terlihat lebih gelap atau kecoklatan dibandingkan bagian dagingnya, maka kesegarannya pun diragukan. Selain warna, bagian tepi tersebut juga tidak boleh kering ataupun terlalu lembek.

7. Perhatikan kemasannya, pastikan tidak memiliki bunga es

Selain kondisi daging ikan, pastikan juga kemasan ikan dori tersebut dalam kondisi baik. Sebaiknya, kamu pilih kemasan yang tidak memiliki bunga es pada bagian dalamnya. Bunga es yang terbentuk di dalam kemasan menunjukan jika ikan tersebut sudah pernah dibekukan dan dicairkan lebih dari sekali. Hal itu tentu saja akan mempengaruhi kandungan nutrisi yang ada pada ikan.

Nah, itulah tujuh cara memilih ikan dori segar untuk dimasak. Tidak seperti memilih daging, memilih ikan yang masih dalam kondisi segar memang lebih sulit, apalagi jika sudah dalam kondisi fillet.

Jika kamu masih awam dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih ikan dori yang masih dalam keadaan utuh saja agar lebih mudah mengeceknya. Akan lebih bagus jika ikan dori tersebut masih dalam kondisi hidup, sehingga sudah pasti terjamin kesegarannya.

Namun, jika kebetulan kamu membelinya di toko swalayan modern yang kebanyakan sudah dalam kondisi fillet, maka kamu dapat mengeceknya seperti langkah-langkah di atas. Mudah, bukan? Bagi kamu yang ingin membeli ikan dori segar, kamu bisa mengecek produknya di Sayurbox. Kira-kira, enaknya dimasak apa, ya, ikan dori kali ini?

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox