Ini 6 Bumbu Dasar yang Bikin Masakan Indonesia Terasa Nikmat

Masakan Indonesia sangatlah terkenal dengan bumbu khasnya yang terasa enak. Hampir tiap daerah memiliki masakan khas yang menggunakan bumbu dan cara masak andalan sebagai ciri khasnya. Bumbu masakan Indonesia terdiri dari berbagai rempah, beberapa resep makanan memiliki kemiripan bahan penyusun bumbu masaknya sehingga kamu bisa menyiapkannya untuk stok bumbu. Ini tentunya sangat bermanfaat untuk menjaga ketersediaan bumbu di tengah pembatasan sosial sekarang ini. Yuk simak, ini 6 bumbu dasar yang bikin masakan Indonesia terasa nikmat berikut ini. 

Ini cara untuk membuat bumbu dasar

1.
Haluskan semua bahan/diblender, kecuali garam, gula dan minyak untuk menumis, hingga halus benar.
2.
Panaskan minyak untuk menumis, serta tumis bumbu sampai matang.
3.
Masukan gula, tumis sebentar.
4.
Masukkan garam halus, aduk, angkat dan dinginkan.
5.
Masukkan ke dalam stoples dengan tutup rapat.
Bumbu yang disimpan dalam stoples bertutup rapat bisa awet selama berminggu-minggu. Kita bisa menyimpannya dalam lemari pendingin. Untuk menggunakan bumbu dasar ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan, kita juga bisa menambahkan sejumlah bahan lain seperti daun jeruk, dan salam, serai, dan lain sebagainya. Dengan memiliki stok bumbu dasar tersebut, kita bisa lebih mudah membuat aneka olahan dan hidangan yang lezat dengan lebih cepat. 

Ini jenis-jenis bumbu dasar yang bikin masakan Indonesia lebih nikmat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/spice-370114_1920-595x394.jpg
Bumbu Dasar yang Bikin Masakan Indonesia Terasa Nikmat. (Foto: Pixabay)

1. Bumbu Dasar Merah

Bumbu masak yang digunakan dalam masakan sambal goreng, balado, urap, rendang, pepes, nasi goreng, sambal bajak, dan gulai ini memiliki rasa pedas karena memang menggunakan cabai sebagai salah satu bahan penyusunnya. Untuk membuat bumbu dasar merah ini diperlukan cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan merica. Jika suka, kamu juga dapat menambahkan kemiri, ketumbar, dan terasi ke dalamnya. Haluskan semua bumbu lalu tumis sampai harum dan matang. Simpan dalam botol bersih bertutup rapat, hilangkan uap panasnya lalu simpan dalam lemari pendingin.
Bahan-bahan:
·
400 gram cabai merah (buang bijinya)
·
100 gram bawang merah
·
50 gram bawang putih
·
100 gram tomat
·
20 gram terasi
·
100 gram gula pasir
·
15 gram garam halus
·
100 ml minyak goreng untuk diblender
·
100 ml minyak goreng untuk ditumis

2. Bumbu Dasar Putih

Bahan pembuat bumbu dasar putih hampir mirip dengan bumbu dasar merah. Bedanya hanya pada penggunaan cabai di dalamnya. Bumbu dasar putih hanya terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, dan ketumbar yang digiling halus bersamaan lalu ditumis sampai harum dan matang. Bumbu masak ini digunakan untuk masakan yang memiliki cita rasa gurih dan berwarna putih. Beberapa contoh makanan yang menggunakan bumbu masak ini antara lain adalah gudeg, sayur bobor, soto, lodeh, rawon, opor, oseng-oseng, tempe bacem, dan aneka tumis.
Bahan-bahan:
·
250 gram bawang merah
·
100 gram bawang putih
·
50 gram kemiri
·
3 cm lengkuas, dirajang halus
·
2 sendok teh garam halus
·
2 sendok teh gula pasir
·
100 ml minyak goreng (untuk memblender)
·
100 ml minyak goreng untuk menumis
Ingin membuat bumbu dasar masakan ini di rumah? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli bahan bumbu dasar berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

3. Bumbu Dasar Kuning

Warna kuning pada bumbu dasar masakan ini berasal dari penggunaan kunyit. Bahan penyusunnya mirip dengan bumbu dasar putih, namun ditambah dengan penambahan kunyit yang akan menambah aroma rempahnya. Masakan yang menggunakan bumbu masak ini merupakan masakan-masakan yang memilki rasa gurih dan berwarna kuning cerah. Beberapa contoh masakan yang menggunakan bumbu masak ini adalah kari, acar kuning, nasi kuning, kari ayam, pesmol ikan, pepes, dan ayam goreng.
Bahan-bahan:
·
100 gram kemiri
·
150 gram bawang putih
·
500 gram bawang merah
·
25 gram kunyit
·
20 gram jahe
·
20 gram lengkuas
·
1 sendok makan lada bubuk
·
2 sendok teh garam halus
·
2 sendok teh gula pasir
·
150 ml minyak goreng untuk memblender
·
50 ml minyak untuk menumis

4. Bumbu Dasar Oranye

Jenis bumbu masak ini merupakan variasi terbaru selain ketiga bumbu dasar di atas. Rempah-rempah yang digunakan juga lebih beragam. Untuk membuat bumbu masak ini diperlukan jintan, kapulaga, ketumbar, kemiri, bawang putih, bawang merah, kunyit, jahe, lengkuas, merica, dan cabe merah keriting. Warna oranye timbul dari perpaduan warna kuning kunyit dan warna merah cabe merah keriting yang digunakan. Bumbu dasar oranye digunakan untuk masakan yang berwarna kuning cerah, cita rasa pedas, dan memiliki aroma rempah kuat seperti gulai atau pepes.
Bahan-bahan:
·
300 gram cabai merah buang bijinya
·
1 sendok teh jinten
·
1 sendok teh adas manis bubuk (bila suka)
·
2,5 sendok makan ketumbar bubuk
·
100 gram kemiri
·
150 gram bawang putih
·
500 gram bawang merah
·
25 gram kunyit
·
20 gram jahe
·
20 gram lengkuas
·
2 sendok teh lada bubuk
·
2 sendok teh garam halus
·
2 sendok teh gula
·
150 ml minyak goreng untuk memblender
·
50 ml minyak untuk menumis

5. Bumbu Dasar Sambel Kacang

Bumbu sambal kacang biasa digunakan dalam masakan pecel, sate, gado-gado, lotek, serta rujak. Bahan-bahan penyusun bumbu masak ini adalah kacang tanah goreng, kemiri, bawang putih, gula merah, dan cabai. Untuk membuat bumbu yang satu ini memang cukup menyita waktu karena sebelum dihaluskan, kita harus menggoreng kacang tanah terlebih dahulu. Oleh karenanya, umumnya bumbu dasar sambal kacang disiapkan terlebih dahulu sebelum mengolah masakan inti. Untuk membuat bumbu ini, terdapat sedikit perbedaan dengan keempat bumbu di atas, yaitu kamu perlu menghaluskan kacang tanah telebih dahulu.
Bahan-bahan:
·
4 sdm Kacang tanah
·
5 Cabai kriting merah
·
2 Cabai rawit
·
3 Bawang putih
·
2 Bawang merah besar
·
2 butir Kemiri
·
Garam
·
Penyedap rasa
·
Gula jawa
·
Asam jawa (rendam air hangat)
·
2 lembar Daun jeruk
·
5 sdm Kecap manis

6. Bumbu Dasar Hitam

Hampir mirip dengan cara membuat lima bumbu sebelumnya, bumbu hitam juga menggunakan bawang merah dan bawang putih di dalamnya. Namun, satu bahan yang membuat bumbu hitam ini berbeda dari bumbu dasar lainnya adalah penggunaan kluwak. Adanya kandungan kluwak pada bumbu ini membuat warnanya menjadi hitam. Selain itu, rasa bumbu hitam ini juga sangat gurih dan khas. Bumbu dasar hitam biasanya digunakan untuk membuat rawon, daging bakar, brongkos, dan lain-lain.
Bahan-bahan:
·
250 gram bawang merah
·
100 gram bawang putih
·
50 gram kemiri sangrai
·
1 sdm ketumbar bubuk
·
250 gram kluwak
·
1/2 sdm garam
·
Secukupnya minyak goreng
·
Secukupnya air
Kini kamu telah mengetahui 6 bumbu dasar yang bikin masakan Indonesia terasa nikmat. Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli bahan untuk membuat bumbu berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg