Agar Tidak Cepat Basi, Ini 5 Cara Menyimpan Kaldu di Rumah

Kaldu merupakan penambah rasa dalam hidangan, citarasanya yang gurih menambah kenikmatan hidangan. Kini, banyak perusahaan yang memproduksi kaldu instant. Namun, jika kamu ingin kaldu yang sehat tanpa tambahan MSG dan bahan pengawet, kamu dapat membuat kaldu sendiri. Saat kaldu sudah jadi, sampailah di tahap cara untuk menyimpannya, karena ini merupakan kaldu alami tanpa bahan pengawet. Yuk, simak agar tidak cepat basi, ini 5 cara menyimpan kaldu di rumah berikut ini.

Ini cara menyimpan kaldu di rumah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/bone-625336_1920-595x382.jpg
Cara Menyimpan Kaldu di Rumah Agar Tidak Cepat Basi. (Foto: Pixabay)

1. Pilih wadah untuk menyimpan kaldu

Saat ingin menyimpan kaldu, kamu haru menentukan wadah yang tepat untuk menyimpannya. Kamu lebih disarankan menggunakan plastik Ziploc untuk menyimpan kaldu atau stoples bening, pastikan kamu tidak mengisi penuh, sisakan ruang sekitar 5cm agar kaldu memiliki ruang untuk mengembang, cetakan es batu kecil.

2. Dinginkan kaldu

Setelah kamu menyimpan kaldu, jangan langsung di simpan dalam kulkas. Biarkan suhu kaldu turun, sama seperti suhu ruang agar tetap menjaga kandungan nutrisi dalam kaldu dan menjaga kulkasmu tidak rusak.

3. Tulis tanggal pembuatan

Kamu harus menulis tanggal pembuatan kaldu, jika memungkinkan kamu tempel di tempat menyimpannya. Hal ini bertujuan untuk mengetahui batas waktu kelayakan kaldu sebelum kamu menggunakannya.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Menyimpan kaldu di dalam kulkas

Kaldu yang disimpan di lemari es dapat bertahan selama 4-5 hari saat disimpan dalam wadah kedap udara. Pastikan kaldu sudah dingin sebelum dimasukkan ke kulkas.

5. Menyimpan kaldu di dalam freezer

Jika kamu ingin menggunakan kaldu alami dalam jangka waktu yang lama, simpanlah kaldu di dalam freezer. Gunakan stoples kaca yang aman untuk freezer. Dengan wadah ini, menjadikan kamu mudah menempel tanggal pembuatan kaldu. Kamu juga bisa menggunakan cetakan es batu maupun plastic Ziploc, letakkan rata di dalam freezer, kemudian menumpuknya secara vertikal setelah kaldu beku. Kaldu yang disimpan dalam toples atau kantong tertutup bisa disimpan dalam freezer selama 4-6 bulan.
Kini kamu telah mengetahui 5 cara menyimpan kaldu di rumah agar tidak cepat basi. Jadi, apakah kamu tertarik untuk membuat kaldu sendiri di rumah? Yuk, beli bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kaldu di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg