12 Manfaat Asparagus, Kaya Antioksidan untuk Jaga Kesehatan

Asparagus bisa dibilang sebagai salah satu sayuran yang cukup mahal harganya. Kesan eksklusif sayuran hijau berbentuk batang panjang ini pun ditambah dengan seringnya sayur ini jadi bagian menu di resto mewah. Namun, dibalik harganya yang terbilang tinggi tersebut, terkandung nutrisi yang bagus efeknya bagi kesehatan tubuh. Simak manfaat asparagus tersebut di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-asparagus-595x335.jpg

1. Kaya Nutrisi Namun Rendah Kalori

Asparagus merupakan sayuran rendah kalori yang bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Dengan mengonsumsi asparagus, maka Sayurfriends bisa memperoleh nutrisi seperti kalori, protein, lemak, serat, vitamin C, A, K, E, folat, potasium, fosfor, serta mikronutrien seperti zat besi, zink, dan riboflavin. Kandungannya inilah yang kemudian membantu mencukupi nutrisi.

2. Jadi Sumber Antioksidan

Antioksidan merupakan senyawa yang berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari efek buruk yang dipicu oleh radikal bebas dan stres oksidatif. Paparan radikal bebas dan stres oksidatif akan bisa memicu penuaan dini pada kulit, peradangan kronis, hingga berbagai gangguan kesehatan, misalnya seperti kanker.

Asupan antioksidan tersebut bisa Sayurfriends peroleh dari asparagus. Adapun antioksidan yang dimiliki asparagus seperti vitamin C, E, flavonoid, dan polifenol. Kandungan antioksidannya ini diketahui bisa memberi efek berupa menurunkan atau menormalkan kembali tekanan darah yang tinggi, anti peradangan, antivirus dan antikanker.

3. Memelihara dan Meningkatkan Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat asparagus juga bisa dirasakan pada sistem pencernaan. Mengapa asparagus bisa memberikan efek bagus bagi sistem pencernaan? Alasannya adalah karena kandungan serat pangan pada asparagus yang sifatnya esensial bagi kesehatan sistem pencernaan. Pada ½ cup atau 90 gram asparagus, terkandung 1.8 gram serat yang bisa memenuhi 7 persen kebutuhan serat harian.

Kandungan serat tak larut pada asparagus yang cukup tinggi akan mendukung pergerakan usus. Sedangkan untuk serat larutnya yang terbilang cukup rendah, akan bisa larut dalam air dan membentuk senyawa seperti gel pada saluran pencernaan. Serat larutnya inilah yang kemudian menjadi makanan untuk bakteri baik di usus, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus.

Jumlah bakteri baik yang bertambah di usus, akan bisa membantu memperkuat sistem ium tubuh dan juga membantu proses produksi nutrisi esensial bagi tubuh seperti vitamin B12 dan K2. Jadi, gak hanya sebatas sistem pencernaan saja yang sehat, namun juga turut membantu aspek lain dalam rangka menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Membantu Jaga Kehamilan

Asparagus merupakan sayuran yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Pasalnya, asparagus merupakan salah satu sumber terbaik folat atau vitamin B9. Cukup dengan mengonsumsi sebanyak ½ cup atau 90 gram asparagus, orang dewasa bisa memperoleh 34 persen kebutuhan folat harian, sedangkan pada ibu hamil bisa mencukupi 22 persen kebutuhan folat hariannya.

Gak hanya sekadar mencukupi kebutuhan folat ibu hamil aja, folat yang merupakan nutrisi esensial akan bisa membantu membentuk sel darah merah dan memproduksi DNA untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Asupan folat yang cukup ini terutama sekali sangat penting di tahap awal kehamilan, untuk menjamin sehatnya perkembangan janin yang dikandung.

5. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah yang tinggi berpotensi menimbulkan efek yang gak main buruknya bagi tubuh, yakni meningkatnya risiko penyakit jantung dan strok. Salah satu cara untuk bisa menormalkan kembali tekanan darah yang tinggi ini adalah dengan meningkatkan asupan potasium, yang merupakan salah satu kandungan yang dimiliki oleh asparagus.

Asparagus merupakan salah satu sumber potasium terbaik. Sayurfriends bisa mencukupi sebanyak 6 persen kebutuhan potasium harian dengan mengonsumsi 90 gram asparagus. Asupan potasium yang diperoleh tubuh nantinya akan bekerja dengan cara menenangkan dinding pembuluh darah dan mengeluarkan garam berlebih melalui urin, agar tekanan darah bisa turun.

6. Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi Sayurfriends yang sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, asparagus bisa jadi salah satu menu diet terbaik. Potensi asparagus untuk menurunkan berat badan disebabkan oleh kandungan kalorinya yang rendah, kandungan seratnya yang tinggi, serta kandungan airnya yang melimpah. Deretan kandungannya inilah yang membuat sayur ini tepat untuk jadi menu diet.

7. Membantu Melawan Kanker

Manfaat asparagus yang juga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja adalah membantu melawan penyakit kanker. Asparagus merupakan salah satu sumber glutasi atau glutathione terbaik di luar sana. Glutasi ini tergolong sebagai antioksidan, yang bisa menghancurkan karsinogen dan senyawa berbahaya lainnya seperti radikal bebas yang bisa memicu penyakit kanker.

8. Memelihara Kesehatan Otak

Tahukah Sayurfriends kalau asparagus juga memiliki manfaat untuk memelihara kesehatan otak. Kandungan berupa vitamin B12 yang dimiliki oleh asparagus akan bisa membantu otak dalam mencegah terjadinya penurunan fungsi kognitif atau cognitive decline. Bagi Sayurfriends yang berusia 50 tahun ke atas, pengonsumsian makanan kaya akan B12 seperti asparagus ini begitu direkomendasikan.

9. Memberikan Efek Diuretik

Asparagus juga bermanfaat dalam hal memberikan efek diuretik bagi tubuh. Sayuran hijau satu ini memiliki kandungan asam amino asparagina yang cukup tinggi, di mana asam amino ini bekerja layaknya diuretik, obat yang bisa meningkatkan urinasi dan membantu tubuh mengeluarkan garam berlebih dari dalam tubuh.

10. Memelihara Kesehatan Sistem Reproduksi

Asparagus juga diketahui bisa membantu memelihara kesehatan sistem reproduksi. Asparagus hijau diketahui kaya akan protodioscin, yang mana kandungannya ini memberikan efek bagus pada sistem reproduksi wanita maupun pria. Kandungan berupa protodioscin inilah juga yang memicu rasa pahit pada asparagus.

Lantas, apa efek protodioscin yang dimiliki oleh asparagus ini bagi sistem reproduksi wanita dan pria? Pada wanita, senyawa ini bisa memelihara kesehatan ovarium, meningkatkan libido setelah menopause, serta membantu melawan sel kanker ovarium. Sedangkan pada pria, protodioscin bisa meningkatkan produksi testosteron, mengembalikan fungsi ereksi, serta meningkatkan libido.

11. Membantu Proses Penggumpalan Darah

Mengingat asparagus merupakan sayur yang kaya akan vitamin K, gak heran jika sayuran ini bisa turut membantu proses penggumpalan darah atau blood clotting. Kandungan berupa vitamin K yang dimilikinya akan membantu darah menggumpal dengan baik, serta mencegah terjadinya pendarahan yang gak terkontrol disebabkan karena tubuh mengalami defisiensi vitamin K.

12. Mengembalikan Mood

Sayurfriends yang sedang merasa mood.nya gak stabil atau cenderung murung dan marah-marah gak jelas, cobalah konsumsi asparagus. Asparagus merupakan sayuran yang kaya akan folat, di mana kandungannya satu ini akan bisa membantu meningkatkan semangat, serta menepis rasa sensitif yang memicu orang jadi mudah marah.

Itulah tadi 12 manfaat asparagus bagi kesehatan yang bisa Sayurfriends peroleh dengan rutin mengonsumsinya. Sayurfriends bisa sontek berbagai cara untuk mengolah sayur asparagus ini, agar sensasi rasa pahit yang dimilikinya bisa sedikit dinetralisir. Dengan demikian, maka Sayurfriends akan lebih merasa nikmat saat mengonsumsinya.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox