Selain untuk Diet, Ini 15 Manfaat Lemon Water untuk Kesehatan

Salah satu buah yang bisa dijadikan pilihan untuk komposisi infused water adalah lemon. Selain tekstur lemon yang tidak mudah hancur saat direndam dalam air serta rasanya yang menyegarkan, lemon juga memiliki kandungan zat bergizi yang baik bagi tubuh. Perlu diketahui bahwa jika kamu rutin mengonsumsi lemon water, maka sistem imun tubuh akan meningkat dan terbebas dari penyakit. Banyak sekali manfaat lemon water untuk kesehatan tubuh. Lemon water bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin mengonsumsi menu sehat dengan cara yang lebih segar dan nikmat. Langsung saja, inilah 15 manfaat lemon water untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Ini manfaat lemon water untuk kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/pexels-breakingpic-3303-595x394.jpg

Manfaat Lemon Water untuk Kesehatan. (Foto: Pixabay)

1. Untuk detoksifikasi

Manfaat lemon water yang pertama adalah untuk membantu proses detoksifikasi atau membuang zat-zat beracun yang ada di dalam tubuh. Asam sitrat yang terkandung pada lemon disebut-sebut efektif dalam mengoptimalkan kinerja hati (liver), ginjal, dan sistem pencernaan lainnya untuk melakukan proses detoksifikasi tersebut.

2. Menjadi sumber vitamin C

Sudah bukan rahasia lagi jika lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam lemon bisa memenuhi kebutuhan vitamin harian kamu. Vitamin C tersebut juga berguna untuk menangkal radikal bebas karena kandungan antioksidannya, serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit seperti demam dan flu. Tidak hanya itu saja, vitamin C juga dipercaya mampu mengurangi risiko terkena penyakit stroke dan juga menurunkan tekanan darah.

3. Mampu melancarkan pencernaan

Mengonsumsi lemon water secara rutin dilakukan agar tubuh senantiasa mendapat asupan cairan yang cukup. Jika cairan di dalam tubuh tercukupi, otomatis pencernaan pun menjadi lancar. Apakah saat ini kamu sedang mengalami masalah pencernaan? Jika iya, kamu bisa mengambil manfaat lemon water yang satu ini untuk mengatasi gangguan kesehatan tersebut. Apabila rutin mengonsumsi lemon water setiap hari, daya tahan tubuh juga akan meningkat dan menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit karena menghilangkan racun dalam tubuh.

4. Dapat menurunkan berat badan

Buah lemon dipercaya mampu memberantas lemak di dalam tubuh, terutama pada bagian perut. Selain itu, mengonsumsi lemon water juga akan membuat kamu merasa lebih “kenyang” dan mengurangi nafsu makan dari biasanya. Karena nafsu makan berkurang dan lemak dibakar oleh kandungan dalam lemon, maka otomatis berat badan juga akan ikut menurun. Tetapi tentu hal ini juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat dan olahraga rutin.

5. Dapat mengatur tingkat keasaman (pH) di dalam tubuh

Setiap sel di dalam tubuh terdiri dari air. Oleh karena itu, menjaga kadar pH agar tetap ideal adalah suatu keharusan. Tujuannya yaitu untuk menghindari gangguan kesehatan seperti obesitas hingga penyakit jantung. Kandungan asam sitrat yang terdapat di lemon water dinilai efektif dalam mengendalikan kadar pH agar senantiasa normal.

6. Baik untuk kesehatan kulit

Tidak hanya melakukan perawatan saja, kesehatan kulit juga bisa dijaga dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang menyehatkan. Salah satunya adalah lemon water. Vitamin C yang terdapat di dalam lemon dapat mengurangi kerutan pada kulit dan melindunginya dari sinar matahari. Seperti yang sudah kita ketahui, vitamin C dalam lemon juga dapat berperan dalam mencerahkan kulit.

7. Dapat mencegah penuaan dini

Lemon adalah salah satu buah yang mengandung zat antioksidan. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, buah dengan kandungan antioksidan dapat merawat kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Selain itu, lemon juga kaya akan vitamin C. Kombinasi vitamin C dan antioksidan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen lebih banyak sehingga kulit akan tetap terlihat kencang dan kenyal. Dengan mengonsumsi lemon water, kulit pun akan lebih terjaga dan dapat mencegahnya dari penuaan dini.

Ingin merasakan manfaat lemon water? Yuk, beli lemon segar dan berkualitas di Sayurbox!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg

8. Mampu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh

Selain dapat menutrisi tubuh dengan kandungan vitamin yang dikandungnya, lemon water juga dapat mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Caranya yaitu melalui urin. Ketika mengonsumsi lemon water, biasanya frekuensi ke toilet akan lebih banyak, sebanding dengan jumlah air yang diminum. Proses mengeluarkan toksin ini juga dapat berpengaruh ke menurunnya berat badan.

9. Mampu mengobati penyakit batu ginjal

Kandungan asam sitrat dalam lemon juga dapat mencegah penyakit batu ginjal. Kandungan tersebut dapat mengurangi kadar asam dalam urin dan bahkan memecah batu-batu kecil yang berpotensi untuk menjadi batu ginjal. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mengonsumsi lemon water secara rutin dapat meningkatkan juga frekuensi buang air kecil. Ketika buang air kecil, batu dari ginjal juga bisa ikut dikeluarkan.

10. Untuk menghidrasi tubuh

Lemon water bisa menjadi alternatif lain untuk menghidrasi tubuh selain air putih biasa. Biasanya, terdapat beberapa orang yang ingin mengonsumsi air lebih banyak tetapi tidak begitu menyukai rasanya. Nah, ketika mengonsumsi lemon water, kamu akan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan rasa yang lebih enak dan menyegarkan.

11. Untuk menambah energi

Apakah kamu sering merasa cepat lelah? Selain harus banyak mengonsumsi makanan dan vitamin, minum lemon water juga bisa menjadi solusi untuk mengembalikan energi yang hilang. Minumlah lemon water setiap pagi sebelum memulai aktivitas untuk menambah energi.

12. Mampu membuat napas menjadi lebih segar

Ketika mengonsumsi makanan yang berbau seperti bawang putih dan bawang bombay, biasanya napas akan menjadi lebih bau dari biasanya. Dengan mengonsumsi lemon water, kamu bisa menghilangkan bau tidak sedap tersebut. Hal ini dikarenakan lemon dipercaya mampu merangsang air liur, sehingga mulut tidak kering atau dipenuhi bakteri yang biasanya menjadi penyebab utama bau mulut.

13. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada lemon menjadikan lemon water bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan serta kekebalan tubuh. Jika selama ini kamu mudah terserang sejumlah penyakit seperti flu, sariawan, dan infeksi lainnya, cobalah rasakan manfaat lemon water yang satu ini.

Jika kamu mengonsumsi lemon water secara rutin, maka kekebalan tubuh juga akan meningkat dan kamu akan terhindar dari penyakit seperti flu, demam, dan masih banyak lagi. Untuk hasil yang lebih optimal, kamu bisa membuat racikan lemon water dicampur madu setiap pagi ketika perut masih kosong. Ketika sedang flu dan demam, minuman ini juga ampuh untuk menghilangkan penyakit tersebut.

14. Dapat mencegah infeksi

Manfaat lemon water selanjutnya yaitu dapat mencegah infeksi. Lemon diperkaya dengan zat antibakteri. Dengan begitu, mengonsumsi lemon water secara rutin, maka dapat menghindarkan kamu dari infeksi bakteri dan mikroorganisme lainnya.

15. Dapat mengatasi inflamasi

Lemon water juga dipercaya dapat mengatasi inflamasi. Jadi, jika kamu memiliki masalah pada sistem pencernaan seperti maag, mengonsumsi lemon water bisa berguna untuk meredakan peradangan pada pencernaan tersebut. Tetapi, campuran yang digunakan berbeda dari air dan lemon saja. Kamu bisa mencampurkan lemon water dengan kunyit, lalu dilarutkan menggunakan air hangat.

Itulah 15 manfaat lemon water untuk kesehatan. Selain untuk diet dan dapat menurunkan berat badan, toksin yang dikeluarkan dari dalam tubuh karena mengonsumsi lemon water secara rutin juga bisa membuat kamu menjadi lebih sehat. Sistem kekebalan tubuh pun menjadi lebih kuat. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba membuat lemon water, kamu bisa membeli buah lemon yang segar dan berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang, ya!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg

(Siti Kamilla)

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox