5 Alasan Pisang untuk Diet yang Sehat dan Seimbang

Pisang adalah salah satu buah yang tumbuh sepanjang musim. Buah ini sering dijadikan menu makanan untuk diet karena dipercaya dapat membuat rasa kenyang lebih lama. Tidak hanya enak, pisang juga memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Dalam sebuah pisang terkandung serat, kalium, vitamin B6, vitamin C, dan berbagai antioksidan serta fitonutrien yang dibutuhkan tubuh. Semua nutrisi yang terkandung dalam pisang menjadikannya makanan terbaik untuk diet. Jika kamu ingin mencoba diet untuk mengurangi berat badan, tidak ada salahnya mulai rajin mengonsumsi pisang. Yuk, simak ini 5 alasan pisang untuk diet yang sehat dan seimbang.

Ini alasan pisang untuk diet yang sehat dan seimbang

1. Pisang mengandung serat, bikin kenyang lebih lama

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/bananas-3700718_1920-1-595x397.jpg
Pisang mengandung serat, bikin kenyang lebih lama. (Foto: Pixabay)
Pada sebuah pisang berukuran sedang setidaknya ada 3 gr serat. Kandungan tersebut menjadikan pisang sebagai salah satu sumber serat alami yang baik untuk kesehatan. Manfaat serat sangat banyak untuk tubuh, salah satunya adalah melancarkan dan menjaga kesehatan pencernaan.
Kandungan serat yang ada di dalam pisang dapat menimbulkan efek kenyang lebih lama. Pasalnya, serat cenderung lebih lama dicerna di dalam sistem pencernaan sehingga senyawan ini berada di dalam sistem pencernaan lebih lama. Itulah alasan utama kenapa banyak orang sering mengonsumsi pisang untuk diet.

2. Rendah kalori, berguna untuk menurunkan berat badan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/bananas-3474872_1920-1-595x397.jpg
Rendah kalori, berguna untuk menurunkan berat badan. (Foto: Pixabay)
Meski banyak mengandung gula, tetapi kandungan yang ada di dalam pisang adalah gula alami, sehingga cenderung rendah kalori. Rata-rata satu buah pisang mengandung 100 kalori. Kandungan pisang pun didukung dengan nutrisi lain seperti serat, vitamin C dan B6, kalium, dan antioksidan yang baik menurunkan berat badan.
Selain itu, pisang juga terdiri dari pati resisten. Kamu mungkin belum terlalu memahami istilah ini. Jadi pati resisten adalah istilah dalam ilmu gizi dan ilmu pangan dari jenis pati yang tidak tercerna dalam saluran atau sistem pencernaan manusia. Pati resisten dapat mengenyangkan dan membantu mengurangi nafsu makan.

3. Tinggi antioksidan, mampu menangkal radikal bebas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/bananas-1354785_1920-1-595x397.jpg
Tinggi antioksidan, mampu menangkal radikal bebas. (Foto: Pixabay)
Antioksidan sangat dibutuhkan untuk menangkal radikal bebas serta membantu membuang racun di dalam tubuh. Pisang adalah salah satu buah yang tinggi akan antioksidan. Dua jenis antioksidan yang terkandung dalam pisang yaitu dopamin dan katekin.
Kedua jenis antioksidan ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa diantaranya yaitu mengurangi resiko penyakit jantung dan kerusakan sel akibat radikal bebas. Antioksidan tersebut juga dapat bertindak sebagai senyawa yang mampu mendetoks racun-racun dalam tubuh.
Ingin membeli pisang untuk diet? Kamu bisa membelinya di Sayurbox dengan harga dan promo bundling yang menarik, lho. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/PROMO-NANAS-PISANG-5000_BLOG-595x292.jpg

4. Nutrisi alami untuk mengatur kadar gula darah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/banana-2777159_1920-1-595x397.jpg
Nutrisi alami untuk mengatur kadar gula darah. (Foto: Pixabay)
Pisang kaya akan nutrisi alami yang baik untuk tubuh. Salah satunya adalah kandungan serat pektin. Kandungan pisang yang satu ini diyakini sebagai nutrisi yang penting untuk mengatur kadar gula daran. Tidak hanya itu, serat pekti bahkan juga diyakini mampu melawan kanker usus.
Menurut Asosiasi Diabetes Amerika, pisang tetap dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes namun jumlahnya harus dibatasi. Dalam satu buah pisang setidaknya terdapat 27 gr karbohidrat, 14 gr gula, dan 105 kalori.

5. Sumber pati resisten yang baik, dapat meningkatkan sensitivitas insulin

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/banana-823778_1920-1-595x335.jpg
Sumber pati resisten yang baik, dapat meningkatkan sensitivitas insulin. (Foto: Pixabay)
Resistensi insulin adalah faktor risiko utama bagi banyak penyakit paling serius di dunia, termasuk diabetes tipe 2. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 15–30 gram pati resisten per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 33 – 50% dalam waktu empat minggu. Pisang mentah merupakan sumber pati resisten yang baik. Oleh karena itu, kandungan pisang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin.
Bagaimana, kamu ingin coba diet dengan rutin mengonsumsi pisang? Tidak perlu ragu lagi, karena kini kamu bisa menikmati pisang berkualitas dan harga yang bersahabat dengan membelinya di Sayurbox. Praktis tidak perlu keluar rumah, karena pisang untuk diet sehatmu akan langsung diantar hingga ke depan rumah.
Yuk, cek promo bundling pisang dan nanas madu terhemat di Sayurbox sekarang, hanya Rp 5.000, lho! Buruan serbu sebelum kehabisan promo spesial ini!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/PROMO-NANAS-PISANG-5000_BLOG-595x292.jpg