Ini 20 Daftar Menu Sahur Praktis untuk Sebulan yang Sehat dan Bergizi

Makan sahur bermanfaat untuk penguat ketika melaksanakan puasa di siang hari. Kamu memerlukan makanan sahur yang bergizi agar tetap sehat dalam menjalankan ibadah puasa. Sahur yang disebutkan sebagai akhir malam ini, menjadikan kamu perlu menyiapkan menu sahur yang praktis agar dapat dikonsumsi dengan mudah saat sedang sahur. Yuk, simak ini 20 daftar menu sahur praktis untuk sebulan yang sehat dan bergizi.

Ini daftar menu sahur praktis untuk sebulan yang sehat dan bergizi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/05/eggplant-1317917_1920-595x446.jpg

Daftar Menu Sahur Praktis untuk Sebulan yang Sehat dan Bergizi. (Foto: Pixabay)

1. Rendang Sapi

Menu sahur pertama yang praktis untuk sebulan adalah, rendang sapi. Rasanya yang kaya rempah dan gurih ini membuat rendang sapi sangat cocok kamu hidangkan sebagai menu sahur. Untuk melengkapi rasa nikmat rendang, jangan lupa hidangkan rendang bersama sambal ijo, dan nasi hangat. Sebagai menu sahur, rendang sangat praktis karena daya tahan makanan asal Padang ini terbilang cukup kuat untuk disimpan di kulkas. Jadi, kamu gak perlu takut makanannya bakal basi atau jamuran, saat ingin sahur kamu hanya perlu menghangatkannya saja.

2. Nasi Goreng Ayam

Menu sahur praktis ini sudah dikenal banyak orang, yup nasi goreng ayam. Siapa sih yang tak suka nasi goreng? Menu makanan paling sederhana dan lezat ini wajib kamu hidangkan di meja makan paling tidak satu kali dalam sebulan. Tambahkan suwiran daging dada ayam serta sedikit sayur untuk menambah gizi ke tubuh. Karbohidrat dari nasi, protein dari ayam, dan serat dari sayuran pasti membuat kamu kuat saat menjalankan ibadah puasa.

3. Soto Kudus

Makanan selanjutnya yang bisa dicoba adalah, soto kudus. Sesuai namanya, makanan asal daerah Kudus, Jawa Tengah ini punya rasa yang khas ketika sampai di mulut, sehingga membuat menu sahur yang kamu konsumsi terasa nikmat.

Perpaduan kuah bening dan segarnya perasan jeruk nipis membuat menu yang satu ini bisa cocok jadi referensi menu sahur kamu. Kandungan sayur seperti tauge, bawang putih dan daun seledri yang ada di dalamnya mampu membantu memenuhi nutrisi serta vitamin dalam tubuh selama berpuasa.

4. Ayam Goreng Mentega

Ayam goreng mentega jadi menu sahur praktis keempat selama sebulan berpuasa. Tak perlu menyantap menu sahur ini setiap hari, cukup dua atau tiga kali selama sebulan. Pasalnya, kalau keseringan bisa bikin kantong jebol. Baiknya imbangi makanan ini dengan menu sayur seperti brokoli atau bayam sebagai penetralisir kandungan lemak dalam mentega.

5. Tempe Orek

Menu sahur praktis ini sangatlah sederhana namun rasanya juga sangat enak. Untuk menu kedelai bisa membuat orek tempe sebagai hidangan saat sahur. Tambahkan kol dan wortel ketika menumisnya, agar makin sehat menjalani ibadah puasa. Kamu dapat menjadikan sajian ini sebagai menu pelengkap bersama menu utama lainnya seperti daging ayam atau sapi.

6. Sayur Bayam

Sayur bayam menjadi menu makanan paling umum ditemukan di mana pun di Indonesia. Kamu dapat denga mudah membuat sayur bayam, bahannya sederhana dan rasanya nikmat. Bayam mengandung vitamin C dan Beta-caroten yang berkhasiat dalam melindungi sel-sel usus dari efek radikal bebas. Kandungan folate pada bayam juga dapat membantu mencegah mutasi dan kerusakan DNA dalam sel usus.

7. Sop Buntut

Kalau kamu pencinta daging sapi, kamu bisa mencoba sop buntut sebagai menu sahur praktis untuk sebulan ke depan. Jangan suka mengonsumsinya bersama kerupuk emping sebaiknya batasi jumlahnya, karena kurang baik untuk kesehatan.

8. Sate Ayam

Kombinasi antara sate ayam dan bumbu kacang yang lezat bikin menu sahur kamu jadi gak membosankan lagi. Tinggal pilih mau dimakan bersama lontong atau nasi putih hangat. Agar rasanya semasih enak, usahakan membelinya semalam mungkin. Sehingga, ketika sahur tekstur daginya masih enak dan empuk untuk dimakan.

9. Sayur Asem

Menu yang sering ditemukan di restoran Sunda atau warteg ini mengandung banyak sayur yang baik untuk menjalani puasa selama seharian penuh. Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia. Nutrisi yang ada pada kacang panjang, kacang tanah, labu siam dan jagung sangat baik memenuhi kebutuhan karbohidrat dan serat harian kamu.

10. Ayam Bakar Madu

Kalau bosan dengan bahan dasar kecap, kamu bisa menambahkan madu di menu ayam bakar saat sahur. Rasa manis yang lebih alami bikin cita rasa ayam menjadi lebih kaya dari yang biasanya. Untuk menyeimbangkan rasa manisnya, kamu bisa menambahkan sambal dan lalapan di sampingnya.

11. Tumis Tauge

Untuk kamu para laki-laki, kamu wajib makan tumis tauge sesering mungkin supaya tingkat kesuburan semakin meningkat. Selain baik untuk hormon, tauge juga bisa meningkatkan metabolisme tubuh, memelihara kesehatan jantung dan mencegah kanker. Tentu saja nutrisi di dalam tauge akan membantu menjaga tubuh tetap sehat. Tambahkan tahu agar tekstur makanannya menjadi lebih kaya.

12. Udang Goreng Tepung

Hidangan laut menjadi referensi berikutnya yang bisa dicoba jadi menu sahur praktis untuk sebulan berpuasa. Sebelum tidur di malam hari, siapkan dulu bahan-bahan yang diperlukan supaya ketika bangun pagi tinggal menggoreng udang tepungnya saja. Praktis, kan?

13. Sup Timlo

Sup timlo atau sup kimlo memiliki daya tahan yang cukup baik untuk dijadikan menu sahur kamu. Kuah bening yang gurih serta sayur dan daging dijamin bikin kamu ketagihan mengonsumsi makanan yang satu ini.

14. Nasi Goreng Kampung

Apakah kamu pernah mendengar makanan yang satu ini? Mungkin gak semua orang familiar sama nasi goreng putih sebab nasi goreng identik dengan kecap. Meski gak menggunakan kecap, rasanya boleh diadu lho sama nasi goreng ayam. Gak percaya? Coba saja bikin sendiri di rumah!

15. Pecel Madiun

Bagi kamu yang tidak mengonsumsi daging untuk menu sahurnya, kamu bisa mencoba pecel madiun jadi menu sahur praktis untuk sebulan. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membelinya. Pastikan ketika membeli pisahkan antara sayur dengan bumbu kacangnya agar makanan bisa tahan lebih lama.

16. Cah Kangkung

Untuk membuat menu sahur praktis yang satu ini tak perlu waktu berjam-jam cukup sekitar 15 menitan saja, untuk meracik cah kangkung. Bahan-bahan yang digunakan juga cukup sederhana seperti bawang merah, bawang putih, penyedap rasa dan tentu sayur kangkungnya itu sendiri. Kamu bisa berkreasi dengan menambahkan daging sapi atau ayam ke dalam cah kangkung.

17. Sop Buah

Di samping makanan berat, kamu juga bisa menyajikan buah-buahan di meja makan. Jika ingin tampilan dan rasanya lebih menarik bisa membuat sop buah. Beberapa buah yang wajib dicampurkan adalah alpukat, jeruk, melon, pepaya dan buah naga tentunya untuk memberikan warna merah yang menggoda.

18. Telur Balado

Selama berpuasa kamu butuh asupan protein yang cukup untuk tubuh. Salah satu sumber protein yang paling mudah untuk kamu dapatkan adalah protein dari telur. Dimasak dengan cara balado membuat telur jadi lebih nikmat disantap bersama orek tempe dan nasi putih.

19. Kikil Sapi

Menu sahur praktis untuk sebulan selanjutnya ada kikil sapi. Teksturnya yang kenyal dan lezat membuat menu ini patut disajikan paling gak sekali dalam sebulan. Patut diwaspadai untuk jangan mengonsumsi menu ini terlalu sering karena kandungan kolesterol dan lemak yang tinggi dalam kikil.

20. Salad Sayur

Menu sahur praktis untuk sebulan yang terakhir ada salad sayur. Menu ini sangat mudah untuk dibuat ketika sahur, tinggal campurkan berbagai macam sayur seperti selada, wortel, kol, jagung dan tambahkan saus mayonese serta saus thousand island. Jadilah salad sayur yang sehat dan nikmat yang bisa menambah nutrisi kamu saat sahur.

Dari 20 daftar menu sahur praktis untuk sebulan yang sehat dan bergizi ini, mana yang menjadi favoritmu? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli bahan makanan berkualitas untuk sahur di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox