5 Manfaat Timun yang Kamu Harus Tau!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/BLOG-SBOX-Template-12-595x335.jpg

Kuah pempek, martabak, nasi goreng sampai lalapan pasti terasa nggak lengkap dan kurang seger kalau nggak ada timunnya. Setuju nggak, Sayurfriends? Rasa timun yang nyegerin juga banyak menginspirasi orang buat jadiin timun sebagai bahan utama aneka makanan dan minuman seperti acar, es timun serut, es kuwut,  belewah, atau salad buah.

Dibalik kesegarannya, timun juga punya banyak banget manfaat kesehatan lho, Sayurfriends. Timun kaya akan nutrisi bermanfaat, serta senyawa tanaman & antioksidan tertentu yang bisa bantu ngobatin atau bahkan mencegah beberapa bahaya kesehatan. Timun juga dianggap sebagai makanan yang ideal nih buat ningkatin hidrasi atau cairan tubuh dan bantu nurunin berat badan, Sayurfriends. Ini karena timun terbukti rendah kalori dan mengandung banyak air serta serat larut.

Kita kenalin lebih dekat si timun dan bahas lebih dalam manfaat kesehatannya yuk, Sayurfriends!

1. Kaya Nutrisi Bermanfaat, Baik Dikonsumsi dengan Kulitnya

Timun mengandung sangat rendah kalori tetapi tinggi air. 96% dari timun itu air lho, Sayurfriends. Gak cuma air, vitamin dan mineral penting juga tinggi jumlahnya. Ini kandungan nutrisi yang ada dalam rata-rata satu buah timun yang tidak dikupas (sekitar 300 gram):

·
Kalori: 45
·
Lemak total: 0 grams
·
Karbohidrat: 11 grams
·
Protein: 2 grams
·
Serat: 2 grams
·
Vitamin C: 14% dari angka kecukupan gizi (AKG)
·
Vitamin K: 62% dari AKG
·
Magnesium: 10% dari AKG
·
Potasium: 13% dari AKG
·
Mangan: 12% dari AKG

Supaya bisa dapetin nutrisi maksimal dari timun, sebaiknya Sayurfriends memakan timun tanpa dikupas ya. Karena mengupas timun berarti mengurangi jumlah serat, vitamin & mineral yang bisa didapatkan.

2. Tinggi Antioksidan, Cegah Berbagai Penyakit Kronis

Sebuah penelitian yang dirilis di PubMed central mengaitkan radikal bebas dengan berbagai penyakit kanker, jantung, paru-paru dan penyakit autoimun. Kondisi-kondisi yang disebabkan radikal bebas itu ternyata bisa dikurangi resikonya dengan memperkaya antioksidan dalam tubuh, Sayurfriends. Salah satu sumber makanan tinggi antioksidan yang mudah dijumpai adalah timun! Timun mengandung antioksidan termasuk flavonoid dan tanin, yang terbukti bisa menangkal radikal bebas berbahaya & bisa mengurangi risiko penyakit kronis tadi.

3. Meningkatkan Hidrasi Tubuh, Bikin Kulit Sehat

Sayurfriends udah tau kan, kalau air punya peran yang penting banget di tubuh kita. Pada dasarnya, tubuh kita bisa berfungsi dengan baik karena air yang bantu mempertahankan suhu tubuh, bantu bawa berbagai nutrisi atau mindahin racun-racun di tubuh ke tempat yang seharusnya. Air yang cukup dalam tubuh juga bisa bikin kulit kita lembab, sehat dan lebih bersih.

Sebagian besar dari manusia mendapat asupan air dari minum. Tapi ada beberapa orang yang sampai 40% dari total asupan airnya didapetin dari makanan lho, Sayurfriends. Sayuran dan buah-buahan seperti timun bisa jadi sumber air yang baik! Apalagi timun sendiri mengandung 96% air. Jadi mengonsumsi timun bisa bantu menuhi kebutuhan cairan harian dan jaga tubuh serta kulit tetap sehat.

4. Bantu Nurunin Berat Badan, Cocok untuk Diet

Percaya nggak? Makan timun bisa bantu kita buat nurunin berat badan nih. Kok bisa?

Seperti yang udah kita bahas di atas, timun ini rendah kalori. Sayurfriends bisa makan timun sebagai pengganti cemilan biasa yang kalorinya tinggi dan bisa bikin berat badan naik. Timun juga bisa nambah kesegaran dan rasa di salad, sandwich atau jadi makanan pelengkap yang gantiin bahan-bahan lain yang kalorinya lebih tinggi.  Di tambah lagi, kandungan air di timun cukup tinggi sehingga bisa membantu menjaga berat tubuh dan bantu kita merasa kenyang lebih lama.

5. Berpotensi Menurunkan Gula Darah, Cegah Diabetes

Masih dari PubMed Central, ada beberapa penelitian yang menemukan kalau mentimun bisa membantu mengurangi kadar gula darah dan mencegah beberapa komplikasi diabetes.

Ada satu studi pada hewan yang mencoba memberikan ekstrak kulit mentimun ke tikus yang terjangkit diabetes. Hasilnya, kulit mentimun berhasil mencegah perubahan yang biasanya disebabkan diabetes & berhasil menurunkan gula darah. Selain itu, satu studi lain yang menemukan bahwa timun mungkin efektif untuk mengurangi stres oksidatif dan mencegah komplikasi yang berkaitan dengan diabetes.

Meski belum ada penelitian pada manusia, penelitian terbatas yang sudah dilakukan mengindikasikan bahwa timun punya potensi yang tinggi untuk mencegah diabetes. Kita tunggu saja perkembangan penelitian timun ke manusia ya, Sayurfriends.

Ayo olah Timun Jadi Hidangan Sehat!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/2aa1c7f8ca29721a2a1c267f4650581a.jpg

Source: Pinterest/Cucumber Smoothie

Itu dia 5 manfaat kesehatan dari timun yang Sayurfriends wajib tau! Nah, walaupun nutrisi dan manfaat timun itu banyak, jangan sampai salah mengolah timun hingga jadi makanan yang kurang sehat ya, Sayurfriends! Ada banyak lho olahan timun sehat yang mudah dan bisa Sayurfriends coba sendiri di rumah. Contohnya acar timun yang dicampur dengan wortel, smoothie dengan campuran buah-buahan sehat lainnya, atau es timun dengan jeruk nipis dan sedikit pemanis gula.

Tertarik buat nyoba kreasiin? Langsung aja cari-cari inspirasi resepnya, dan jangan lupa beli timun segarnya di Sayurbox!

Sumber: https://www.healthline.com/7-health-benefits-of-cucumber

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox