16 Makanan Jepang Kaya Rasa, Mana yang Sayurfriends Paling Suka?

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/makanan-jepang-595x335.jpg

Kelezatan kuliner khas Jepang memang gak perlu diragukan lagi. Kepopuleran makanan khas Jepang ditandai dengan bejibunnya restoran Jepang di seantero tanah air. Sayurfriends sendiri mungkin juga punya makanan khas Jepang favoritnya masing-masing. Biar nantinya menu yang dipesan gak itu-itu aja, yuk intip aneka makanan Jepang lainnya yang gak kalah menggugah selera.

1. Sushi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/sushi-595x335.jpg

Topik tentang makanan khas Jepang tentu saja gak bisa dilepaskan dari yang namanya sushi. Kata ‘sushi’ sendiri merujuk pada jenis makanan apapun yang dibuat dengan menggunakan beras Jepang, lalu diolah menggunakan cuka beras. Sushi ada banyak jenisnya, salah satu yang paling umum adalah seperti makizushi atau sushi yang diberi aneka isian dan dibungkus dengan nori.

2. Udon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/udon-595x335.jpg

Udon merupakan kuliner khas Jepang berbentuk mi tebal dan chewy teksturnya. Udon dibuat menggunakan bahan berupa tepung gandum, air, dan garam. Umumnya, udon dihidangkan dengan kuah kaldu yang gurih, lalu diberi aneka garnish untuk membuatnya makin terasa lezat di lidah. Salah satu sajian udon populer adalah kitsune udon, yakni udon yang disajikan dengan aburage.

3. Ramen

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/ramen-595x335.jpg

Kuliner berupa mi kuah Jepang selanjutnya adalah ramen. Berbeda dengan mi udon yang sama-sama terbuat dari tepung gandum, mi ramen bentuknya lebih tipis, dan bergelombang. Kuah kaldu gurih yang disajikan dengan mi ramen umumnya terbuat dari bahan berupa soy sauce, garam, miso, dan kaldu tulang.

Selain tekstur mi ramen yang lembut dan kuahnya  yang begitu gurih, topping yang disajikan dalam semangkuk mi ramen juga makin membuat ramen terasa endeus. Aneka topping yang ditambahkan pada semangkuk mi ramen biasanya berupa irisan daging, nori, daun bawang, rebung muda, dan jagung pipil.

4. Tempura

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/tempura-595x335.jpg

Tempura bisa dibilang sebagai gorengannya masyarakat Jepang. Makanan Jepang satu ini bisa berupa irisan daging, ikan, udang, ataupun sayuran yang sudah dicelupkan pada adonan basah dan kering tepung tempuran, lalu digoreng hingga crunchy dan warnanya berubah keemasan. Tempura makin nikmat disantap jika dicocol dengan tentsuyu atau saus tempura.

5. Yakitori

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/yakitori-595x335.jpg

Sate gak hanya ada di Indonesia, di Jepang pun ada makanan mirip sate yang disebut yakitori. Yakitori merupakan sajian ayam barbekyu, yang dibumbui dengan soy sauce, sake, garam, cuka beras, dan gula. Yakitori ini sendiri ada beberapa jenisnya, seperti momo atau paha ayam, negima atau daging ayam dan daun bawang, lalu ada tsukune atau bakso ayam.

6. Sashimi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/sashimi-595x335.jpg

Jika Sayurfriends suka makanan mentah khas Jepang, maka sashimi pasti merupakan salah satu makanan yang Sayurfriends favoritkan. Sashimi hadir dalam bentuk irisan tipis ikan mentah dan daging mentah segar, yang biasanya disajikan bersama dengan lobak daikon, acar jahe, wasabi, dan soy sauce. Sashimi biasanya disajikan secara eksklusif tanpa tambahan nasi.

7. Donburi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/donburi-595x335.jpg

Donburi merupakan rice bowl khasnya Jepang. Sajian donburi berisikan ikan, daging, dan sayuran yang telah direbus atau digoreng, lalu disajikan bersama dengan sepiring nasi hangat di dalam mangkuk. Salah satu tipe donburi yang populer dijual di gerai makanan Jepang adalah oyakodon, yaitu donburi dengan isian berupa daging ayam rebus, telur, dan daun bawang.

8. Natto

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/natto-595x335.jpg

Jika Indonesia punya buah durian yang bagi orang luar rasanya terbilang unik, Jepang punya yang namanya natto. Natto merupakan makanan tradisional Jepang berupa kacang kedelai yang difermentasikan dengan menggunakan tipe bakteri yang diproduksi secara alami di saluran pencernaan manusia. Selain aromanya yang menyengat, natto juga dikenal dengan teksturnya yang lengket.

9. Oden

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/oden-595x335.jpg

Saat cuaca lagi dingin, enaknya menyantap oden atau hot pot khas Jepang. Oden merupakan perpaduan ragam bahan makanan, seperti fish cake, telur rebus, lobak daikon, konnyaku, dan tahu, yang direbus dengan campuran kuah kaldu, soy sauce, dan dashi. Biasanya, oden dihidangkan dengan beragam jenis kondimen seperti mustard khas Jepang.

10. Tamagoyaki

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/tamagoyaki-595x335.jpg

Tamagoyaki merupakan telur dadar gulung khas Jepang yang biasa disantap saat makan pagi, makan siang, serta makan malam. Berbeda dengan telur dadar khas Indonesia, tamagoyaki dibuat dengan cara menumpuk beberapa lapisan telur yang sudah dikocok lepas. Agar cita rasanya makin nikmat, biasanya tamagoyaki dibumbui dengan soy sauce atau gula saat membuatnya.

11. Soba

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/soba-595x335.jpg

Selain udon dan ramen, masih ada lagi sajian mi dari Jepang yaitu soba. Soba terbuat dari tepung buckwheat atau gandum kuda, yang membuatnya memiliki cita rasa nutty atau seperti kacang saat disantap. Mi soba biasa disajikan dingin atau pun hangat. Saat disajikan dingin, mi soba akan dikombinasi dengan tsuyu, lalu ditambah dengan garnish seperti daun bawang, nori, dan wasabi.

12. Sukiyaki

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/sukiyaki-595x335.jpg

Gak hanya oden, Jepang juga punya sajian hot pot populer lainnya yaitu sukiyaki. Sukiyaki berupa irisan tipis daging sapi, sayuran, dan mi di hot pot, dengan disajikan dengan kaldu sukiyaki. Kaldu gurih khas sukiyaki biasanya dibuat dengan bahan-bahan berupa soy sauce, sake, mirin, dan gula. Sudah kebayang betapa lezatnya sukiyaki ini saat disantap di cuaca dingin?

13. Sup Miso

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/sup-miso-595x335.jpg

Sup miso Jepang merupakan kombinasi pasta miso atau pasta fermentasi kacang kedelai, dengan kaldu dashi. Untuk isiannya sendiri, sup miso biasanya diberi topping tambahan berupa potongan daun bawang, rumput laut wakame, dan tahu Jepang. Sup miso biasanya disajikan sebagai makanan pendamping saat sarapan, makan siang, dan makan malam.

14. Okonomiyaki

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/Okonomiyaki--595x335.jpg

Okonomiyaki biasa disebut sebagai pancake khas Jepang. Okonomiyaki dibuat dengan menggunakan tepung, telur, irisan kubis, makanan laut, daging, dan bahan lainnya, lalu digoreng di wajan datar layaknya memasak pancake. Setelah masak, okonomiyaki disajikan dengan saus okonomiyaki, mayones, dan rumput laut kering.

15. Nasi Kari

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/nasi-kari-595x335.jpg

Nasi kari atau curry rice juga merupakan salah satu menu andalan di banyak restoran Jepang. Berbeda dengan kari khasnya India, kari khas Jepang memiliki cita rasa yang lebih manis, tekstur yang lebih kental, serta pembuatannya dilakukan dengan teknik stew atau merebus menggunakan api kecil. Isian kari ini biasanya berupa potongan daging dan sayuran seperti kentang dan wortel.

16. Onigiri

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/12/onigiri-595x335.jpg

Siapa nih yang suka banget dengan onigiri atau nasi kepal khas Jepang? Ciri khas dari onigiri ini adalah bentuknya yang menyerupai segitiga, lalu bagian luarnya dibalut dengan nori. Seiring dengan berjalannya waktu, onigiri diberi isian yang beragam jenisnya. Beberapa isian populer onigiri seperti daging ayam teriyaki, mayones tuna, dan rumput laut berbumbu.

Itulah tadi beberapa makanan Jepang yang sangat direkomendasikan untuk Sayurfriends pesan saat berkunjung ke restoran Jepang. Jika lagi mood untuk masak, Sayurfriends juga bisa buat sendiri makanan khas Jepang ini di rumah, karena bahan makanan khas Jepang juga sudah banyak dijual sekarang ini. Dari semua makanan di atas, mana nih yang paling ingin Sayurfriends coba?

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox