7 Buah Asli Indonesia yang Mendunia, Yakin Udah Makan Semuanya?

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/buah-asli-indonesia-595x335.jpg

Indonesia dikenal dengan beragam buah aslinya yang eksotis, dengan cita rasa unik dan menyegarkan. Buah asli Indonesia ini gak hanya disukai oleh masyarakat Indonesia sendiri, namun juga dikenali oleh para turis dari luar negeri. Cari tahu yuk aneka buah asli dari Indonesia yang eksotis tersebut di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/durian-595x335.jpg

Jika bicara mengenai salah satu buah tropis dan eksotis dari Indonesia, durian pasti menjadi salah satu yang dibicarakan. Durian yang identik dengan kulit buahnya yang berduri ini memiliki daging buah dengan rasa yang manis. Salah satu hal yang bikin durian ini menjadi unik adalah aromanya yang bagi sebagian orang terlalu menyengat, hingga memicu rasa mual.

Buah yang memiliki julukan the king of fruits ini begitu dicari saat musim durian tiba. Selain dimakan langsung, durian juga kerap disajikan dengan aneka minuman dan makanan pendamping lainnya. Sebagai informasi, durian juga gak hanya dikenal sebagai buah khas Indonesia, melainkan juga buah yang jadi favorit di Malaysia dan Thailand.

Durian ini sendiri ada banyak jenisnya, yang biasanya dibedakan berdasarkan kualitas daging buahnya. Durian di Indonesia sendiri seperti durian montong, durian musang king, durian matahari, durian tembaga, dan lainnya. Nah, kalau di daerah Sayurfriends, durian jenis apa nih yang paling terkenal dan jadi favorit?

2. Jambu Air

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/jambu-air-595x335.jpg

Jambu air merupakan salah satu buah khas Indonesia yang dikenal dengan kandungan airnya yang cukup banyak. Buah satu ini sangat mudah untuk ditemukan karena biasanya ditanam di pekarangan rumah. Cita rasanya yang manis dan sedikit asam, membuatnya terasa begitu segar saat dikonsumsi. Sayurfriends bisa menandakan kematangan jambu air dari warna buahnya yang merah.

Peminat jambu air yang begitu luas, membuat jambu air jadi salah satu buah yang banyak dibudidayakan. Beberapa jenis jambu air yang kerap dibudidayakan di tanah air seperti jambu air black diamond, jambu air citra, jambu air kaget, dan  jambu air king rose apple. Cita rasanya yang segar bisa bantu Sayurfriends dalam menghidrasi tubuh.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/jambu-biji-595x335.jpg

Buah asli Indonesia yang juga sudah dikenal oleh banyak masyarakat di luar negeri saat berkunjung ke sini adalah jambu biji. Jambu biji memiliki karakteristik seperti daging buahnya yang berwarna merah muda saat matang, kulit buah yang berwarna hijau muda, dan dipenuhi oleh biji berwarna kuning pucat.

Jambu biji ini memiliki cita rasa manis saat dimakan dalam keadaan matang. Selain dikonsumsi langsung, jambu biji juga kerap diolah menjadi jus. Buah eksotis satu ini dikenal dengan manfaatnya dalam melancarkan pencernaan. Beberapa jenis jambu biji yang terkenal di tanah air seperti jambu kristal, jambu sukun, jambu pasar minggu, jambu tukan, dan jambu Australia.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/kelengkeng-595x335.jpg

Kelengkeng merupakan buah dengan daging buah yang mirip dengan rambutan, namun bijinya relatif keras dan berwarna cokelat. Buah ini juga dikenal sebagai buah dengan kandungan air yang cukup banyak, sehingga sangat pas untuk dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Daging buah kelengkeng memiliki cita rasa manis, dengan tekstur lunak dan agak sedikit liat.

Kelengkeng yang banyak diperjualbelikan di Indonesia ada banyak jenisnya. Kelengkeng merah, kelengkeng new crystal, kelengkeng diamond river, dan kelengkeng puangray merupakan beberapa jenis kelengkeng yang banyak diperjualbelikan dan begitu disukai karena rasanya yang manis. Selain di Indonesia, kelengkeng juga banyak ditanam di beberapa Asia lainnya.

5. Rambutan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/rambutan-595x335.jpg

Jika bicara mengenai buah khas negara tropis seperti Indonesia, rambutan tentu menjadi salah satunya. Buah satu ini dikenal dengan bentuknya yang unik, yakni kulitnya yang dipenuhi oleh rambut. Daging buahnya sendiri berwarna putih gading yang manis saat sudah masak, dengan biji buah yang tak bisa dikonsumsi.

Kesan pertama bagi kebanyakan orang luar negeri yang melihat buah ini adalah aneh, karena adanya rambut pada kulit buah rambutan ini. Namun, cita rasanya yang manis dan kaya cairan, membuat rambutan ini bisa dengan mudah menjadi salah satu buah yang disukai. Rambutan biasanya dikonsumsi langsung, namun ada juga yang mengolahnya jadi asinan atau manisan.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/manggis-595x335.jpg

Buah asli Indonesia yang juga kerap disuguhkan pada turis mancanegara saat berkunjung ke tanah air adalah manggis. Buah dengan warna merah kecokelatan ini memiliki daging buah dengan tekstur yang lembut dan cita rasa yang manis. Keunikan dari buah ini adalah, Sayurfriends bisa mengetahui berapa isi daging buahnya, dari kelopak yang ada di bagian bawah kulitnya.

Manggis merupakan salah satu buah yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Saat sedang musimnya, Sayurfriends bisa dengan mudah menemukan buah manggis ini diperjualbelikan di pinggiran jalan. Beberapa jenis manggis yang menjadi favorit banyak orang adalah manggis kaligesing, manggis wanayasa, manggis lingsar, dan manggis ratu kamang.

7. Srikaya

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/srikaya-595x335.jpg

Siapa di antara Sayurfriends yang menyukai buah srikaya. Buah srikaya memiliki kulit buah berwarna hijau, dengan daging buah yang berwarna putih. Buah ini memiliki cita rasa yang manis dan mudah untuk dikonsumsi, sehingga membuatnya disukai oleh orang yang mengonsumsinya.

Itulah tadi beberapa buah asli Indonesia yang gak hanya populer di kalangan masyarakat Indonesia, melainkan juga oleh pengunjung yang berasal dari negara lain. Selain menemukan buah khas Indonesia itu saat berkunjung ke sini, ada juga buah yang memang diekspor ke luar negeri. Sayurfriends sendiri paling suka buah yang mana nih?

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox