5 Cara Memasak Pare agar Tidak Pahit dan Rasanya Lezat

Pare umumnya dihindari oleh banyak orang karena rasanya yang pahit. Padahal di balik rasa pahitnya, pare menyimpan begitu banyak manfaat dan zat gizi. Pare ini adalah sumber mineral dan vitamin yang sangat bagus bagi tubuh. Nah, supaya Sayurfriends bisa mengonsumsinya dengan lebih mudah maka bisa coba diterapkan 5 cara memasak pare agar tidak pahit berikut ini demi menghasilkan rasa lebih enak.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/cara-memasak-pare-agar-tidak-pahit-595x335.jpg

1. Gunakan Pare yang Pas

Langkah pertama, pilih dulu pare yang tepat untuk dimasak. Tidak semua pare bisa diolah dan dikreasikan dengan rasa yang enak. Pada dasarnya memang semua pare pahit namun tingkat kepahitannya bisa berbeda-beda tergantung pilihan pare tersebut. Untuk tingkat kematangannya, silakan pilih jenis pare yang masih muda. Cirinya adalah bagian kulit pare masih keras.
Selain kulitnya keras, pare yang masih muda juga punya warna yang cenderung lebih gelap. Kemudian pilih juga pare yang ukurannya kecil. Biasanya pare dengan ukuran besar jauh lebih pahit daripada yang berukuran lebih kecil atau sedang.

2. Bersihkan dengan Teknik yang Tepat

Langkah berikutnya, bersihkan dulu pare dengan teknik yang tepat sebelum diolah. Ini juga penting karena proses pembersihan yang salah akan meninggalkan rasa pahit yang begitu kuat. Setelah dicuci bersih, pastikan untuk mengikis permukaan pare karena ini adalah bagian yang membuat rasa pahitnya jadi lebih kuat.
Pakailah peeler atau pisau biasa untuk membersihkan permukaan luar pare ini. Bersihkan sampai permukaan pare jadi lebih halus. Kemudian silakan belah sayur pare ini menjadi dua bagian. Buang semua biji yang ada di dalamnya. Buang juga bagian tengah pare yang terlihat berwarna putih.

3. Potong dengan Ukuran Kecil-Kecil

Cobalah untuk memotong pare dengan ukuran kecil-kecil. Ini merupakan cara memasak pare agar tidak pahit yang paling populer dan terbukti efektif. Potong ke dalam ukuran yang lebih kecil dan tipis agar rasa pahitnya tidak terlalu kuat. Semakin kecil dan tipis potongan pare tersebut maka rasa pahitnya semakin minimal. Cara ini sangat efektif apalagi jika pare akan dimasak dengan cara ditumis.

4. Rendam Dulu dengan Air Garam

Trik berikutnya yang bisa dilakukan untuk meminimalisir rasa pahit dari pare sebelum dimasak adalah rendam dengan air garam. Garam diketahui bisa membantu mengeluarkan sari-sari pahit yang tersimpan di dalam pare. Jadi langsung saja siapkan mangkuk berisi air dan garam. Kemudian rendam pare yang sudah dipotong tipis dan kecil ke dalam air garam tersebut.
Perendaman pare dengan air garam ini bisa dilakukan selama 20 hingga 30 menit. Sangat disarankan untuk memakai cukup banyak garam. Selain bisa dilarutkan dulu, garam juga bisa ditaburkan ke pare lalu diremas-remas baru ditambah air. Setelah perendaman, pare bisa dibilas bersih menggunakan air mendidih.

5. Rebus bersama Daun Jambu Biji

Jika larutan air garam ternyata tidak cukup ampuh menghilangkan rasa pahit pada pare, cobalah untuk menggunakan daun jambu biji. Rebus potongan pare bersama daun jambu biji yang sudah dicuci bersih. Daun ini memiliki rasa sepat yang ternyata efektif menetralisir rasa pahit dari sayur pare. Tak perlu lama-lama, cukup rebus daun jambu biji bersama potongan pare selama 5 menit dan bilas dengan air bersih.
Yuk, langsung coba berbagai cara memasak pare agar tidak pahit ini di rumah. Melalui cara pengolahan yang tepat, pare bisa jadi hidangan yang lezat. Apalagi pare juga mengandung banyak gizi jadi tak akan sia-sia mengolahnya jadi menu makan untuk keluarga.