5 Cara Membuat Selai Strawberry Rumahan, Praktis dan Hemat!

Buah stroberi gak hanya nikmat di makan langsung, namun juga saat diolah menjadi aneka jenis makanan, misalnya seperti selai stroberi. Selai stroberi ini nanti bisa Sayurfriends jadikan sebagai olesan roti kala sarapan pagi. Cara membuat selai strawberry ini sendiri terbilang simpel kok, serta bahannya mudah didapatkan. Yuk intip aja cara membuatnya di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/cara-membuat-selai-strawberry-595x335.jpg

1. Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Langkah pertama untuk membuat selai dari buah stroberi ini tentu saja adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Bahan-bahannya sendiri gak banyak kok, Sayurfriends hanya butuh menyiapkan sekitar 500 gram buah stroberi, 250 gram gula pasir, dan 2 hingga 3 sendok makan air perasan lemon.

2. Cuci Bersih Stroberi dan Pisahkan dari Kelopaknya

Setelah semua bahan sudah tersedia, ambil buah stroberi dan cuci bersih. Setelah dicuci bersih, pisahkan buah dari kelopaknya yang berwarna hijau di bagian atasnya. Meskipun terdengar sepele, namun gak sedikit orang yang lupa untuk melakukan hal ini, sehingga rasa selai yang dibuat nantinya gak sesuai ekspektasi.

3. Baluri Stroberi dengan Gula Pasir

Setelah stroberi dicuci bersih dan dipisahkan dari kelopaknya, masukkan stroberi ke dalam wadah yang cukup besar, lalu tuangkan gula pasir ke dalamnya. Aduk rata stroberi dan gula pasir, hingga seluruh permukaan stroberi dibaluri oleh gula pasir. Kemudian, dinginkan campuran stroberi dan gula pasir tersebut selama semalaman di dalam kulkas.

4. Rebus Buah Stroberi

Setelah semalaman di dalam kulkas, pindahkan buah stroberi dan ekstrak cairannya dari dalam wadah, ke dalam panci yang cukup besar. Pastikan panci tersebut hanya terisi paling banyak setengah bagiannya saja, karena nantinya saat direbus atau didihkan, adonan selainya akan bertambah banyak, sehingga takutnya akan melimpah.

Selanjutnya, rebus buah stroberi tanpa tambahan air. Jika gula pasirnya sudah sepenuhnya meleleh, tambahkan air perasan lemon ke dalam panci. Aduk rata campuran stroberi dan air lemon tersebut, sembari menghancurkan buah stroberi satu persatu agar teksturnya menjadi lembut.

5. Masak Hingga Tekstur Selai Mengental

Masak selai stroberi selama sekitar 30 menit atau sampai teksturnya mengental. Jika teksturnya tak kunjung mengental, Sayurfriends bisa menambahkan 1 hingga 2 sendok makan air perasan lemon lagi. Jika teksturnya sudah mulai mengental, matikan api kompor dan biarkan selai stroberi dingin. Jika sudah dingin, pindahkan ke dalam toples untuk digunakan nanti.

Tips Jitu Membuat Selai Stroberi Rumahan

Saat akan membuat selai stroberi, Sayurfriends tentu berharap cita rasanya nanti sesuai dengan harapan, begitu pun kualitas dari selai stroberi tersebut. Nah, agar bisa membuat selai stroberi yang berkulitas, gak ada salahnya bagi Sayurfriends untuk mengikuti beberapa tips berikut ini. Check it out!

1. Potong Stroberi Jadi Beberapa Bagian

Agar hasil akhir selai stroberi jadi lebih lembut nantinya, baiknya Sayurfriends memotong terlebih dahulu buah stroberi menjadi beberapa bagian, sebelum nantinya dimasak. Jika langsung dimasak tanpa dipotong terlebih dahulu, tekstur akhirnya nanti akan lebih kasar, serta mungkin ada beberapa bagian stroberi yang cukup besar, meskipun telah coba dihaluskan saat dimasak.

2. Jangan Kurangi Gula

Agar cara membuat selai strawberry yang kualitasnya bagus bisa berhasil, jangan sampai Sayurfriends mengurangi jumlah gula yang ada di takaran resepnya. Peran gula dalam pembuatan selai stroberi tersebut bukan hanya untuk jadi pemanis, melainkan juga untuk menjaga agar selai yang dibuat gak jadi encer.

3. Aduk Terus Selama Memasak

Selama memasak selai stroberi, jangan lupa untuk terus mengaduknya. Mengaduk adonan selai stroberi saat dimasak secara terus-menerus, akan membuat adonan selai jadi matang merata. Selain itu, proses pengadukan akan menghindari terjadinya adonan yang lengket dan hangus di bagian dasar panci.

4. Tambahkan Air Perasan Lemon Jika Selai Kurang Kental

Jika Sayurfriends merasa tekstur dari selai stroberi yang dibuat masih kurang kental atau masih agak encer, Sayurfriends bisa tambahkan beberapa 1 hingga 2 sendok makan air perasan lemon lagi. Kandungan asam dalam jeruk lemon akan membuat tekstur selai menjadi lebih kental dan serupa jelly, serta menyeimbangkan rasa selai stroberi agar tak tak jadi terlalu manis.

Makin Hemat Bikin Selai Stroberi dengan Belanja Stroberi di Sayurbox

Agar rasa selai stroberi yang Sayurfriends nanti terasa nikmatnya, pastikan Sayurfriends hanya menggunakan buah stroberi segar saja saat membuatnya. Buah stroberi segar dan berkualitas tersebut bisa Sayurfriends pesan langsung di Sayurbox dengan harga yang sangat murah, yakni hanya Rp1.000 saja. Harganya yang murah tersebut bisa diperoleh saat promo NEMU atau Nebus Murah.

Promo NEMU atau Nebus Murah dari Sayurbox berlangsung dari tanggal 21 hingga 31 Agustus nanti. Selama promo ini, Sayurfriends bisa beli stroberi segar dan berkualitas dari yang harganya 20 ribuan, menjadi Rp1.000 aja. Kapan lagi kan beli buah stroberi dengan harga yang sama sekali gak bikin kantong bolong ini? Yuk segera beli, jangan sampai kehabisan!

Itulah tadi cara membuat selai strawberry yang bisa Sayurfriends cobakan sendiri di rumah. Dengan membuat selai stroberi sendiri di rumah, Sayurfriends tentu bisa lebih hemat, serta memastikan kualitas dari selai stroberi tersebut untuk dikonsumsi. Pilihlah hanya buah stroberi segar untuk membuatnya, agar rasa selai stroberinya nanti makin terjamin. Selamat mencoba!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox