6 Cara Menyimpan Telur yang Benar agar Tahan Lama

Teluar adalah salah satu produk hewani yang telah dihasilkan oleh hewan-hewan ovipar. Telur yang umum dikonsumsi oleh masyarakat adalah telur ayam karena harganya murah dan mudah didapati. Kandungan gizi telur ayam yaitu 162 kal energi, 12.80 gram protein, 11.50 gram lemak, 0.70 gram karbohidrat, 54.00 mg kalsium,180 mg fosfor, 3.00 mg zat besi, 900 IU vitamin A, dan 0.10 mg vitamin B. Telur ayam mempunyai daya tahan yang lebih baik dibanding daging dan ikan, namun kamu juga harus memerhatikan kondisi saat menyimpan bahkan posisi telur ketika disimpan. Mempelajari cara menyimpan telur ini bertujuan agar telur tidak rusak, seperti terkena kontaminasi bakteri dari luar yang masuk lewat pori-pori kulit telur atau air dan zat-zat makan dalam telur yang menguap menjadi gas. Yuk, simak ini 6 cara menyimpan telur yang benar agar tahan lama.

Ini cara menyimpan telur yang benar agar tahan lama

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/brown-eggs-3217675_1920-595x397.jpg

Cara Menyimpan Telur yang Benar agar Tahan Lama. (Foto: Pixabay)

1. Selalu Simpan Telur di dalam Karton Asli Telur

Banyak orang suka membuang karton telur ketika sampai di rumah dan menyimpan telur mereka dalam wadah telur kecil yang ada di kulkas atau dalam wadah terpisah. Karton asli telur merupakan tempat terbaik untuk menyimpan telur. Bahan komposit karton mencegah kulit telur yang memiliki ribuan pori-pori kecil akan menyerap bau dari barang-barang lainnya di lemari es. Ini juga berfungsi untuk membuat mereka tetap berjarak dan tertutup dengan aman sehingga mereka tidak akan retak atau hancur.

2. Letakkan Telur dengan Baik

Jika kamu meletakan ujung telur tumpul menghadap atas dan bagian runcing berada di bawah ini membuat gelembung udara yang terjadi secara alami di dalam setiap sisi telur yang bulat yang membantu menjaga kuning telur lebih terpusat di dalam telur, sehingga menjaga kualitas telur.

3. Menjaga Telur tetap Kering

Cara selanjutnya untuk menyimpan telur adalah dengan membuatnya tetap kering. Telur memiliki lapisan alami di bagian luar yang membantu menjaga agar telur di dalamnya tidak rusak. Jika bagian ini dicuci telur harus segera didinginkan, sedangkan telur yang belum dicuci dapat disimpan di lemari es tahan selama berminggu-minggu.

Ingin mencoba cara menyimpan telur yang benar agar tahan lama ini? Yuk, beli telur dan kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Simpan Telur di Rak Pusat Lemari Es

Banyak orang berpikir menyimpan telur di bagian dalam pintu kulkas lebih nyaman. Namun, bagian utama lemari es lebih unggul untuk mengawetkan telur karena memungkinkan mereka untuk mempertahankan suhu yang lebih konsisten.

Sedangkan suhu pintu lemari es kamu cenderung rentan terhadap fluktuasi, karena itu dibuka dan ditutup secara teratur. Pertahankan suhu telur kamu sekitar 7 derajat celcius atau bahkan lebih dingin untuk memaksimalkan masa pakainya dan membuat telur tetap segar.

5. Telur yang Sudah Dipecahkan

Jika kamu memiliki sisa kuning telur atau putih telur dari resep yang tidak ingin kamu buang, kamu dapat menyimpannya di lemari es beberapa hari. Pisahkan putih dan kuning telur, keduanya harus disimpan di kulkas dalam wadah kedap udara agar tidak rusak.

Trik sederhana untuk menjaga kuning telur tetap bagus dan lembut adalah menambahkan lapisan susu yang sangat tipis ke dalamnya. Terkait hal pengaturan waktu, putih telur dapat disimpan selama sekitar 2 hari, sedangkan kuning telur dapat disimpan hingga 4 hari.

6. Pembekuan Telur

Kamu tidak perlu ragu dengan cara ini, pembekuan benar-benar bagus. Pastikan bahwa kamu mengocok telur sebelum membekukannya. Sayangnya dengan cara pembekuan, kuning telur cenderung menjadi lengket, namun trik yang berguna untuk mencegahnya adalah menambahkan setengah sendok teh garam atau gula atau tergantung tujuan kamu menggunakannya untuk hidangan manis atau gurih, per campuran telur.

Selalu simpan telur dalam wadah yang dapat dibekukan dengan tanggal berlabel jelas dan telur akan tahan selama 6 bulan. Volume telur kocok akan berubah saat mencair jadi pastikan kamu ingat bahwa tiga sendok makan telur kocok setara dengan telur utuh.

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara menyimpan telur yang benar agar tahan lama ini? Yuk, beli telur dan kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox