6 Waktu Terbaik Konsumsi Buah, Catat dan Praktikkan Demi Kesehatan

Konsumsi buah secara rutin setiap hari sangat penting bagi tubuh karena bisa mendatangkan banyak manfaat. Sayurfriends juga sebaiknya memperhatikan kapan waktu terbaik konsumsi buah dalam waktu satu hari tersebut. Tujuannya adalah demi mendapatkan manfaat yang optimal dari buah yang dikonsumsi. Yuk, langsung saja simak ini dia 6 waktu terbaik yang bisa dipilih untuk mengonsumsi buah.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/waktu-terbaik-konsumsi-buah-595x335.jpg

1. Pagi sebelum Beraktivitas

Selain sarapan menu utama, Sayufriends juga sebaiknya mengonsumsi buah di pagi hari. Seperti diketahui bahwa di waktu pagi, tubuh kita perlu mendapatkan asupan nutrisi dan energi yang memadai. Tujuannya adalah agar tubuh tidak lemas saat harus menjalani aktivitas sepanjang hari.
Meskipun kebutuhan utama di pagi hari adalah energi, namun bukan berarti hanya makan karbohidrat dan protein. Tubuh tetap butuh asupan vitamin yang memadai dari buah. Menariknya lagi, buah yang dikonsumsi di pagi hari juga bisa membantu berjalannya proses detoksifikasi bagi tubuh. Jadi kebiasaan makan buah di pagi hari ini bisa memberi manfaat bagi kesehatan tubuh untuk jangka panjang.
Buah apa yang paling cocok dikonsumsi di waktu pagi? Pertama ada buah kiwi yang tinggi vitamin C sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas. Kemudian ada buah kurma yang bisa jadi sumber energi karena kandungan gula dan karbohidratnya cukup tinggi. Lalu ada juga buah pepaya yang tinggi serat dan mengandung enzim papain yang sangat bagus untuk kesehatan kulit.
Baca juga:

2. Siang di Tengah Waktu Istirahat

Di tengah padatnya aktivitas, jangan lupa sempatkan juga untuk makan buah. Siang hari merupakan salah satu waktu terbaik konsumsi buah. Selain bisa menambah asupan vitamin bagi tubuh, makan buah di siang hari juga pasti akan memberikan sensasi segar sehingga tubuh jadi lebih bersemangat. Konsumsi buah di waktu siang bisa dilakukan sebelum konsumsi makan utama.
Ada banyak sekali jenis buah yang cocok dikonsumsi di siang hari. Pertama ada buah mangga yang punya kandungan serat tinggi dan bagus untuk pencernaan. Mangga juga punya kandungan vitamin C dan pektin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Menariknya, mangga juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga memberi keseimbangan bagi tubuh.
Selain buah mangga, Sayurfriends juga bisa makan buah pir di waktu siang. Buah jenis ini kaya akan kandungan serat dan membuat tubuh jadi segar lebih lama. Kandungan airnya melimpah sehingga bisa mencegah dehidrasi dan menurunkan porsi makan utama karena sudah memberi efek kenyang. Cocok dikonsumsi bagi orang yang sedang mengurangi kalori untuk menurunkan berat badan.

3. Sore setelah Beraktivitas

Makan buah di waktu sore setelah selesai beraktivitas juga bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi jika aktivitas seharian cukup padat dan berat, konsumsi buah bisa membantu mengembalikan stamina dan kesegaran tubuh. Selain itu, kebiasaan konsumsi buah di sore hari juga bisa mencegah dehidrasi. Seringkali di sore hari tubuh sudah kekurangan cairan karena terlalu banyak beraktivitas.
Pilihlah jenis buah-buahan yang mengandung banyak air untuk dikonsumsi di sore hari. Bisa buah pir, semangka, dan melon yang mengandung banyak nutrisi. Dibandingkan makan camilan berminyak dan tidak sehat, jauh lebih direkomendasikan untuk makan buah-buahan sebagai camilan di sore hari.

4. Malam sebelum Tidur

Sebelum pergi tidur, Sayurfriends juga bisa mengonsumsi buah-buahan. Kebiasaan ini akan membantu tidur lebih nyenyak dan kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi secara optimal. Tetapu, pastikan dahulu untuk tidak mengonsumsi di dalam jumlah yang berlebihan. Selain itu, berikan jeda waktu setelah makan buah dengan waktu tidur supaya tidak terjadi gangguan pencernaan.
Ada beberapa jenis buah yang bisa dikonsumsi sebelum tidur. Misalnya buah mangga dan anggur yang cocok jadi camilan di malam hari. Selain itu, Sayurfriends bebas saja memilih jenis buah yang paling disukai. Kalau bisa, jangan mengonsumsi buah yang terlalu banyak mengandung air supaya tidak berat di tubuh dan tidak merangsang keinginan untuk buang air kecil.

5. Sebelum Makan Besar

Selain beberapa waktu terbaik konsumsi buah yang sudah disebutkan tadi, Sayurfriends juga bisa makan buah sebelum makan besar atau makan utama. Ternyata makan buah sebelum makan besar bisa membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi di dalam tubuh. Jadi kandungan vitamin dan mineral serta nutrisi lainnya bisa dimanfaatkan tubuh secara optimal.
Konsumsi buah sebelum makanan utama juga sangat direkomendasikan bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Tujuannya adalah untuk mengurangi porsi makanan utama yang masuk ke tubuh. Jadi bisa lebih terkontrol karena perut sudah merasa kenyang dengan buah yang sudah dikonsumsi tadi.
Hanya saja, perhatikan jumlah atau porsi buah yang dikonsumsi. Jangan sampai konsumsi buah ini justru mengganggu porsi makan utama. Tetap pastikan tubuh mendapatkan nutrisi lengkap dari makanan utama, walaupun sedang berusaha untuk diet atau mengurangi berat badan.
Baca juga:

6. Sebelum dan Setelah Olahraga

Sayurfriends juga sangat disarankan untuk mengonsumsi buah sebelum dan setelah berolahraga. Ini menjadi pilihan tepat karena bisa memberi manfaat optimal bagi kesehatan tubuh. Sebelum berolahraga, konsumsi buah bisa membantu memberikan energi dan sumber cairan yang memadai. Jadi tubuh lebih siap melakukan aktivitas berat seperti berolahraga.
Sementara itu, konsumsi buah setelah olahraga juga sangat direkomendasikan karena bisa mengganti cairan tubuh yang hilang. Jadi energi yang hilang tadi bisa langsung tergantikan dan membuat tubuh kembali bersemangat. Setelah itu, baru konsumsi makanan berat untuk mengembalikan energi tubuh.
Catat kapan saja waktu terbaik konsumsi buah ini dan terapkan di kehidupan sehari-hari. Pilihlah jenis buah yang paling Sayurfriends sukai. Jauh lebih baik lagi jika dibuat beragam selang-seling jenis buah yang dikonsumsi setiap hari agar asupan nutrisinya lebih lengkap.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox