Jangan Sampai Daging Keras, Ini 5 Cara Masak Daging Biar Empuk

Daging memang cukup tricky untuk diolah. Salah langkah, daging bisa jadi keras dan alot sehingga rasanya pun tidak begitu enak. Padahal daging ini mengandung zat besi dan banyak vitamin yang bagus untuk tubuh terutama anak-anak di masa pertumbuhan. Yuk, cari tahu bagaimana cara masak daging biar empuk tapi tetap enak dan bisa dimakan oleh siapa saja termasuk anak-anak!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/06/cara-memasak-daging-biar-empuk-595x335.jpg

1. Bungkus Daging Pakai Daun Pepaya

Trik yang satu ini tampaknya memang sudah sangat populer dan terbukti efektif membuat tekstur daging jadi jauh lebih lunak. Cara satu ini juga sangat efisien karena daging bisa lunak tanpa harus boros pemakaian gas. Selain itu daun pepaya juga sangat mudah dijumpai dan harganya pun tidak terbilang mahal.
Daun pepaya diketahui punya kandungan enzim alami yang akan memecah protein dalam daging. Proses pemecahan protein ini kemudian membuat tekstur daging jadi jauh lebih lunak. Caranya sangat mudah, langsung saja bungkus daging dengan menggunakan daun pepaya. Pastikan daun sudah dibersihkan terlebih dahulu, ya! Setelah itu diamkan selama 1 jam sebelum daging diolah.

2. Potong Melawan Serat Daging

Teknik pemotongan ternyata juga berpengaruh pada tekstur daging. Jika menginginkan daging yang empuk, cobalah untuk memotong daging melawan seratnya. Logikanya mudah saja, saat serat daging semakin panjang maka teksturnya lebih alot dan susah untuk dikunyah. Tapi kalau serat dagingnya pendek-pendek maka akan jauh lebih mudah untuk dikunyah dan ditelan.
Sebelum dipotong, perhatikan dulu posisi dan arah serat daging. Setelah itu langsung potong saja melawan arah seratnya. Teknik ini akan menghasilkan potongan daging dengan serat yang jauh lebih pendek. Proses pemasakan daging yang dipotong melawan serat juga biasanya jauh lebih cepat tapi tetap empuk.

3. Manfaatkan Uap Panas agar Daging Empuk

Tak harus selalu direbus lama untuk membuat daging empuk. Ada cara masak daging biar empuk yang lebih hemat gas. Coba terapkan prinsip 5 30 7 yaitu rebus daging selama 5 menit kemudian matikan api dan tutup panci selama 30 menit. Setelah itu nyalakan kembali api dan rebus daging selama 7 menit. Uap panas yang diperoleh daging selama 30 menit tadi cukup efektif untuk membuat daging jadi lebih lunak.
Cara ini jauh lebih hemat dan praktis. Total waktu perebusannya hanya 12 menit. Sisanya, Sayurfriends hanya perlu menggunakan uap panas di dalam panci. Selain mudah, cara ini juga sudah terbukti efektif membantu tekstur daging jadi lebih lunak.

4. Gunakan Pemukul Daging

Selain menggunakan teknik potong yang tepat, Sayurfriends juga bisa mencoba cara pukul. Agar tekstur daging jadi lebih empuk, silakan pukul daging dengan alat pemukul khusus. Umumnya alat pemukul ini dipakai untuk membuat steak, namun tak masalah jika ingin menggunakan teknik tersebut agar bisa didapatkan daging yang teksturnya lebih lunak.

5. Marinasi dengan Jus Nanas

Siapa sangka jus nanas ternyata juga bisa membuat tekstur daging jadi empuk, lho! Caranya mudah sekali, langsung saja lumuri daging dengan jus nanas atau daging buah nanas yang dihaluskan. Setelah itu diamkan daging selama kurang lebih 30 menit. Nanas ini juga bisa dimasukkan sebagai salah satu bahan marinasi. Namun pastikan untuk tidak merendam daging pakai nanas lebih dari 30 menit supaya tidak merusak rasa dan aromanya.
Jangan ragu untuk mencoba cara masak daging biar empuk yang sudah dibahas tadi. Jika tekstur dagingnya empuk, cita rasa yang diberikan juga pasti akan lebih enak. Daging yang empuk juga akan jauh lebih mudah diolah jadi berbagai varian menu yang lezat. Yuk, coba sekarang!