Yuk, Simak Ini 2 Cara Mengupas Kiwi yang Benar dan Cepat

Cara mengupas kiwi atau buah bertekstur lunak memang gampang-gampang susah. Banyak yang mengeluhkan jika buah ini mudah sekali hancur saat proses pengupasan dilakukan. Awalnya, buah ini diberi nama gosberi Cina. Nama tersebut merujuk pada tempat buah ini berasal, yaitu dari daratan Tiongkok. Kemudian, barulah pada abad ke-20 Selandia Baru mulai memberdayakannya. Penyebutan nama kiwi sendiri memang terinspirasi dari nama burung khas negara tersebut yang dikenal tidak bisa terbang, yaitu burung kiwi.
Di kalangan komunitas gaya hidup sehat, buah kiwi dikenal sebagai buah sehat karena tinggi nutrisi didalamnya. Kandungan tersebut diantaranya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalium, asam amino, folat dan kalsium serta sumber serat alami. Meski di Indonesia buah ini sudah cukup dikenal luas, entah sebagai topping hiasan cake atau diolah menjadi salad buah, namun masih banyak lho yang kesulitan ketika mengupas buah berambut halus ini. Jika kamu termasuk salah satu satunya, yuk, simak dua cara mengupas kiwi yang benar dan cepat berikut ini.

Ini cara mengupas kiwi yang benar

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2021/01/food-1239246_1920-595x398.jpg
Cara Mengupas Kiwi yang Benar. (Foto: Pixabay)

1. Cara mengupas kiwi menggunakan pisau

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengupas buah kiwi. Pertama, kamu bisa menggunakan cara tradisional, yaitu menggunakan pisau. Cara ini memang lazim digunakan untuk mengupas buah-buahan pada umumnya.
Sayangnya, bagi yang belum mahir menggunakan alat pisau tentu akan mengalami banyak kendala dan kesulitan. Apalagi, kulitnya yang sedikit tebal namun tekstur buahnya yang lunak, membuat banyak orang yang mengeluh sulit memotongnya atau malah membuat buahnya hancur.
Seperti buah-buahan pada umumnya, kamu diharuskan untuk mencucinya terlebih dahulu sebelum mengupasnya. Meskipun buah tersebut sudah dikemas dalam plastik wrapping sekalipun, bukan berarti buah ini terbebas dari kotoran dan pestisida yang bisa saja menempel.
Setelah tercuci bersih, siapkan pisau berukuran standar atau yang tidak terlalu besar. Hal ini ditujukan agar memudahkan kamu saat mengupasnya nanti. Jika ada, gunakan pisau khusus untuk memotong buah.
Pegang buah kiwi dengan tangan yang tidak dominan. Jika kamu biasa menggunakan tangan kanan, maka pegang buah menggunakan tangan kiri. Sebaliknya, apabila kamu kidal, gunakan tangan kanan untuk memegang buah. Sedangkan tangan yang satu untuk memegang pisau.
Pegang buah kiwi dengan erat, lalu posisikan mata pisau di atas buah kiwi. Tekan pisau secara perlahan hingga kulit kiwi sedikit terpotong dan membuat goresan. Lanjutkan dengan memotong kulit buah dengan gerakan mengupas secara perlahan. Lakukan dengan gerakan vertikal dari atas ke bawah. Ulangi hingga semua kulit terkupas habis.
Kembali mengingatkan, jika kamu belum begitu terbiasa menggunakan pisau, sebaiknya tetap berhati-hati dan jangan terlalu terburu. Ditakutkan, pisau tersebut bisa mengenai dan melukai tangan.
Jangan menekan terlalu dalam saat mengupas kulitnya. Karena, hal itu bisa membuat daging kiwinya banyak terbuang. Sedikit tips, jika kamu merasa kesulitan apabila menggunakan jenis pisau biasa, maka kamu bisa menggunakan pisau dengan mata bergerigi sehingga bisa lebih mempermudah dan mempercepat proses tersebut.
Ingin membeli buah kiwi yang fresh dan berkualitas? Kmu juga bisa membelinya secara online di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya dengan klik tombol di bawah ini!

2. Cara mengupas kiwi menggunakan sendok

Jika kamu masih awam dalam menggunakan pisau, mungkin kamu akan tertarik menggunakan cara yang satu ini. Ya, cukup dengan menggunakan sendok kamu bisa mengupas buah kiwi dengan lebih cepat dan aman.
Bagi kamu yang sering mengonsumsi buah alpukat, tentunya sudah tidak asing lagi dengan cara yang satu ini. Apalagi, mengupas kiwi dengan sendok juga tidak merusak tekstur buah tersebut.
Sama seperti cara sebelumnya, kamu juga diharuskan mencuci bersih buah ini terlebih dahulu dari kotoran yang bisa saja masih menempel. Cuci bersih di atas air mengalir untuk memastikan kotoran dan sisa pestisidanya hilang terbawa air.
Meskipun alat utamanya adalah sendok, kamu tetap membutuhkan pisau untuk memotong bagian atas dan bawah kiwi. Setelah memotong dua bagian tersebut, selipkan sendok di antara kulit dan dagingnya dengan posisi menelungkup.
Tekan sendok sembari diputar secara searah. Putar secara perlahan-lahan agar tekstur buah kiwi tidak hancur. Putar hingga sendok kembali di titik awal. Jika sudah, dorong buah kiwi secara perlahan hingga daging kiwi keluar atau terlepas dari kulitnya.
Selesai deh, kamu tinggal memotongnya sesuai selera. Jika kamu ingin mengolahnya menjadi topping untuk cake atau salad buah, kamu bisa mengirisnya dengan ketebalan 1 cm terlebih dahulu.
Tidak harus diolah, menikmati kiwi fresh secara langsung juga baik kok untuk kesehatan. Apalagi, buah ini juga dikenal kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk detoksifikasi dalam mengeluarkan racun dalam tubuh.
Nah, itulah dua cara mengupas kiwi yang benar dan cepat. Jika kamu merasa masih cukup kesulitan dalam mengupasnya, kamu bisa mencoba menggunakan alat pemotong khusus buah kiwi yang bernama kiwi cutter slicer. Banyak yang merekomendasikannya karena dianggap lebih mudah dan cepat.
Untuk menemukan buah kiwi yang fresh dan berkualitas, kamu juga bisa membelinya secara online di Sayurbox, lho. Yuk, cek produknya sekarang, klik tombol di bawah ini, ya!
(Siti Kamilla)