Ini 7 Cara Membersihkan Cumi yang Mudah Dilakukan oleh Pemula

Bagi penggemar menu masakan
seafood
, pastinya tidak asing lagi dengan berbagai menu olahan cumi. Mulai dari cumi asam manis, cumi saus padang, hingga cumi goreng tepung yang renyah. Walaupun banyak disukai, patut diakui jika kolesterol pada cumi terbilang tinggi. Tidak hanya itu saja, kebanyakan orang juga enggan memasak menu olahan cumi karena merasa sulit membersihkannya. Pasalnya, jika cara membersihkan cumi tidak dilakukan dengan benar maka bisa mempengaruhi tekstur dan aroma amis pun masih akan tetap tercium. 
Untuk kamu yang baru pertama kali mengolah menu masakan dari cumi, berikut ini adalah 7 cara membersihkan cumi yang mudah dilakukan oleh pemula agar tidak amis dan lebih mudah diolah.

Ini cara membersihkan cumi yang mudah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/food-3602777_1920-595x397.jpg
Cara Membersihkan Cumi yang Mudah Dilakukan oleh Pemula. (Foto: Pixabay)

1. Pisahkan bagian kepala dari badan cumi

Sebelum membersihkan bagian dalam tubuh cumi, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuang bagian kepalanya terlebih dahulu. Bagian ini memang jarang sekali dimanfaatkan.
Untuk memisahkan bagian kepala, kamu dapat memegang bagian ekor dan badannya, kemudian tarik secara perlahan. Tidak perlu menggunakan banyak tenaga saat memegang dan menariknya. Cukup lakukan dengan hati-hati saja dan jangan sampai kantung tinta di dalam tubuh cumi tertekan tanpa sengaja hingga pecah.

2. Buang bagian kantung tinta

Setelah memisahkan bagian kepala, kamu dapat membuang bagian kantung tinta yang ada di bawah rahang cumi. Saat membersihkan bagian ini, kamu harus melakukannya dengan hati-hati. Terlebih lagi, kantung tinta tersebut mudah pecah.
Jika kamu sudah menarik bagian kepalanya hingga terlepas, biasanya akan terlihat kantung kecil berisi tinta hitam. Nah, kamu hanya perlu menarik perlahan kantung tersebut dan membuangnya. Lalu, bagaimana jika kantung tersebut tanpa sengaja terpecah dan tintanya berhamburan keluar? Jika sudah begini, kamu dapat membersihkannya dengan air mengalir di bawah keran. Bersihkan cumi dari tinta hingga bersih.

3. Potong bagian tentakel

Apabila kamu hanya ingin mengolah bagian badan cumi saja, contohnya jika kamu ingin membuat cumi
ring
goreng atau menjadikannya
topping
nasi goreng
seafood
, kamu bisa membuang bagian tentakelnya. Namun, jika tidak pun tidak apa-apa karena tentakel cumi dapat dimakan dan diolah. Cara memotong tentakelnya cukup mudah,
kok
. Kamu dapat memotongnya menggunakan pisau dan potong lurus ke bawah.

4. Buang paruh dan tulang rawannya

Jika kamu berencana mengolah bagian tentakelnya juga, maka kamu harus melepaskan bagian paruhnya terlebih dahulu. Paruh yang dimaksud di sini adalah sepotong tulang rawan. Letaknya berada di bawah dasar bagian tentakel.
Selain bagian tersebut, kamu juga harus membuang tulang rawan cumi yang berwarna transparan. Tulang ini berupa sepotong tulang rawan yang sangat tipis menyerupai pecahan kaya. Selain pada cumi, kamu pun akan menemui tulang seperti ini pada sotong. Pastikan kamu juga membuang tulang rawan tersebut jika kelak kamu berencana memasak olahan sotong.
Tulang ini tidak bisa dimakan dan harus dibuang. Untuk membuang bagian tersebut, kamu bisa memegang kembali tubuh cumi lalu tarik tulang rawan tersebut secara perlahan cukup menggunakan jari saja.
Ingin mencoba cara membersihkan cumi ini? Jika kamu ingin membeli produk cumi segar untuk memasak, kamu bisa mengecek ketersediaannya di Sayurbox.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Buang membran kulit cumi yang berwarna dan berbintik gelap

Bagian kulit cumi yang berwarna gelap dan berbintik ini sebenarnya bisa dikonsumsi. Namun, pada kebanyakan orang, terutama juru masak restoran maupun rumah makan, mereka lebih memilih untuk membuangnya. Hal ini dilakukan agar penampilan cumi saat nanti diolah terlihat lebih menarik. Kulit bagian ini bisa dihilangkan cukup dengan melepaskannya saja.

6. Cuci dan bersihkan cumi dengan air mengalir

Setelah bagian kulit tersebut dihilangkan, bersihkan kembali tubuh cumi hingga bersih di bawah air mengalir. Jika masih ada tinta yang menempel ataupun sisa jeroan yang masih tertinggal, kamu bisa membersihkannya dengan menggunakan jari.

7. Baluri dengan asam jawa dan garam

Bagi beberapa orang, aroma cumi yang amis terasa sangat menyengat. Jika kamu termasuk salah satunya, setelah cumi bersih, kamu dapat menggunakan asam jawa untuk menghilangkan bau amis tersebut. Asam jawa diyakini lebih ampuh menghilangkan bau amis pada cumi dibandingkan kamu menggunakan jeruk nipis, lemon, maupun cuka.
Caranya cukup dengan mencampurkan asam jawa dan garam, kemudian aduk hingga merata. Setelah itu, lumuri cumi dengan asam jawa yang telah tercampur dengan garam sambil diremas-remas hingga merata. Biarkan selama selama beberapa menit, kemudian bilas kembali dengan air hingga bersih dan tiriskan.
Setelah cumi ditiriskan, tunggu hingga mengering. Jika sudah, maka cumi pun siap diolah menjadi berbagai olahan makanan yang pastinya lezat.
Nah
, itulah tujuh cara membersihkan cumi yang mudah dilakukan oleh pemula. Jika kamu ingin membeli produk cumi segar untuk memasak, kamu bisa mengecek ketersediaannya di Sayurbox.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox