Agar Tahan Lama, Ini 5 Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas yang Benar

Hari Raya Idul Adha sebentar lagi tiba. Saat hari raya ini biasanya umat Muslim di Indonesia berkurban sapi atau kambing. Selain itu, makanan berbahan dasar daging sapi dan kambing juga sangat khas disajikan saat hari raya Idul Adha. Stok daging pun pasti melimpah di rumah. Kamu masih memiliki sisa daging kurban dan ingin menyimpan stok daging di rumah? Jika iya, berarti kamu harus memperhatikan betul tempat dan cara menyimpan daging kurban agar lebih tahan lama. Pasalnya, daging yang mentah sebaiknya tidak disimpan sembarangan karena dapat berpotensi terkontaminasi bakteri yang membahayakan kesehatan. Salah satu tempat terbaik untuk menyimpan daging adalah di kulkas atau freezer, karena suhu digin dapat membuat daging terhindar dari pembusukkan. Agar lebih tahan lama, ini 5 cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar.

Ini cara menyimpan daging kurban di kulkas yang benar

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/changyoung-koh-qMMkVrF9B2w-unsplash-1-595x397.jpg
Cara Menyimpan Daging di Kulkas yang Benar. (Foto: Pixabay)

1. Perhatikan kondisi kulkas dan freezer

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat akan menyimpan daging kurban adalah kondisi dan kebersihan tempat penyimpanan tersebut. Pastikan kondisi kulkas dan freezer yang akan kamu gunakan untuk menyimpan daging kurban dalam keadaan bersih.
Sebaiknya bersihkan kulkas dan freezer, termasuk rak-rak yang ada di dalamnya dengan cairan pembersih agar tidak ada kotoran dan bakteri yang menempel. Pasalnya, bakteri dapat berpotensi mengkontaminasi daging sehingga menyebabkan pembusukan pada daging menjadi lebih cepat.
Selain kebersihan kulkas dan freezer, kamu juga perlu memperhatikan suhu di dalamnya untuk menjaga kualitas daging selama disimpan. Suhu terbaik untuk menyimpan daging yaitu di freezer dengan suhu dibawah 10 derajat dan di kulkas dengan suhu dibawah 4 derajat celcius. Suhu tempat penyimpanan yang kurang tepat dapat membuat daging menjadi lebih mudah rusak saat disimpan.

2. Siapkan wadah untuk menyimpan daging

Setelah memastikan kondisi kulkas dan freezer, cara menyimpan daging kurban selanjutnya adalah menyiapkan wadah untuk menyimpan daging. Wadah penyimpanan yang baik yaitu bersih, kedap udara, dan tertutup.
Pemilihan wadah yang tepat untuk menyimpan daging sangat penting untuk menjaga kebersihan daging selama disimpan. Wadah penyimpanan ini juga berguna agar cairan dari daging mentah tidak mengkontaminasi berbagai bahan makanan lainnya yang juga di simpan di dalam kulkas.

3. Potong daging sebelum disimpan

Selanjutnya, saat akan menyimpan daging sebaiknya kamu memotong dahulu daging sesuai dengan kebutuhan. Masukkan daging yang telah dipotong ke dalam wadah-wadah dengan takaran satu kali sajian untuk sekali masak. Dengan begitu, setiap kali memasak kamu cukup mengambil satu wadah dan tidak perlu mengeluarkan bagian daging lain yang tidak diperlukan, sehingga kondisi daging bisa tetap terjaga.
Ingin mencoba cara menyimpan daging di kulkas ini? Yuk, beli persediaan daging dan kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Hindari mencuci daging saat akan disimpan

Biasanya saat akan menyimpan bahan makanan di dalam kulkas biasanya kamu disarankan untuk mencucinya terlebih dahulu agar kebih bersih. Namun, berbeda dengan daging. Cara menyimpan daging di kulkas yang benar yaitu dengan tidak mencucinya terlebih dahulu.
Setelah daging dipotong-potong sesuai kebutuhan sebaiknya langsung masukkan ke dalam wadah penyimpanan tanpa perlu dicuci. Pasalnya, mencuci daging dapat meningkatkan kadar air di dalamnya, sehingga dapat berpotensi menyebabkan paparan mikroba menjadi lebih besar.

5. Catat tanggal penyimpanan daging

Jika ingin menyimpan daging kurban dalam jumlah besar sebaiknya pada masing-masing wadah kamu tandai dengan tanggal penyimpanan daging tersebut. Pastikan kamu mencatat dengan detail kapan waktu pertama daging tersebut disimpan di dalam kulkas. Hal ini berguna sebagai pengingat, sehingga kamu bisa mengontrol dengan tepat masa kedaluwarsa daging yang disimpan.
Pada suhu standar kulkas yaitu sekitar di bawah 4 derajat celcius, daging merah seperti sapi, domba dan kambing dapat disimpan selama 4 hingga 5 hari. Sedangkan pada suhu freezer, daging merah dapat kamu simpan hingga 4 sampai12 bulan lamanya tergantung kondisi dan kualitas daging itu sendiri.
Jadi, apakah kamu ingin mencoba cara menyimpan daging kurban di kulkas ini? Yuk, beli persediaan daging dan kebutuhan dapur lainnya di Sayurbox!