12 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan, Bantu Stabilkan Tekanan Darah

Daun seledri merupakan salah satu bumbu dapur yang kerap digunakan dalam memasak. Aroma daun seledri yang khas, membuat aroma masakan menjadi lebih harum dan tentunya menambah cita rasa masakan. Dibalik manfaatnya untuk melezatkan masakan, daun seledri juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Simak manfaat daun seledri untuk kesehatan di bawah ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/manfaat-daun-seledri-595x335.jpg

1. Sumber Antioksidan bagi Tubuh

Seledri merupakan tumbuhan yang kaya akan antioksidan. Dengan mengonsumsinya, Sayurfriends bisa melindungi sel, pembuluh darah, dan organ penting dalam tubuh lainnya dari risiko kerusakan oksidatif dan paparan radikal bebas. Sedikitnya, ada 12 jenis antioksidan berbeda yang terkandung dalam 1 tangkai seledri.

2. Mencegah Terjadinya Peradangan

Seledri mengandung sekitar 25 komponen anti-peradangan, yang bisa memberikan perlindungan atas peradangan bagi tubuh. Dengan begini, Sayurfriends bisa terhindar dari risiko peradangan, berikut dengan meredakan peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh. Perlu diketahui, peradangan kronis dalam tubuh berhubungan dengan banyak penyakit, seperti osteoporosis dan artritis.
Baca juga:

3. Melancarkan Pencernaan

Siapa nih di antara Sayurfriends yang kerap kali mengalami konstipasi? Usut punya usut, mengonsumsi seledri bisa membantu menangani masalah pencernaan tersebut. Kandungan air yang tinggi dalam seledri, mencapai hingga hampir 95 persen, serta kandungan serat larut dan tak larut yang tinggi, membantu menyehatkan sistem pencernaan, sehingga proses pencernaan lancar.

4. Mencegah Munculnya Kanker

Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun seledri kaya akan antioksidan. Antioksidan seperti flavonoid dan vitamin C, berikut dengan lunularia dan bergapten, akan bisa mencegah munculnya stres oksidatif, yang kemudian berujung pada kemunculan sel kanker. Sayurfriends bisa konsumsi daun seledri secara rutin untuk mulai menurunkan risiko terjadinya kanker tersebut.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Tingginya tekanan darah bisa memicu masalah kesehatan seperti strok dan serangan jantung. Tekanan darah tinggi sendiri ditandai dengan tekanan darah yang nilainya 130/80 mmHG atau lebih tinggi dari angka tersebut. Mencari cara untuk menormalkan kembali tekanan darah tersebut, akan bisa membantu untuk menghindari terjadinya hal buruk yang gak diinginkan.
Salah satu cara yang bisa Sayurfriends lakukan untuk menurunkan tekanan darah tersebut adalah mengosumsi daun seledri. Seledri kaya akan fitokimia atau bahan kimia yang berasal dari tanaman, yang disebut
phthalides
.
Phthlides
bisa membuat jaringan di dinding arteri jadi rileks, sehingga aliran darah pun jadi lancar. Meningkatnya aliran darah akan bisa membuat tekanan darah turun.

6. Mendukung Kesehatan Jantung

Manfaat daun seledri selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Seledri kaya akan vitamin dan mineral, di antaranya adalah potasium dan kalsium. Kedua jenis mineral ini memegang peranan penting bagi kesehatan jantung. Selain itu, seledri juga kaya akan folat dan vitamin K, yang dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah dan penggumpalan darah yang efektif.
Dengan mengonsumsi daun seledri, Sayurfriends bisa memberikan perlindungan pada sistem kardiovaskular, dikarenakan kandungan flavonoid yang dimilikinya. Kebiasaan mengonsumsi seledri yang kaya akan serat juga kerap diasosiasikan dengan penurunan risiko gangguan jantung. Maka dari itu, yuk sayangi jantung dengan mengonsumsi daun seledri.

7. Bantu Turunkan Berat Badan

Daun seledri bisa menjadi salah satu bahan makanan yang Sayurfriends konsumsi saat sedang dalam program diet atau menurunkan berat badan. Seledri memiliki kandungan kalori yang rendah dan kandungan serat yang tinggi. Kandungan seratnya yang tinggi inilah yang kemudian memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga nafsu makan bisa lebih terkontrol.

8. Mencegah Dehidrasi

Kandungan airnya yang cukup tinggi, membuat daun seledri bisa Sayurfriends andalkan dalam membantu memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan. Dengan begini, Sayurfriends akan terhindar dari yang namanya dehidrasi atau kekurangan cairan. Asupan cairan yang cukup, akan bisa membuat tubuh aktif dalam menjalani aktivitas dan terhindar dari kelelahan karena kurang cairan.

9. Mengatasi Stres

Jika dibiarkan, efek stres bisa melebar kemana-mana alias gak cuma hanya sekadar jadi pikiran semata. Salah satu cara untuk mengatasi atau mengurangi stres tersebut adalah dengan mengonsumsi daun seledri. Seledri diketahui bisa mengurangi hormon stres, sehingga stres yang Sayurfriends alami bisa berkurang dan kualitas hidup pun jadi lebih meningkat.

10. Menetralkan Asam

Pengonsumsian daun seledri juga bermanfaat untuk menetralkan kondisi asam di dalam tubuh. Seledri diketahui memiliki kandungan mineral seperti magnesium, zat besi, dan natrium, di mana kandungan mineralnya tersebut bisa menetralkan makanan asam yang Sayurfriends konsumsi. Melihat dari manfaatnya, tentu daun seledri bisa dimanfaatkan oleh para penderita penyakit mag.
Baca juga:

11. Bantu Cukupi Kebutuhan Iodin

Iodin merupakan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hormon tiroid, hormon yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel dan metabolisme tubuh. Asupan iodin ini di antaranya bisa diperoleh dari daun seledri. Sekitar 10 mikrogram iodin bisa Sayurfriends peroleh dari per sajian seledri, di mana jumlah total iodin yang dibutuhkan adalah sebanyak 150 mikrogram.

12. Bantu Cukupi Kebutuhan Vitamin E

Pengonsumsi daun seledri bisa bantu Sayurfriends untuk mencukupi kebutuhan vitamin E harian. Ada sekitar 2.7 miligram vitamin E yang bisa Sayurfriends peroleh dengan mengonsumsi 3.5 ons daun seledri ini. Vitamin E sendiri memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama sekali dalam hal memberi proteksi sebagai antioksidan bagi tubuh.
Ada segudang manfaat daun seledri yang bisa Sayurfriends peroleh dengan mengonsumsinya. Daun yang menghadirkan aroma wangi saat dijadikan sebagai bumbu dapur ini bisa Sayurfriends konsumsi secara rutin, untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain dimasukkan ke dalam masakan, daun seledri juga bisa Sayurfriends jadikan salad atau jus, sesuai dengan kebutuhan.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox