5 Cara Mengawetkan Ikan Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Ikan adalah salah satu jenis makanan yang paling digemari. Hal ini tidak lain karena ikan sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Ikan memiliki kandungan protein, vitamin serta omega yang sangat menyehatkan bagi tubuh. Ikan memang paling baik dikonsumsi saat masih segar segera setelah dibeli. Selain karena ikan mudah busuk, konsumsi harus dilakukan segera agar kandungan berkhasiat dan cita rasanya masih dapat dirasakan. Tapi, apa itu berarti ikan tidak bisa disimpan atau dibeli jauh-jauh hari? Tidak, kok! Ikan bisa disimpan untuk jadi hidangan keesokan hari. Apabila cara pengawetannya dilakukan dengan baik dan benar, ikan tidak akan mudah membusuk dan masih dapat dikonsumsi untuk beberapa waktu ke depan. Lalu, bagaimana cara mengawetkan ikan yang mudah agar tetap segar dan tahan lama tanpa mengurangi cita rasanya? Yuk, simak beberapa caranya berikut ini!

Ini cara mengawetkan ikan agar tetap segar dan tahan lama

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/fish-2230852_1920-595x397.jpg
Cara Mengawetkan Ikan Agar Tetap Segar dan Tahan Lama. (Foto: Pixabay)

1. Pilih ikan yang berkualitas

Pastikan saat akan membeli ikan untuk memilih ikan dengan kualitas yang terbaik. Proses pembusukan ikan yang kualitasnya masih bagus akan lebih lama dibandingkan dengan ikan yang kualitasnya sudah buruk. Bagaimana cara untuk mengetahui kualitas ikan masih bagus? Ikan yang masih segar adalah ikan dengan ciri-ciri seperti:
·
Mata ikan masih terlihat jernih
·
Berbau asin seperti laut, bukan berbau amis
·
Insang ikan yang masih berwarna merah cerah
·
Daging ikan masih terasa kenyal
·
Warna ikan terang

2. Cuci ikan dengan bersih

Segera setelah dibeli, pastikan untuk mencuci ikan dengan air yang bersih. Kemudian, buang sisik, lendir serta bagian tubuh ikan yang mudah busuk, yaitu isi perut dan insangnya. Kalau tidak ingin baunya terlalu amis nantinya, ikan bisa juga diberi air garam atau perasan jeruk nipis sebelum disimpan ke dalam wadah. Ini akan membuat ikan jauh lebih awet karena jeruk nipis dan air garam adalah pengawet alami.

3. Simpan di wadah tertutup

Simpan ikan ke dalam wadah yang tertutup, agar bau ikan tidak menyebar kemana-mana saat disimpan ke dalam lemari es. Wadah tertutup yang dimaksud bisa berupa kotak makanan atau wadah lain yang cukup kokoh. Pastikan untuk menutup rapat wadah sebelum disimpan, ya!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Masukkan ke dalam freezer

Orang dulu suka mengawetkan ikan dengan menyimpan ikan bersama balok es. Hal ini karena es sanggup menghambat pembusukan ikan dan menjaga khasiat yang dikandungnya. Tetapi, karena sekarang teknologi sudah canggih, ikan hanya perlu disimpan ke dalam freezer saja. Kesegaran ikan dapat terus terjaga asal ikan tetap disimpan di dalam freezer. Ikan yang beku bisa bertahan hingga berhari-hari, lho!
Tapi, ingat! Kalau ikan sudah dikeluarkan dari freezer dan bagian bekunya sudah mencair karena diletakkan di suhu ruangan, ikan tersebut harus segera dikonsumsi, ya! Karena proses pembusukan ikan akan berlanjut begitu dikeluarkan dari freezer. Daripada dibiarkan busuk, lebih baik untuk segera dikonsumsi, kan?

5. Jauhkan dari bahan makanan lainnya

Dalam menyimpan ikan di lemari es, perlu diingat 2 hal utama. Pertama, pisahkan ikan dari bahan makanan lain. Hal ini agar cita rasa makanan lain itu tidak terpengaruh oleh bau ikan yang amis. Kedua, pisahkan pula ikan dari makanan lain yang punya bau menyengat. Hal ini agar ikan tidak terpengaruh bau makanan lain yang dapat mengkontaminasi ikan.
Itulah cara-cara mudah untuk dapat mengawetkan ikan agar tetap terus segar dan tahan lama. Cukup mudah, bukan? Oh iya, jika ingin ikan dibumbui terlebih dahulu sebelum disimpan ke dalam freezer agar bumbu meresap dan cita rasa yang dikeluarkan jauh lebih lezat saat diolah juga tidak apa-apa, lho! Rasa ikan akan lebih enak ketika bumbunya sudah meresap sampai ke dagingnya.
Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba cara mengawetkan ikan ini? Yuk, beli ikan segar di Sayurbox dan gunakan kode voucher di bawah ini!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg