Terlihat Sama, Ternyata Ini 5 Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku

Makanan Jepang merupakan pilihan di industri makanan Indonesia. Banyak restoran cepat saji asal Jepang maupun restoran cepat saji asal Indonesia yang menyajikan makan Jepang laris terjual dan nampaknya tak pernah ditinggalkan. Hal ini terjadi karena makanan Jepang memiliki rasa yang khas dan beragam jenis makanan yang bisa dipilih seperti sushi,sashimi, tempura, teriyaki, dan yakiniku. -Bagi hidangan teriyaki dan yakiniku, walaupun sama-sama berwarna cokelat dan memiliki bahan pembuat saos yang mirip, kedua hidangan ini tidak sama lho. Yuk, simak terlihat sama, ternyata ini 5 perbedaan teriyaki dan yakiniku di bawah ini.

Ini perbedaan teriyaki dan yakiniku

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/teriyaki-chicken-3765240_1920-595x395.jpg
Perbedaan Teriyaki dan Yakiniku yang perlu kamu tahu. (Foto: Pixabay)

1. Definisi teriyaki dan yakiniku

Perbedaan mendasar dari teriyaki dan yakiniku adalah definisi kedua hidangan ini. Teriyaki merupakan gabungan kata dari “teri” yang berarti luster atau kilap dan kata “yaki” yang artinya broil atau panggang.
Kesimpulannya, teriyaki merupakan sesuatu yang dipanggang dan berkilau. Sedangkan yakiniku merupakan gabungan kata “yaki” artinya dibakar dan “niku” artinya daging. Jika disimpulkan yakiniku adalah teknik memasak daging bakar atau terkenal dengan sebutan Japanesse barbeque.

2. Bahan yang diolah

Bahan yang biasa diolah pada menu teriyaki, biasanya berupa daging sapi, daging babi, ayam, ikan seperti ikan cakalang dan juga salmon. Hampir mirip, bahan olahan menu yakiniku adalah daging sapi, cumi, ikan, daging ayam, daging babi, dan masih banyak lagi.
Hal yang membedakan adalah, bahan olahan teriyaki dipotong-potong setelah dipanggang, sedangkan bahan olahan yakiniku dipotong-potong sebelum dipanggang. Baik teriyaki maupun yakiniku juga biasanya memiliki menu pelengkap yaitu sayuran untuk dipanggang.

3. Saus yang digunakan

Dalam hidangan teriyaki, bahan makanan diolah dengan cara direndam terlebih dulu dalam saus teriyaki. Saus tersebut dibuat dari shoyu atau kecap asin khas jepang, gula, dan mirin. Mirin terbuat dari beras ketan yang dicampur beras dan shocu (sejenis minuman beralkohol) yang telah difermentasikan selama beberapa bulan. Hasil akhirnya kita bisa melihat bahan makanan menjadi mengilap karena direndam dengan saus teriyaki. Selain jadi saus rendaman (marinate), saus teriyaki juga bisa untuk olesan saat membakar sate.
Saus yakiniku biasanya dibuat dengan shoyu atau kecap asin khas Jepang, mirin, gula, bawang putih, minyak wijen, dan biji wijen yang sudah disangrai. Ciri khas dari yakiniku adalah pada biji wijen yang bisa menambah aroma pada saus. Beberapa versi lain saus yakiniku juga ada yang menambahkan sake dan perasan jeruk atau cuka beras ke dalamnya. 
Penasaran dengan perbedaan teriyaki dan yakiniku? Yuk, cari tahu terus perbedaan keduanya di bawah ini!

4. Cara mengolah

Saat mengolah teriyaki biasanya bahan yang telah disiapkan direndam ke dalam saus selama beberapa menit. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar saus  meresap ke dalam bahan dan menimbulkan kilauan. Dalam pembuatannya, bahan olahan akan dipanggang lalu dicelupkan dan diolesi saus teriyaki sampai beberapa kali. Sehingga akan menghasilkan makanan dengan tampilan hasil akhir yang mengkilap. 
Lalu untuk yakiniku adalah bahan dipotong terlebih dahulu lalu dicelupkan sebentar ke dalam saus barulah dipanggang di atas panggangan yang biasa disebut dengan teppan yaki. Namun, untuk daging berkualitas, biasanya langsung dibakar tanpa marinate.

5. Perbedaan rasa

Walaupun bahan yang diolah dan saus yang digunakan hampir mirip, hidangan teriyaki dan yakiniku memiliki perbedaan dalam segi rasa. Rasa yang dimiliki oleh teriyaki biasanya dominan manis dan sedikit asin. Sedangkan rasa yang dimiliki oleh yakiniku biasanya dominan manis dan gurih dengan aroma wijen yang kuat.
Selain itu, warna yang dihasilkan oleh teriyaki lebih pekat dan berkilau karena proses pengolesan saus yang berulang, sedangkan yakiniku memilki warna cokelat yang sedikit samar.
Sekarang kamu sudah mengetahui 5 perbedaan teriyaki dan yakiniku. Kini, kamu bisa melihat rekomendasi dan membeli daging dan seafood berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg