Mulai Tahun Ini Coba 7 Alternatif Minyak Goreng yang Sehat untuk Memasak

Minyak goreng merupakan salah satu bahan masak yang sering dipakai untuk menumis dan menggoreng. Minyak goreng yang dipakai sehari-hari umumnya terbuat dari kelapa sawit. Jenis minyak ini jadi pilihan terbaik karena menghasilkan hidangan yang renyah karena minyak kelapa sawit memiliki ketahanan panas yang baik. Namun terdapat kelemahan dari minyak goreng yaitu bila dipakai berkali-kali akan berdampak buruk pada tubuh karena perubahan struktur kimia penyusun minyak kelapa sawit yang dapat menyebabkan karsiogenik. Tapi tidak perlu khawatir karena ada 7 alternatif minyak goreng yang sehat untuk memasak yang cocok untukmu.
Yuk
, lihat di bawah ini!

Ini alternatif minyak goreng yang sehat untuk memasak.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/oil-4482643_1920-595x409.jpg
Minyak sering dipakai untuk menumis dan menggoreng masakan. (Foto: Pixabay)

1. Minyak jagung, mempunyai kandungan asam lemak jenuh lebih rendah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/oil-1325771_640-595x396.jpg
Minyak jagung, mempunyai kandungan asam lemak jenuh lebih rendah (Foto: Pixabay)
Salah satu alternatif minyak goreng yang sehat untuk kamu pakai menggoreng makanan adalah minyak jagung. Minyak jagung ini berasal dari eskrak biji jagung dan mempunyai kandungan asam lemak jenuh lebih rendah daripada minyak kelapa sawit. Titik asap pada minyak jagung ada di kisaran 204 C sampai dengan 213 C. Dengan titik asap tersebut, minyak jagung cukup tahan panas sehingga dapat digunakan untuk menggoreng maupun menumis.
Berbagai kandungan di dlaam minyak jagung seperti asam lemak esensial sangat baik untuk kesehatan tubuh. Dan tak lupa, asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol secara efektif bila dikonsumsi secara teratur. Kandungan asam linoleat yang ada di dalam minyak jagung juga bermanfaat untuk mempercepat regenerasi sel kulit, sehingga dapat membuat kulit tampak lebih sehat.

2. Minyak kedelai, lemak jenuh di dalamnya hanya sebesar 15%

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/oil-3112195_640-595x396.jpg
Minyak kedelai, lemak jenuh di dalamnya hanya sebesar 15% (Foto: Pixabay)
Presentase lemak jenuh di dalam minyak kedelai hanya sebesar 15%. Ini merupakan jumlah yang jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan kandungan lemak jenuh pada minyak kelapa sawit yaitu 41%.
Minyak goreng yang sehat ini diperoleh melalui proses ekstraksi dari biji kedelai dan memiliki khasiat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Selain itu, kandungan isoflavon yang terdapat di dalam kedelai dapat mencegah radikal bebas dan mencegah kerusakan tulang ataupun osteoporosis.

3. Minyak kulit padi, mampu meningkatkan kesehatan jantung

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/food-2288443_640-595x396.jpg
Minyak kulit padi, mampu meningkatkan kesehatan jantung (Foto: Pixabay)
Percaya atau tidak, ternyata ekstraksi kulit padi dapat menghasilkan kandungan oryzanol yang bisa menjadi sumber antioksidan penangkal radikal bebas. Tidak hanya itu saja, perpaduan vitamin A dan antioksidan di dalam kulit padi mampu meningkatkan kesehatan jantung serta dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.
Presentase asam lemak jenuh pada minyak goreng yang sehat ini juga relatif rendah yaitu hanya 20. Dengan demikian, minyak kuli padi jauh lebih sehat bila dibandingkan dengan minyak goreng kelapa sawit.

4. Minyak zaitun, tinggi kandungan antioksidan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/olive-oil-3326703_640-595x396.jpg
Minyak zaitun, tinggi kandungan antioksidan (Foto: Pixabay)
Sudah sejak lama rahasia minyak zaitun yang serba guna ini dapat dimanfaatkan untuk menggoreng. Kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tingginya antioksidan membuat minyak zaitun baik untuk dikonsumsi secara teratur karena tidak meningkatkan kadar kolesterol jahat.
Namun, perlu diperhatikan bahwa titik asap minyak zaitun jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan minyak goreng pada umumnya. Maka dari itu, penting untuk menjaga suhu menggoreng yang rendah dan waktu memasak yang cepat agar dapat menjaga kandungan nutrisi minyak zaitun.
Ingin mencoba alternatif minyak goreng yang sehat?
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

5. Minyak biji matahari, kestabilannya terjaga meski digunakan di suhu tinggi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/oil-2759779_640-595x396.jpg
Minyak biji matahari, kestabilannya terjaga meski digunakan di suhu tinggi (Foto: Pixabay)
Kandungan yang dimiliki dalam minyak goreng yang sehat ini adalah adanya beragam antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh, seperti asam oleat, asam penolic, dan betaine. Tak hanya itu, minyak biji matahari memiliki kestabilan yang terjaga meski digunakan di suhu tinggi sehingga tepat untuk digunakan menggoreng dan menumis hidangan.

6. Minyak kacang, berfungsi untuk menurunkan kolesterol

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/almond-3408470_640-595x595.jpg
Minyak kacang, berfungsi untuk menurunkan kolesterol (Foto: Pixabay)
Ini merupakan salah satu jenis minyak goreng yang sehat dengan kandungan lemak nabati dan berfungsi untuk menurunkan kolesterol serta baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, titik asap minyak kacang ini cukup tinggi sehingga minyak ini dapat digunakan untuk menggoreng maupun menumis makanan sehari-hari.

7. Minyak canola, memiliki kandungan omega 3 dan lemak tak jenuh yang tinggi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/olive-oil-968657_640-1-595x396.jpg
Minyak canola, memiliki kandungan omega 3 dan lemak tak jenuh yang tinggi (Foto: Pixabay)
Conola oil
atau minyak canola masih terlihat asing di telinga masyarakat. Minyak goreng yang sehat ini dihasilkan dari biji bunga kanola yang memiliki rasa netral sehingga tepat untuk digunakan memasak apa saja. Tidak hanya itu, minyak ini juga memiliki kandungan omega 3 dan lemak tak jenuh yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Kemudian yang paling penting, titik asap yang dimiliki oleh minyak canola tinggi sehingga tepat untuk meggantikan minyak kelapa sawit.
Tujuh alternatif minyak goreng yang sehat ini dapat kamu gunakan untuk memasak sehari-hari. Berbagai kandungan nutrisi dan antioksidan yang ada di dalam 7 jenis minyak di atas, sangat baik untuk menghindari berbagai ancaman penyakit yang disebabkan oleh kadar kolesterol. Ditambah lagi, jenis-jenis minyak telah disebutkan di atas sudah mudah ditemukan di pasaran. Bila kamu ingin lebih mudah, kamu bisa berbelanja tujuh jenis minyak goreng tadi di Sayurbox dengan berbagai promo yang bisa kamu pakai. Jadi untuk urusan hidup sehat, kamu bisa percayakan seluruhnya pada Sayurbox, karena hanya Sayurbox yang memahami kebutuhan hidup sehatmu.
Jadi, alternatif minyak goreng yang sehat mana yang ingin kamu coba?
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox