17 Makanan Sehat untuk Ginjal, Yuk Sayangi Ginjal Mulai dari Sekarang!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/makanan-sehat-untuk-ginjal-595x335.jpg

Ginjal merupakan organ tubuh yang punya segudang fungsi bagi tubuh. Mulai dari menyaring racun, menyeimbangkan cairan tubuh, hingga mengontrol produksi sel darah merah, semuanya dilakukan oleh ginjal. Jadi, kebayang kan apa yang bakal terjadi kalau ginjal udah gak sehat lagi? Makanya, yuk jaga kesehatan ginjal dengan konsumsi makanan sehat untuk ginjal berikut ini.

1. Ikan Berlemak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/ikan-595x335.jpg

Ikan berlemak seperti salmon, tuna, dan makerel merupakan ikan yang kandungannya bagus untuk ginjal. Ikan berlemak ini tinggi akan kandungan berupa asam lemak omega-3, nutrisi yang punya segudang manfaat bagi tubuh, khususnya kesehatan ginjal. Pengonsumsian ikan berlemak ini juga begitu direkomendasikan karena tubuh gak bisa memproduksi sendiri asam lemak omega-3 tersebut.

Lantas, bagaimana bisa kandungan yang dimiliki oleh ikan berlemak melindungi ginjal? Asam lemak omega-3 yang terkandung dalam ikan berlemak akan mengurangi level atau kadar lemak dalam darah, serta membantu menurunkan tekanan darah. Jika tekanan darah terjaga dalam kondisi stabil, maka risiko munculnya gangguan pada ginjal pun akan menurun.

2. Ubi Jalar

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/ubi-jalar-595x335.jpg

Jika Sayurfriends ingin menjaga kesehatan ginjal, bisa coba membiasakan diri mengonsumsi ubi jalar. Ubi jalar punya kandungan serat yang melimpah yang membuatnya lama dicerna, sehingga level insulin dalam tubuh bisa terkendali. Ubi jalar juga mengandung vitamin dan mineral yang bisa menyeimbangkan level sodium dalam tubuh dan meminimalisir efeknya bagi ginjal.

3. Kol

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/kol-595x335.jpg

Siapa nih yang suka banget sama sayur kol? Salah satu sayur favorit masyarakat Indonesia ini ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, loh! Sayur kol kaya akan berbagai fitokimia, yang memiliki sifat antioksidan. Sifat antioksidannya inilah yang kemudian membantu mengurangi risiko disfungsi ginjal, kanker, dan gangguan kardiovaskular lainnya.

4. Paprika Merah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/paprika-595x335.jpg

Paprika merupakan makanan sehat untuk ginjal mengingat kandungan potasiumnya yang rendah. Gak hanya itu aja, penggunaan paprika merah dalam memasak juga akan menambah cita rasa dan warna masakan, serta meningkatkan asupan nutrisi karena paprika merah kaya akan vitamin C, B6, A, dan asam folat. Paprika merah juga mengandung likopen untuk melindungi tubuh dari kanker.

5. Bawang Bombai

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/bawang-bombay-595x335.jpg

Kandungan yang dimiliki oleh bawang bombai bisa membantu ginjal berfungsi dengan baik. Selain dikenal memiliki kandungan potasium yang rendah, bawang bombai juga mengandung flavonoid dan kuersetin yang berfungsi mencegah penumpukan material lemak pada pembuluh darah. Bawang bombai juga kaya akan kromium yang bisa bantu metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat.

6. Asparagus

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/asparagus-595x335.jpg

Adakah di antara Sayurfriends yang doyan mengonsumsi sayur asparagus? Sayuran satu ini memiliki kandungan kalori yang rendah, serta dipenuhi dengan vitamin A, K, dan C. Berdasarkan sebuah penelitian pada tikus yang mengalami hipertensi, pengonsumsi asparagus membantunya dalam menjaga fungsi ginjalnya.

7. Bawang Putih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/bawang-putih-595x335.jpg

Gak hanya bisa membuat aroma masakan jadi begitu harum, bawang putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, loh! Berdasarkan penelitian yang melibatkan pasien diabetes tipe 2, pengonsumsian bawang putih berikut dengan obat metformin yang dikonsumsinya memberikan efek renoprotektif, efek yang memberikan perlindungan pada ginjal.

8. Kembang Kol

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/kembang-kol-595x335.jpg

Kembang kol merupakan sayuran yang kidney-friendly dengan kandungan vitamin C, asam folat, dan serat yang melimpah. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal, kembang kol diketahui juga memiliki kandungan yang penting untuk kesehatan lever atau hati dan menetralisir senyawa beracun dalam tubuh.

9. Apel

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/apel-1-595x335.jpg

Khasiat apel dalam menjaga kesehatan ginjal tampaknya sudah menjadi rahasia umum. Apel merupakan buah dengan kandungan vitamin, mineral, dan serat yang melimpah. Kandungan anti radang dan antioksidan yang dimiliki oleh apel akan bisa mengurangi kolesterol jahat, risiko gangguan jantung, kanker, dan diabetes.

Mengingat diabetes merupakan kondisi yang erat kaitannya dengan gagal ginjal, tentu saja pengonsumsian apel untuk mengurangi risiko diabetes juga berefek pada menurunnya risiko seseorang terkena gagal ginjal. Maka dari itu, gak salah jika Sayurfriends menstok buah apel ini di rumah agar bisa dikonsumsi secara rutin.

10. Cranberry

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/cranberry-595x335.jpg

Buah cranberry merupakan salah satu makanan sehat untuk ginjal. Buah cranberry memiliki kandungan yang bersifat antioksidan, sehingga bisa berfungsi sebagai antibiotik untuk mencegah pertumbuhan bakteri di sistem pencernaan dan organ ginjal. Sebuah penelitian juga menunjukkan kalau buah cranberry memiliki potensi untuk menangani kristal kalsium oksalat, salah satu tipe batu ginjal.

11. Biji Labu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/biji-labu-595x335.jpg

Apakah selama ini Sayurfriends terbiasa membuang biji labu begitu saja? Jika iya, yuk ubah kebiasaan tersebut dari sekarang. Biji labu bisa Sayurfriends manfaatkan untuk menjaga kesehatan ginjal. Biji labu memiliki kandungan serat, vitamin E, zink, protein, zat besi, dan tembaga, yang ke semuanya sudah terbukti bisa menurunkan risiko batu kandung kemih.

12. Air Perasan Lemon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/air-lemon-595x335.jpg

Makanan sehat untuk ginjal selanjutnya adalah air perasan lemon. Air perasan lemon berpotensi untuk melindungi ginjal karena kandungan vitamin C dan asam sitrat yang dimilikinya. Kandungan utama dari air perasan lemon tersebut bisa berfungsi menjaga pH dalam tubuh, meningkatkan imunitas, serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

13. Bluberi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/bluberry-595x335.jpg

Bluberi merupakan buah yang rendah sodium dan fosfor, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi dalam rangka menjaga kesehatan ginjal. Selain kandungan yang kidney-friendly tersebut, bluberi juga merupakan salah satu sumber serat, vitamin C, dan antioksidan yang bagus. Dengan mengonsumsinya, gak hanya ginjal yang bakal sehat namun juga tubuh secara keseluruhan.

14. Nenas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/nenas-595x335.jpg

Nenas merupakan buah dengan kandungan potasium yang rendah dan vitamin C yang tinggi. Makanya, gak heran jika buah ini direkomendasikan untuk menjaga kesehatan ginjal. Nenas juga bisa Sayurfriends manfaatkan untuk memperoleh bromelin, enzim yang memiliki fungsi untuk meredakan peradangan atau inflamasi pada tubuh.

15. Sayuran Berdaun Hijau Gelap

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/sayuran-hijau-tua-595x335.jpg

Sayuran dengan daun berwarna hijau gelap juga merupakan makanan yang bisa memelihara kesehatan ginjal. Sayuran dengan daun hijau gelap seperti bayam dan kale memiliki kandungan vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang melimpah, sehingga bisa membantu menjaga kesehatan ginjal.

16. Semangka

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/semangka-1-595x335.jpg

Kandungan potasiumnya yang gak begitu tinggi, berikut dengan kandungan berupa likopen dan vitamin C yang dimilikinya, membuat semangka menjadi salah satu makanan yang baik untuk ginjal. Gak hanya itu aja, semangka juga memiliki kandungan berupa asam lemak arginine yang terbukti bisa meredakan peradangan dan memelihara aliran darah.

17. Gandum Kuda

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/gandum-kuda-595x335.jpg

Gandum kuda atau buckwheat merupakan tipe gandum yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Gandum yang dijadikan sebagai bahan utama dalam pembuatan mi soba ini kaya akan serat, magnesium, dan zat besi. Jika Sayurfriends sedang mencari opsi gandum yang tepat untuk bisa menjaga kesehatan ginjal, gandum kuda merupakan salah satu rekomendasi terbaik.

Itulah tadi berbagai makanan sehat untuk ginjal yang bisa Sayurfriends coba rutinkan untuk mengonsumsinya. Pastikan pengonsumsiannya sesuai dengan batas wajar atau anjuran dokter, sehingga manfaat untuk menjaga kesehatan ginjal bisa diperoleh secara optimal. Terakhir, jangan lupa untuk minum air putih yang cukup untuk turut serta memelihara kesehatan ginjal.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox