Baik untuk Diet, Ini 7 Cara Makan Buah Plum yang Bisa Kamu Coba

Buah plum dikenal karena rasanya yang asam dan menyegarkan. Buah ini juga dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, buah plum juga kerap dikombinasikan dengan madu sebagai asupan saat menjalankan program diet atau menurunkan berat badan. Kombinasi kedua bahan tersebut juga efektif membantu melancarkan metabolisme tubuh. Meski begitu, tidak banyak orang yang suka mengonsumsi buah ini karena buah plum termasuk buah yang tidak umum dan sulit ditemui. Nah, jika kamu tertarik ingin mencicipi buah ini, namun masih bingung bagaimana cara memakannya, berikut ini adalah tujuh cara makan buah plum yang bisa kamu coba.

Ini cara makan buah plum yang bisa kamu coba

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/plums-1573000_1920-595x394.jpg

Cara Makan Buah Plum yang Bisa Kamu Coba. (Foto: Pexels)

1. Langsung dikonsumsi

Cara makan buah plum yang pertama adalah mengonsumsinya secara langsung. Cara ini merupakan cara yang paling umum atau termudah ketika ingin menikmati buah ini. Namun, karena buah plum memiliki rasa asam yang cenderung kuat, maka cara yang satu ini tentu tidak cocok bagi mereka yang tidak terlalu suka rasa asam.

Tidak jauh berbeda ketika ingin menyantap buah pada umumnya, pertama-tama kamu harus mencucinya terlebih dahulu hingga benar-benar bersih. Lanjut dengan mengupas kulitnya, setelah itu barulah kamu bisa memakannya. Kamu juga bisa kok memakan buah ini tanpa mengupasnya kulitnya terlebih dahulu. Tentu saja tergantung selera.

2. Menjadikannya jus

Sama seperti buah pada umumnya, kamu juga bisa memakan buah plum dengan cara mengolahnya menjadi minuman segar seperti jus. Cara membuat jus buah plum ini tidak sulit, kok.

Kamu hanya perlu menyiapkan 2-4 buah plum segar yang sudah dipotong dan dicuci bersih. Setelah itu, masukkan potongan buah tersebut ke dalam blender dengan menambahkan es batu, air, dan tiga sendok makan gula. Jangan lupa tambahkan pula 2-3 sendok makan krim kental manis atau madu untuk memperkaya rasanya.

3. Mengolahnya menjadi pasta buah plum

Menjadikan buah plum pasta? Mungkin cara memakan buah plum yang satu ini terdengar asing bagi kamu. Tapi, sudah banyak kok yang mencoba mengolah buah ini menjadi pasta. Bagi kamu yang belum pernah mencobanya, tentu variasi cara mengonsumsi buah plum yang satu ini wajib kamu coba.

Tidak jauh berbeda, siapkan 2-4 buah plum segar, kemudian dipotong menjadi beberapa bagian dan cuci bersih. Taruh ke dalam wadah dan tambahkan dua setengah gelas air mendidih. Setelah beberapa saat, lanjutkan dengan memasukkan bahan-bahan lain seperti gandum, kefir, dan biji rami. Campur semua bahan dengan cara mengaduknya hingga merata. Lakukan hingga semua bahan tadi tercampur dan teksturnya berubah menjadi pasta. Setelah menjadi pasta, segera simpan di dalam kulkas selama 60 menit. Jika sudah, maka pasta buah plum pun kini siap disajikan.

4. Mengguyurnya dengan saus coklat

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati buah plum. Salah satunya yaitu dengan mengguyurkan dengan lelehan saus coklat. Nah, jika kamu termasuk pecinta coklat dan makanan asam, tentu kombinasi kedua bahan ini adalah pilihan yang tepat. Kedua sensasi tersebut akan kamu dapatkan secara bersamaan ketika menyantapnya.

Untuk kamu yang kurang menyukai makanan dengan rasa asam, kamu juga bisa mencoba cara yang satu ini. Pasalnya, coklat dapat berperan mengurangi rasa pahit dan asam dari buah plum. Di sisi lain, coklat juga bisa membantu meningkatkan suasana hati dengan meningkatkan kadar serotonin dan dopamin dalam tubuh kamu.

5. Menjadikannya salad buah

Jika kamu ingin menikmati buah plum sekaligus ingin mengombinasikannya dengan buah-buahan lainnya, kamu bisa nih mencoba mengolahnya menjadi salad buah. Kamu bisa mengombinasikan dengan jenis buah-buahan lain seperti anggur, stroberi, jeruk, apel, dan melon.

Sama seperti membuat salad buah pada umumnya, kamu bisa memotong kecil plum dan buah-buahan lainnya. Lanjutkan dengan memindahkannya ke dalam wadah mangkuk, kemudian guyuri dengan madu dan mustard di atasnya. Agar lebih nikmat dan segar, simpan terlebih dahulu ke dalam lemari es pendingin selama 60 menit.

Ingin mencoba buah plum? Kamu bisa membeli berbagai buah segar dan sehat di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg

6. Campur dengan oatmeal

Cara mengonsumsi buah plum selanjutnya yaitu mencampurkannya dengan oatmeal ataupun jenis sereal gandum lainnya. Oatmeal sendiri memang kerap disajikan dengan potongan buah-buahan untuk menambah cita rasanya. Jika sebelumnya kamu kerap menjumpai oatmeal yang disajikan dengan potongan buah apel dan pisang, tidak ada salahnya kamu mencoba mengombinasikannya dengan buah plum.

Di sisi lain, baik oatmeal ataupun buah plum, keduanya mengandung kaya serat, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menjaga dan memperlancar sistem pencernaan, serta mengatasi masalah sembelit.

7. Dengan cara dikeringkan

Cara selanjutnya untuk menikmati buah plum adalah dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Cara ini juga bertujuan agar buah plum bisa bertahan lebih lama.

Kamu bisa mengeringkannya dengan cara memanggang buah plum tersebut di oven. Namun, pastikan kamu sudah memotong dan mencucinya hingga bersih. Untuk cara yang lebih tradisional, kamu bisa mengeringkannya dengan bantuan sinar matahari selama 3-4 hari agar teksturnya benar-benar kering.

Setelah buah plum benar-benar kering, kamu tidak bisa mengonsumsinya secara langsung. Kamu harus merebusnya terlebih dahulu bersama air dengan suhu sekitar 250 derajat celcius hingga air mendidih.

Itulah tujuh cara makan buah plum yang bisa kamu coba. Bagaimana? Kamu tertarik mencobanya? Jika kamu tertarik, kamu bisa membeli buah plum ini di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg

(Siti Kamilla)

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox