Bantu Hidrasi Kulit, Ini 6 Manfaat Bunga Telang untuk Kecantikan

Kategori
Bagi masyarakat di tanah air, bunga telang bukanlah bunga yang asing. Tak hanya dijadikan sebagai penghias rumah, namun bunga telang juga kerap dikonsumsi dalam bentuk teh karena khasiatnya bagi tubuh, di antaranya dalam merawat kecantikan. Penasaran apa saja manfaat bunga telang ini untuk kecantikan? Yuk simak langsung saja ulasannya di bawah ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/Manfaat-Bunga-Telang-595x335.jpg

1. Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Sinar Matahari

Sudah menjadi rahasia umum kalau paparan sinar matahari atau sinar UV bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Kerusakan tersebut bisa  berupa
sunburn
, munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit seperti kerutan, dan efek jangka panjangnya yang paling parah tentu adalah kanker kulit. Atas dasar efeknya inilah mengapa kulit sebisa mungkin harus dilindungi dari paparannya.
Mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat sinar matahari ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan bunga telang. Bunga telang memiliki kandungan antioksidan yang melimpah, seperti flavonoid, alkaloid, saponin, antosianin, dan masih banyak lagi. Antioksidan ini nanti akan member lapisan tambahan pada kulit, untuk melindungi dari paparan sinar matahari.

2. Mengencangkan Kulit

Siapa sih yang tak ingin memiliki kulit wajah yang kencang? Nah, kekencangan kulit bisa dijaga dengan menggunakan bunga telang. Bunga telang memiliki sifat anti-glikasi, yang mana sifatnya tersebut bisa meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen inilah yang menjadi kunci dari kulit yang kencang, sehingga Sayurfriends pun bisa terlihat awet muda.

3. Meredakan Iritasi dan Jerawat pada Kulit

Manfaat bunga telang selanjutnya adalah memberikan efek menenangkan pada kulit, sehingga bisa membantu meredakan iritasi dan rasa gatal di permukaan kulit. Tak hanya itu saja, bunga telang juga bisa membantu mengatasi jerawat, kulit wajah yang kering, serta ruam kemerahan. Sifatnya yang mencerahkan juga membantu untuk menyamarkan bintik hitam di wajah.

4. Menghidrasi dan Melembapkan Kulit

Kulit yang terhidrasi dengan baik merupakan salah satu tanda kulit yang sehat. Kondisi itu bisa diwujudkan dengan memanfaatkan bunga telang. Berdasarkan penelitian, bunga telang memiliki kemampuan untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Kulit yang lembap dan terhidrasi dengan baik akan membuatnya terlihat bercahaya, segar, dan lebih muda.

5. Membantu Rejuvenasi Kulit

Bunga telang juga bisa diandalkan untuk merejuvenasi kulit. Rejuvenasi kulit memungkinkan kulit untuk terlihat lebih muda karena tanda-tanda penuaan seperti keriput, kerutan, dan garis halus di permukaan kulit wajah bisa tersamarkan. Rejuvenasi pada kulit ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan bunga telang karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.
Baca juga:

6. Memperkuat Skin Barrier

Skin barrier
merupakan lapisan terluar kulit yang berfungsi sebagai pelindung utama bagi kulit. Lapisan terluar kulit ini berisiko mengalami kerusakan akibat beberapa faktor, seperti polusi, paparan sinar matahari, alergen, hingga kondisi udara yang terlalu kering.
Skin barrier
yang rusak ini ditandai dengan ciri seperti kulit kering, gatal, jerawatan, serta kasar.
Agar
skin barrier
bisa terlindungi dari kerusakan, maka
skin barrier
memerlukan asupan nutrisi untuk memperkuatnya. Asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari bunga telang yang kaya akan antioksidan. Antioksidan yang dikandung bunga telang seperti vitamin A, C, dan E akan membantu meningkatkan lapisan pertahanan alami kulit tersebut.
Itulah tadi Sayurfriends, 6 manfaat bunga telang bagi kecantikan. Pemanfaatan bunga telang untuk kecantikan bisa dilakukan dengan mengonsumsi teh bunga telang atau bisa juga dengan mengolah bunga telang menjadi masker. Manfaatkan bunga telang secara rutin untuk kecantikan, agar kulit wajah jadi sehat, lembap, segar, dan
glowing
.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox