Cari Tahu 5 Cara Memilih Buah Blewah yang Segar untuk Berbuka Puasa

Saat bulan Ramadan tiba, berburu takjil untuk berbuka puasa pastinya tidak boleh terlewatkan. Tidak hanya makanan, minuman segar juga kerap menjadi incaran. Salah satu buah yang menjadi favorit untuk diolah menjadi minuman segar adalah buah blewah. Buah sejenis melon ini memang memiliki tekstur sedikit berair dan tidak terlalu manis, sehingga sangat cocok jika dijadikan tambahan sirup ataupun es buah. Tidak hanya menyegarkan, buah blewah juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan mineral sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat menjalani ibadah puasa nanti. Untuk kamu yang tertarik ingin membuat olahan minuman segar menggunakan buah blewah, pastinya kamu juga wajib mengetahui ciri-ciri buah blewah yang masih segar. Nah, bagaimana cara memilihnya? Berikut ini adalah lima cara memilih buah blewah yang segar untuk berbuka puasa.

Ini cara memilih buah blewah yang segar

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/muskmelons-387466_1920-595x399.jpg
Cara Memilih Buah Blewah yang Segar untuk Berbuka Puasa. (Foto: Pixabay)

1. Sebaiknya pilih buah blewah yang masih utuh

Hal ini sebenarnya optional. Namun, untuk menjamin kesegaran buah blewah yang akan kamu beli nanti, sebaiknya pilihlah buah yang masih utuh, bukan buah yang sudah dalam keadaan terpotong.
Kebanyakan, buah apapun itu, jika sudah dalam kondisi terpotong maka masa kesegarannya akan terbatas. Kebanyakan juga hanya bertahan beberapa hari saja setelah dikupas.
Walaupun kamu sudah menyimpannya di dalam freezer, tetap saja kesegaran buah tersebut akan berkurang. Hal ini tentunya juga akan mempengaruhi tekstur dan rasanya sehingga saat nanti diolah menjadi minuman atau es buah, rasanya sudah tidak sesegar buah yang masih fresh.

2. Pilih buah blewah dengan dominan warna kuning

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan saat memilih buah blewah yang segar adalah warna dari buah itu sendiri. Pilihlah buah blewah yang memiliki dominan warna kuning. Namun, jangan yang terlalu berwarna kuning terang karena biasanya buah tersebut sudah terlalu matang atau kemungkinan sudah mau membusuk.
Sebaiknya, pilihlah buah blewah dengan warna kulit kekuningan dengan sedikit bercak hijau. Warna tersebut menandakan jika buah tersebut dalam kondisi matang sempurna. Kematangan yang pas, pastinya juga menandakan jika buah tersebut siap untuk dikonsumsi.
Untuk buah blewah yang memiliki dominan warna kulit hijau, pastinya belum sepenuhnya matang. Kondisi tersebut tentunya akan mempengaruhi tekstur dagingnya yang cenderung keras dan rasanya pun pahit.

3. Pilih buah blewah dengan tekstur tidak keras, tapi juga tidak terlalu lembek

Jika sudah menemukan buah blewah dengan kriteria warna yang sesuai, selanjutnya cek kelembutan tekstur dari blewah tersebut. Lembut yang dimaksud yaitu tidak keras, tapi juga tidak terlalu lembek. Caranya dengan menekan buah tersebut menggunakan ujung jari.
Pastikan tingkat kematangannya sudah sesuai. Buah blewah yang memiliki kematangan yang baik akan tetap kuat saat ditekan. Namun, apabila buah tersebut sudah terlalu matang atau akan membusuk, biasanya akan terasa sangat lembek.
Ingin membeli buah blewah sebagai variasi menu untuk berbuka puasa? Kamu bisa membelinya di Sayurbox. Sayurbox menjual berbagai kebutuhan sayur dan buah-buahan segar untuk kamu. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

4. Pilih buah blewah dengan tekstur kulit yang mulus

Setelah menemukan warna dan tekstur sesuai kematangan yang sesuai, pastikan kulit buah tersebut memiliki permukaan kulit yang mulus. Buah yang memiliki tekstur kulit mulus umumnya lebih segar.
Tidak hanya itu, buah blewah dengan tekstur tersebut juga lebih menjamin jika buah tersebut tidak pernah terjatuh sebelumnya. Kalaupun tidak, bisa jadi buah tersebut pernah terbentur atau tertindih buah blewah lainnya saat proses distribusi.

5. Pilih buah blewah yang beraroma harum

Setelah warna dan tekstur sesuai, langkah selanjutnya yaitu dengan mencium aroma buah tersebut. Walaupun sederhana, namun tahap ini tidak kalah pentingnya, lho.
Sebenarnya, tahap ini juga berlaku jika kamu ingin membeli jenis buah lainnya. Beberapa jenis buah bisa dilihat tingkat kesegaran dan kematangannya dengan mencium aromanya.
Seperti pada buah umumnya, buah yang matang pastinya memiliki aroma khas yang segar. Lain halnya jika buah tersebut belum matang sempurna, biasanya saat dicium tidak memiliki aroma.
Jika kamu telah menemukan buah blewah yang segar. Penting juga bagi kamu untuk memperhatikan proses menyimpan buah tersebut. Jika kamu tidak ingin mengolah atau mengonsumsi buah tersebut sepenuhnya, maka potong saja sesuai dengan kebutuhan. Jangan memotong secara keseluruhan buah tersebut.
Mungkin memang lebih praktis karena jika nanti kamu ingin mengolah atau mengonsumsinya kembali kamu tidak perlu memotong dan mengupasnya. Namun, seperti penjelasan sebelumnya, buah yang sudah terpotong biasanya kesegarannya akan berkurang.
Itulah lima cara memilih buah blewah segar untuk berbuka puasa. Tidak hanya menyegarkan, buah blewah yang juga kaya akan vitamin A dan C tentunya bisa menjadi sumber asupan yang baik selama kamu menjalankan puasa nanti.
Namun perlu dicatat, mengonsumsi minuman segar dan dingin memang bisa menghilangkan dahaga lebih cepat. Namun sebaiknya, saat berbuka puasa nanti kamu tidak mengonsumsi makanan ataupun minuman dingin secara langsung. Konsumsi air atau teh hangat terlebih dahulu untuk menghangatkan perut yang kosong.
Nah, jika kamu ingin membeli buah blewah sebagai variasi menu untuk berbuka puasa nanti, kamu bisa membelinya di Sayurbox. Sayurbox menjual berbagai kebutuhan sayur dan buah-buahan segar untuk kamu. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg