13 Buah untuk Asam Lambung, Baik Dikonsumsi untuk Turunkan Asam Lambung

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/buah-untuk-asam-lambung-595x335.jpg

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) merupakan kondisi yang ditandai dengan mengalirnya kembali asam lambung ke esofagus. Saat asam lambung naik, biasanya akan muncul gejala seperti sensasi terbakar di ulu hati atau chest burn. Sayurfriends bisa coba untuk turunkan atasi asam lambung ini dengan mengonsumsi buah untuk asam lambung berikut ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/pisang-1-595x335.jpg

Yuk redakan gejala asam lambung dengan mengonsumsi buah pisang. Pisang merupakan buah yang kaya akan serat, potasium, vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien. Kandungan serat yang dimiliki oleh pisang akan bisa membantu melancarkan proses pencernaan, sekaligus mengurangi refluks yang sedang terjadi.

Pisang juga dikenal sebagai makanan alkali, dengan kemampuan untuk menetralkan kadar keasaman. Alhasil, dengan mengonsumsi buah pisang, maka Sayurfriends akan bisa terbantu dalam hal menetralkan asam lambung, sehingga gejala gak nyaman yang kerap dirasakan saat asam lambung kambung bisa dihindari.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/pepaya-595x335.jpg

Gejala asam lambung juga bisa coba Sayurfriends redakan dengan mengonsumsi buah pepaya. Pepaya mengandung enzim yang disebut papain, di mana enzim ini bisa membantu melancarkan proses pencernaan dan mengurangi sensasi terbakar di ulu hati atau heartburn. Gak hanya itu saja, pepaya juga kaya akan nutrisi lainnya seperti vitamin K, beta karoten, kalsium, dan vitamin A.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/semangka-595x335.jpg

Semangka merupakan buah yang dikenal akan kandungan antioksidan, vitamin C, vitamin A, asam amino, dan air yang tinggi. Kandungan airnya yang melimpah ini, bisa membantu melancarkan pencernaan dan juga menjaga tubuh bisa tetap terhidrasi. Selain itu, semangka juga membantu menetralisir asam di lambung dan mengurangi refluks.

4. Apel

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/apple-595x335.jpg

Buah untuk asam lambung selanjutnya adalah buah apel. Apel merupakan buah yang jadi gudangnya nutrisi, seperti vitamin A, C, D, B16, B12, kalsium, zat besi, hingga magnesium. Kandungan apel ini membantu melancarkan proses pencernaan, sekaligus mengurangi asam di lambung dan membuat lambung menjadi rileks.

5. Persik

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/peach-595x335.jpg

Buah persik atau peach merupakan buah dengan kandungan nutrisi seperti kalsium, zat besi, magnesium, vitamin A, B6, B12, dan C. Buah persik kerap menjadi andalan dalam pengobatan diabetes, mengatasi masalah kulit, dan gangguan kesehatan lainnya. Kandungan asamnya yang rendah, juga membuatnya baik dikonsumsi oleh orang yang sedang menderita asam lambung.

6. Melon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/melon-595x335.jpg

Sebagai makanan alkali, melon mengandung pH basa yang bisa menetralkan kadar keasaman dan mengurangi gejala inflamasi dalam tubuh. Dengan pH 6.1, melon bisa Sayurfriends konsumsi untuk menetralkan asam lambung yang tinggi. Melon juga kaya akan magnesium yang bisa menetralisir sekresi asam di lambung dan menghentikan asam lambung.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/alpukat-2-595x335.jpg

Buah alpukat tergolong sebagai buah yang rendah kandungan asamnya. Teksturnya yang lunak dan creamy, membuat buah alpukat bisa dengan mudah melewati esofagus saat dikonsumsi. Hal ini sangat penting bagi orang dengan asam lambung, yang mengalami peradangan atau iritasi di lapisan dalam esofagus

8. Pir

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/pir-595x335.jpg

Kandungan asam dalam buah pir yang rendah, membuatnya bisa Sayurfriends konsumsi untuk membantu menetralkan asam lambung, sekaligus meredakan gejala yang timbul saat asam lambung kambuh. Sebagai buah yang kaya akan air, buah pir juga akan membantu Sayurfriends dalam mencukupi cairan tubuh, sehingga tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

9. Kelapa

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/kelapa-595x335.jpg

Buah kelapa memang memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk mengatasi asam lambung. Buah kelapa tergolong sebagai buah dengan kandungan asam yang rendah, sehingga aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Buah yang kaya kandungan airnya ini juga membantu meningkatkan fungsi otak, mencegah penyakit jantung, hingga menurunkan risiko strok.

10. Naga

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/naga-595x335.jpg

Buah naga juga merupakan buah untuk asam lambung. Buah naga memiliki kandungan serat larut berupa lendir dan pektin dengan efek emolien, yang bisa membantu melindungi lambung dengan optimal. Kandungan buah naga inilah yang kemudian dapat mencegah terjadinya kadar asam lambung yang berlebihan.

11. Tin

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/bit-595x335.jpg

Buah tin memiliki kandungan berupa gula alami, serat, mineral, potasium, kalsium, dan zat besi. Kandungan seratnya yang cukup tinggi, membuat buah tin bisa membantu melancarkan buah air besar, serta gangguan pencernaan seperti asam lambung. Sayurfriends juga bisa coba konsumsi buah tin untuk mengatasi sembelit, karena kandungan seratnya yang tinggi.

12. Kurma

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/kurma-595x335.jpg

Siapa di antara Sayurfriends yang gemar mengonsumsi buah kurma? Buah kurma merupakan buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, disebabkan karena kandungan asamnya yang rendah. Rendahnya kandungan asam buah kurma, membuatnya bisa menghindarkan Sayurfriends dari risiko kambuhnya asam lambung dan munculnya gejalanya.

13. Bluberi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/blueberi-595x335.jpg

Bluberi tergolong sebagai buah yang asam, namun tingkat keasamannya itu rendah. Jadi, penderita asam lambung masih aman mengonsumsi buah ini selama gak dikonsumsi secara berlebihan. Kandungan asamnya yang cukup rendah di antara buah-buahan lainnya ini, membuat bluberi bisa membantu menghindarkan Sayurfriends dari risiko munculnya gejala asam lambung.

Gak hanya sebatas aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, bluberi juga memberikan manfaat lain bagi kesehatan. Kandungan airnya yang melimpah, mencapai hingga 85 persen, membuatnya sangat tepat dikonsumsi untuk menghindarkan diri dari dehidrasi. Buah ini juga gak mengandung lemak, di mana lemak diketahui bisa memperburuk gejala asam lambung.

Itulah tadi beberapa buah untuk asam lambung yang bisa membantu menetralkan asam lambung, serta meredakan gejala yang ditimbulkan oleh asam lambung seperti sensasi terbakar di ulu hati. Jika Sayurfriends menderita asam lambung, sebisa mungkin hindari buah yang tinggi kandungan asamnya seperti kelompok buah citrus, karena bisa memicu kambuhnya asam lambung yang diderita.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox