14 Jajanan Pasar Tradisional yang Endeus dan Pastinya Murah, Bikin Nostalgia!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/jajanan-pasar-595x335.jpg
Indonesia begitu kaya akan aneka kuliner lezat, termasuk aneka jajanan pasar tradisional. Mulai dari yang asin hingga manis, semuanya ada tersedia dan bisa dibeli dengan harga yang cukup murah. Belanja jajanan khas pasar ini sendiri bagi sebagian orang merupakan memori yang tak terlupakan. Untuk melengkapi nostalgia, yuk intip aneka jajanan tradisional nusantara berikut ini.

1. Klepon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/klepon-595x335.jpg
Klepon merupakan jajanan berwarna hijau berbahan dasar beras ketan, dengan isian gula merah, dan taburan parutan kelapa. Nama jajanan ini sendiri bervariasi, selain klepon ada juga yang menyebutnya onde-onde di daerah lain. Tekstur klepon yang kenyal berpadu dengan rasa manis gula merah yang meleleh di lidah saat klepon digigit. Percaya deh, satu saja gak bakal cukup.

2. Kue Putu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/kue-putu-595x335.jpg
Siapa nih di antara Sayurfriends yang langsung keluar rumah saat mendengar bunyi penjual kue putu lewat? Jajanan satu ini terbuat dari tepung beras butiran kasar, yang dipadu dengan gula jawa dan parutan kelapa sebagai
topping
. Cara membuatnya pun cukup unik, yakni dengan memasukkannya ke dalam tabung bambu berukuran kecil, lalu dimasak menggunakan uap panas.

3. Kue Putu Ayu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/kue-putu-ayu-595x335.jpg
Jajanan pasar yang sampai saat ini terbilang masih sering ditemukan adalah kue putu ayu. Kue putu ayu merupakan kue berbahan dasar tepung terigu, gula pasir, dan santan kelapa, di mana bagian atasnya berupa parutan kelapa. Kue putu ayu ini sendiri memiliki cetakan khasnya sendiri, yang umumnya berbentuk persegi di bagian dasarnya dan bolong di bagian tengah atasnya.
Baca juga:

4. Onde-Onde

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/onde-onde-595x335.jpg
Berbeda dengan onde-onde yang merupakan sebutan klepon di daerah lain, onde-onde satu ini merupakan jajanan berbentuk bulat, yang terbuat dari tepung ketan dan tepung terigu. Jajanan satu ini diberi isian berupa pasta kacang hijau yang telah digoreng terlebih dahulu, lalu bagian permukaannya diberi taburan biji wijen putih. Rasa gurih begitu terasa saat menyantap camilan satu ini.

5. Dadar Gulung

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/dadar-gulung-595x335.jpg
Jajanan tradisional khas Indonesia memang banyak yang berwarna hijau, salah satunya adalah dadar gulung. Dadar gulung merupakan jajanan berbahan dasar tepung terigu dan santan untuk membuat kulit dadarnya. Setelah kulitnya matang, lalu diberi isian berupa kelapa parut yang telah dicampur dengan gula. Lembutnya tekstur kulitnya, berpadu dengan manisnya isian dadar gulung.

6. Lemper

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/lemper-595x335.jpg
Lemper merupakan makanan berbahan dasar beras ketan, dengan isian berupa daging ayam cincang atau abon. Adonan lemper yang telah selesai dibuat, nantinya dibentuk menjadi bulat lonjong, lalu dibungkus dengan daun pisang. Cara memasaknya yang dibakar, membuat aroma daun pisang begitu menguar dari jajanan nikmat satu ini, begitu pun dengan rasanya yang ciamik.

7. Nagasari

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/nagasari-595x335.jpg
Lembut dan manis, itulah dua kata yang bisa dipakai untuk menggambarkan tekstur dan rasa nagasari. Nagasari merupakan penganan yang terbuat dari tepung beras dan santan, kemudian diberi isian berupa potongan pisang. Adonannya ini kemudian dibentuk mirip persegi, lalu dibungkus daun pisang. Setelah dikukus, cukup diamkan sebentar agar bisa disantap saat masih hangat.

8. Kue Cucur

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/kue-cucur-595x335.jpg
Kue cucur merupakan jajanan pasar yang terbuat dari campuran tepung terigu dan gula aren yang digoreng, makanya warnanya bisa menjadi kecokelatan. Tambahan gula aren dalam adonannya membuat camilan satu ini memiliki cita rasa manis yang kentara. Kue cucur ini sendiri memiliki tekstur yang tipis dan renyah di bagian pinggirnya dan tebal lembut di bagian tengahnya.

9. Cenil

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/cenil-595x335.jpg
Cenil sekilas mirip dengan klepon, namun versi lebih mininya. Jajanan satu ini terbuat adonan tepung kanji yang dibulatkan, lalu diberi taburan berupa parutan kelapa dan gula. Ciri khas cenil sendiri adalah warnanya yang beragam dalam satu tusukan lidi. Dalam menyambut hari kemerdekaan, biasanya cenil disajikan dalam warna merah dan putih, senada dengan warna bendera.

10. Lopis

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/lopis-595x335.jpg
Jika diberi
clue
berupa jajanan berbentuk segitiga, sebagian besar Sayurfriends mungkin langsung bisa menebak nama jajanan satu ini. Lopis merupakan camilan yang terbuat dari ketan, dengan
topping
berupa parutan kelapa dan gula merah cair. Lopis yang dibungkus dengan daun pisang saat dimasak, membuatnya mengeluarkan aroma harum yang menambah rasa nikmat saat menyantapnya.

11. Kue Talam

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/kue-talam-595x335.jpg
Kue talam begitu terkenal dengan kelembutan teksturnya dan gurihnya cita rasanya. Kue yang umum tersaji dalam warna hijau ini terbuat dari campuran 3 bahan utama, yakni tepung sagu, tepung beras, dan perisa pandan. Agar sajiannya makin terlihat cantik, di bagian atas kue talam biasanya diberi potongan daun pandan.

12. Serabi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/serabi-595x335.jpg
Siapa nih yang suka banget sama serabi? Serabi merupakan penganan yang terbuat dari campuran santan, tepung beras, dan kelapa parut, dengan variasi cita rasa manis dan asin. Sekilas, serabi memang terlihat mirip dengan kue cucur, namun bedanya adalah warna serabi yang umumnya putih di bagian permukaan atasnya dan kecokelatan di bagian bawahnya.
Baca juga:

13. Wajik

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/wajik-595x335.jpg
Wajik adalah jajanan yang terbuat dari beras ketan, santan, dan gula merah, lalu dimasak dengan cara dikukus. Sesuai dengan namanya, jajanan ini memiliki bentuk menyerupai wajik, jajar genjang, atau belah ketupat. Wajik menghadirkan cita rasa manis dengan tekstur yang legit dan gurih, sehingga sangat pas untuk dijadikan sebagai teman minum teh atau kopi di sore hari.

14. Lumpia

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/lumpia-595x335.jpg
Satu hal yang bikin penasaran dari lumpia adalah apa isian yang ada di dalamnya. Jajanan ini tersaji dalam bentuk kulit lumpia yang digulung, lalu diberi dengan aneka isian, seperti telur, daging, sayuran segar, rebung, makanan laut, dan kreasi isian lainnya. Kulitnya yang terbuat dari tepung gandum akan jadi begitu renyah seusai digoreng. Jangan lupa sambal saat menyantapnya, ya!
Tak ada habisnya jika bicara tentang jajanan pasar tradisional yang ada di Indonesia. Meskipun ada beberapa jenis jajanan yang mulai sulit ditemukan sekarang ini, namun keberadaan jajanan lainnya tetap ada yang eksis hingga sekarang. Sayurfriends sendiri paling suka beli jajanan pasar yang mana nih?
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox