12 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Bantu Sayurfriends Sayangi Jantung

Buah delima merupakan salah satu buah yang tumbuh subur di Indonesia. Buah dengan dengan isi berwarna merah menyala ini gak hanya sedap untuk dikonsumsi, namun juga ternyata punya segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Penasaran apa saja manfaat buah delima yang bisa Sayurfriends peroleh untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/manfaat-buah-delima-595x335.jpg

1. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Delima merupakan buah yang kaya akan nutrisi. Alhasil, dengan kandungan nutrisinya yang melimpah ini, akan bisa membantu kebutuhan nutrisi harian tubuh. Pada 282 gram buah delima, terkandung 235 kalori, 5.7 gram protein, 3.3 lemak, 52 karbohidrat, 38.6 gram gula, 11.3 gram serat, 28.2 miligram kalsium, serta masih banyak lagi nutrisi penting lainnya.

2. Melindungi Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Paparan radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada sel tubuh. Agar paparan radikal bebas tersebut bisa dibendung, dibutuhkan yang namanya antioksidan. Buah delima sendiri merupakan buah yang kaya akan antioksidan, sehingga dengan mengonsumsinya akan bisa membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selain antioksidan, ada juga kandungan yang disebut polifenol, yang juga memberikan perlindungan atas sel tubuh dari paparan radikal bebas ini. Dengan terlindunginya sel dari kerusakan akibat radikal bebas, maka munculnya penyakit seperti kanker, sebisa mungkin akan bisa dihindari.

3. Menghindari Risiko Peradangan Kronis

Peradangan dalam jangka pendek merupakan suatu hal yang umum terjadi di dalam tubuh, yang biasanya disebabkan oleh terjadinya luka dan infeksi. Biasanya, peradangan jangka pendek ini akan bisa sembuh dengan sendirinya seiring dengan berjalannya waktu. Namun, berbeda dengan peradangan kronis yang akan memburuk jika tak segera ditangani.

Peradangan kronis yang tidak segera ditangani dan dibiarkan begitu saja, akan bisa berujung pada kondisi kesehatan yang kronis, seperti penyakit jantung, diabetes, dan kanker. Salah satu cara untuk bisa menurunkan risiko terjadinya peradangan kronis ini adalah dengan mengonsumsi buah delima.

Buah delima memiliki kandungan yang disebut punicalagin. Kandungan berupa punicalagins ini memiliki sifat antioksidan dan anti peradangan, sehingga dengan mengonsumsinya bisa meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Sayurfriends bisa mengonsumsi buah delima secara rutin untuk memperoleh manfaatnya satu ini.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika Sayurfriends sedang diet untuk mencapai berat badan ideal, buah delima bisa jadi salah satu menu diet andalan. Alasan mengapa buah delima bisa membantu menurunkan berat badan adalah karena kandungan serat yang dimilikinya. Kandungan serat membuat rasa kenyang bertahan lebih lama, sehingga Sayurfriends bisa menghindari rasa lapar yang biasanya mungkin sering muncul.

5. Menjaga Kesehatan Saat Hamil

Buah delima diketahui bisa mengurangi risiko terjadi komplikasi pada saat kehamilan. Berdasarkan beberapa penelitian yang dilakukan sebelumnya, kandungan buah delima bisa mengurangi stres oksidatif pada plasenta janin yang sedang dikandung. Dengan begini, maka janin akan bisa berkembang dengan optimal dan nantinya bisa lahir dengan lengkap dan selamat.

6. Mencegah Kanker Kolon

Manfaat buah delima dipercaya juga bisa mengurusi risiko terjadinya kanker usus. Kandungan punicalagin, ellagic acid, dan tannin pada buah delima akan memberi efek antiproliferasi pada sel kolon. Dengan begini, maka kesehatan kolon dan kesehatan tubuh secara keseluruhan akan bisa tetap terjaga dengan baik.

7. Mengatasi Penyumbatan Arteri

Aterosklerosis merupakan penyakit yang ditandai dengan terjadinya penyumbatan pada arteri yang diakibatkan oleh kolesterol yang bertumpuk. Buah delima dengan kandungan antioksidan dan polifenolnya akan bisa mencegah dan mengatasi penyumbatan pada arteri tersebut, karena kandungannya tersebut memiliki sifat anti-atherogenic.

8. Membantu Mengatasi Disfungsi Ereksi

Bagi kaum pria, buah delima bisa dimanfaatkan untuk mengatasi disfungsi ereksi. Disfungsi ereksi merupakan salah satu kondisi yang dipicu oleh stres oksidatif dan peradangan. Dengan adanya kandungan antioksidan yang dimiliki oleh buah delima, maka kedua pemicu disfungsi ereksi tersebut bakal bisa berkurang.

9. Mengurangi Kolesterol Jahat

Kandungan antioksidan dan polifenol pada buah delima yang tinggi, akan bisa membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat di dalam darah. Sebagaimana yang Sayurfriends ketahui, jumlah kolesterol jahat yang tak terkontrol dalam darah bisa berujung pada gangguan kesehatan, seperti strok dan penyakit jantung koroner.

10. Membantu Mengatasi Kanker Prostat

Pengonsumsian buah delima dipercaya bisa membantu mengatasi kanker prostat. Kandungan buah delima yang berupa ellagic acid, luteolin, dan punicic acid akan bisa membantu menghambat proses pertumbuhan sel kanker prostat tersebut. Jika begini, maka kesempatan pasien dengan kanker prostat untuk bisa bertahan akan makin bertambah.

11. Menstabilkan Tekanan Darah

Tingginya tekanan darah merupakan suatu kondisi yang harus dihindari karena bisa memicu gangguan kesehatan yang berbahaya, seperti strok. Kandungan buah delima dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi ini, sehingga membuatnya menjadi normal kembali. Baik tekanan sistolik maupun diastolic akan bisa dibantu untuk kembali normal.

12. Meningkatkan Kesuburan

Buah delima dipercaya bisa membantu meningkatkan kesuburan. Pada penelitian yang menggunakan tikus sebagai sampelnya, buah delima diketahui bisa meningkatkan kualitas sperma, konsentrasinya, berikut dengan menurunkan level sperma yang sifatnya abnormal. Penelitian pada manusia akan manfaatnya satu ini masih perlu dilakukan lebih dalam lagi.

Itulah tadi beberapa manfaat buah delima bagi kesehatan yang sangat bagus untuk Sayurfriends ketahui. Daging buah dari buah delima bisa Sayurfriends jadikan jus, untuk kemudian dikonsumsi agar bisa mendapatkan manfaat yang dimilikinya. Yuk jadikan kebiasaan mengonsumsi buah delima secara rutin agar manfaatnya bisa diperoleh dengan optimal.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox