Ini 7 Cara Meal Prep yang Praktis dan Menghemat Waktu saat Memasak

Istilah meal prep belakangan ini mulai populer. Secara harafiah meal prep merupakan singkatan dari meal preparation atau yang dalam bahasa Indonesia berati mempersiapkan makanan. Pada praktiknya, meal prep adalah teknik menyiapkan makanan dalam jumlah banyak sekaligus. Proses meal prep dimulai dari perencanaan menu makanan, berbelanja, hingga menyimpan makanan. Meal prep ini sangat cocok diterapkan oleh kamu yang memiliki banyak kegiatan sehingga tidak punya banyak waktu untuk memasak. Pasalnya, dengan meluangkan sekali waktu untuk meal prep kamu bisa menghemat waktu untuk memasak selanjutnya, karena semua bahan makanan telah dibersihkan dan dipersiapkan sebelumnya. Penasaran dan ingin mencoba meal prep di rumah? Yuk, simak ini 7 cara meal prep yang praktis dan menghemat waktu saat memasak.

Ini cara meal prep yang praktis

1. Buat resep atau rencana menu masakan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-ella-olsson-1640771-595x446.jpg
Cara Meal Prep yang Praktis dan Menghemat Waktu saat Memasak. (Foto: Pexels)
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk meal prep adalah dengan membuat rencana menu masakan. Ada 3 metode yang bisa kamu lakukan untuk melakukan perencaan menu makanan saat meal prep. Ketiga metode tersebut, yaitu:
·
Batch cooking: Metode meal prep ini yaitu kamu memasak beberapa resep masakan sekaligus dalam jumlah besar, kemudian menyimpannya di kulkas atau freezer. Jangka waktu dan banyaknya porsi makanan pun bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, misalnya untuk 3 hari atau 7 hari kedepan.
·
Porsi makan satuan: Metode meal prep ini biasanya diatur berdasarkan banyaknya porsi per satu kali makan. Dalam satu wadah telah berisi karbohidrat, lauk, dan sayur. Kamu bisa mempersiapkan meal prep ini untuk beberapa porsi sekaligus. Metode meal prep ini cocok diterapkan untuk kamu yang sedang diet, karena porsi makan bisa lebih terkontrol.
·
Persiapan bahan: Jika pada dua metode selanjutnya bahan makanan telah dimasak, pada metode meal prep ini kamu hanya perlu mempersiapkan bahan-bahan makanan saja tanpa diolah. Caranya dimulai dari membersihkan, memotong, atau mengupas bahan makanan lalu menyimpannya di dalam wadah dan dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer.

2. Beli bahan makanan terbaik untuk meal prep

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-vie-studio-4856594-595x468.jpg
Beli bahan makanan terbaik untuk meal prep. (Foto: Pexels)
Setelah menentukan metode meal prep dan membuat rencana menu masakan, proses meal prep selanjutnya yaitu berbelanja sesuai perencanaan. Saat berbelanja pastikan bahan-bahan yang kamu beli masih segar dan memiliki kualitas terbaik agar tidak cepat busuk saat disimpan.

3. Gunakan tempat penyimpanan yang berkualitas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-ella-olsson-1640775-595x476.jpg
Gunakan tempat penyimpanan yang berkualitas. (Foto: Pexels)
Selanjutnya setelah berbelanja adalah mempersiapkan wadah yang digunakan untuk menyimpan bahan makanan. Wadah untuk menyimpan bahan makanan ini juga sebaiknya dipilih yang berkualitas. Kamu bisa pilih kotak penyimpanan makanan yang tahan panas atau aman untuk microwave, sehingga lebih praktis saat akan memanaskan makanan.
Selain itu, kamu juga bisa pilih wadah yang terbuat dari kaca atau stainless steel. Pasalnya, kedua bahan ini cenderung tidak menyerap bau dan dapat digunakan untuk menyimpan makanan dingin atau panas. Kemudian, yang juga harus dipastikan adalah wadah yang kamu gunakan memang terbuat dari bahan yang aman untuk menyimpan makanan.

4. Tentukan waktu untuk meal prep

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-nicole-michalou-6061856-595x459.jpg
Tentukan waktu untuk meal prep. (Foto: Pexels)
Proses meal prep membutuhkan waktu yang tidak sebentar, apa lagi jika kamu mempersiapkan bahan makanan untuk porsi yang banyak. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menentukan waktu khusus untuk meal prep. Misalnya selama satu sampai dua jam saat weekend. Namun, dengan meluangkan waktu selama satu sampai dua jam ini, selanjutnya kamu akan sangat menghemat waktu saat memasak di hari-hari selanjutnya.
Ingin mencoba cara meal prep ini di rumah? Kamu bisa membeli bahan-bahan makanan segar di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

5. Bersihkan dan potong-potong bahan sesuai kebutuhan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-vanessa-loring-5971868-595x397.jpg
Bersihkan dan potong-potong bahan sesuai kebutuhan. (Foto: Pexels)
Langkah untuk meal prep selajutnya adalah dengan membersihkan dan memotong-motong bahan makanan sesuai kebutuhan. Saat membersihkan dan memotong bahan ini juga sebaiknya kamu melakukan dengan cara yang tepat agar bahan makanan bisa awet disimpan lebih lama. Seperti daging merah misalnya, sebaiknya disimpan tanpa perlu cuci atau dibersihkan terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebaiknya kamu cari tahu kembali karakteristik dan cara membersihkan tiap bahan makanan yang benar.

6. Berikan label tanggal pada tempat penyimpanan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-vanessa-loring-5972000-595x397.jpg
Bersihkan dan potong-potong bahan sesuai kebutuhan. (Foto: Pexels)
Setelah semua bahan makanan dibersihkan dan dipotong-potong sesuai kebutuhan, lalu simpan di wadah yang telah dipersiapkan sebelumnya. Jika sudah disimpan di dalam wadah, sebaiknya kamu juga memberikan label pada tempat penyimpanan bahan makanan tersebut.
Label ini berguna untuk memberi tanda mana bahan makanan yang harus dikonsumsi terlebih dahulu. Selain itu, adanya label tanggal ini juga akan mempermudah kamu menentukan kapan kira-kira bahan makanan ini akan busuk.

7. Simpan bahan makanan di tempat yang tepat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-katerina-holmes-5908031-595x397.jpg
Simpan bahan makanan di tempat yang tepat. (Foto: Pexels)
Terakhir adalah menyimpan bahan makanan di tempat yang tepat. Hampir sama dengan proses membersihkan makanan, setiap bahan makanan juga memiliki karakteristik tempat penyimpanan yang berbeda-beda. Seperti protein hewani sebaiknya disimpan di freezer. Sedangkan sayuran ada yang sebaiknya di simpan di kulkas, tetapi ada pula yang bisa disimpan di freezer agar lebih tahan lama. Oleh karena itu, ada baiknya kenali karakteristik tempat penyimpanan tiap bahan makanan yang kamu gunakan.
Jadi, cukup mudah bukan untuk menerapkan cara meal prep ini di rumah? Untuk kamu yang ingin mencoba cara meal prep ini, kamu bisa membeli semua bahan-bahan makanan segar yang kamu butuhkan di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!