12 Buah Tropis Khas Indonesia, Sayurfriends Suka yang Mana?

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/buah-tropis-595x335.jpg

Salah satu daya tarik Indonesia bagi para turis mancanegara adalah buah-buahan tropis yang tumbuh subur di negeri ini. Cita rasanya yang kaya dan menyegarkan menjadi ciri dari buah tersebut. Saking banyaknya, mungkin ada beberapa buah tersebut yang belum pernah Sayurfriends coba. Penasaran apa saja buah tropis di Indonesia? Simak ulasannya di bawah ini, ya!

1. Salak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/salak-595x335.jpg

Jika bicara mengenai buah khas Indonesia, tentu saja salak gak bisa dilewatkan begitu saja. Salak merupakan buah dengan kulit yang begitu unik, karena tekstur kulitnya yang menyerupai kulit ular. Makanya, tak mengherankan jika nama buah ini dalam Bahasa Inggris adalah snake fruit. Kulit salak berwarna cokelat gelap, dengan daging buah yang memiliki rasa manis dan sedikit asam.

2. Mangga

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/mangga-595x335.jpg

Sama sekali gak sulit untuk menemukan buah mangga di Indonesia. Buah dengan warna kulit hijau atau kekuningan ini hampir bisa ditemukan setiap hari di pasar. Kombinasi manis dan asam daging buahnya, membuat siapa pun yang menyantap buah mangga ini bisa merasakan kesegarannya. Selain dikonsumsi langsung, mangga paling sering disantap dalam bentuk jus atau smoothie.

3. Matoa

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/matoa-595x335.jpg

Matoa merupakan buah tropis khas Indonesia yang berasal dari Papua. Buah ini memiliki ukuran sebesar buah rambutan, namun bentuk buahnya relatif lebih lonjong dan tak memiliki rambut seperti buah rambutan. Jika sudah matang, maka warna matoa akan menjadi merah keunguan, dengan daging buah yang menyerupai kelengkeng.

4. Cempedak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/cempedak-595x335.jpg

Sekilas terlihat sama dengan buah nangka, namun ternyata cempedak merupakan buah yang berbeda. Buah cempedak memiliki rasa yang sedikit lebih manis dibandingkan dengan buah nangka saat kondisinya sudah matang, serta memiliki aroma yang lebih harum. Tekstur buah cempedak ini sendiri menyerupai buah durian yang teksturnya lembut.

5. Nenas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/nenas-595x335.jpg

Sensasi nenas yang manis manis asam, merupakan salah satu alasan mengapa buah nenas ini terasa begitu menyegarkan. Buah satu ini memiliki tekstur kulit yang kasar dan memiliki duri yang tak begitu tajam. Semakin matang buah nenas, maka rasanya akan semakin manis, dan kandungan gulanya pun akan semakin meningkat. Nenas paling sering diolah menjadi asinan di Indonesia.

6. Belimbing

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/belimbing-595x335.jpg

Pohon belimbing merupakan salah satu jenis pohon yang dulunya banyak ditanam di pekarangan rumah masyarakat Indonesia. Dalam Bahasa Inggris, buah satu ini diberi julukan starfruit, karena memang bentuknya yang menyerupai bintang, apalagi jika sudah dipotong. Cita rasa buah belimbing sendiri merupakan kombinasi dari cita rasa manis dan asam.

7. Durian

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/durian-595x335.jpg

Siapa sih yang gak kenal dengan buah yang dijuluki sebagai ‘Raja Buah’ ini? Durian dengan rupanya yang kokoh, karena dikelilingi dengan duri yang tajam, memiliki rasa dan aroma yang sangat khas. Rasa dan aromanya yang begitu kuat ini membuat sebagian orang, khususnya yang berasal dari luar negeri, tidak begitu menyukai buah tropis satu ini.

8. Sirsak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/sirsak-595x335.jpg

Indonesia memang memiliki banyak buah yang memiliki kulit berduri, salah satu di antaranya adalah buah sirsak. Buah sirsak memiliki warna kulit hijau yang cerah, dengan daging buah berwarna putih dan teksturnya lunak. Saat mengonsumsinya, Sayurfriends bisa merasakan cita rasa asam yang kentara, meskipun juga ada rasa manis yang terasa.

9. Kelengkeng

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/lengkeng-595x335.jpg

Buah khas negara tropis seperti Indonesia selanjutnya adalah kelengkeng. Kelengkeng memiliki karakteristik berupa ukuran yang kecil, serta permukaan kulitnya yang bertekstur kasar dan biasanya dipenuhi bintil-bintil. Dibalik permukaan kulitnya yang kasar tersebut, ada buah dengan daging buah yang berwarna bening, mengeluarkan aroma khas dan memiliki cita rasa yang manis.

10. Sawo

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/sawo-1-595x335.jpg

Tekstur daging buah yang lembut dan cita rasa yang manis merupakan karakteristik utama dari buah sawo. Selain di Indonesia, buah ini juga banyak tumbuh di negara Amerika bagian tengah. Buah sawo umumnya memiliki bentuk bulat telur, warna kecokelatan, dengan permukaan kulit yang sedikit kasar. Warna daging buahnya pun hampir sama, dengan biji buah berwarna hitam.

11. Kelapa Muda

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/kelapa-muda-595x335.jpg

Saat sedang haus, memang paling enak meneguk air buah kelapa muda. Buah kelapa muda bisa dengan mudah ditemukan di banyak tempat wisata di Indonesia, khususnya yang berlokasi di pinggir pantai. Air kelapa muda kaya akan elektrolit, sehingga memang pas diminum untuk melepas rasa haus dan membuat tubuh jadi terhidrasi kembali.

12. Buah Naga

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/buah-naga-595x335.jpg

Buah naga merupakan salah satu buah khas Indonesia, yang begitu dikenal akan rupanya yang unik. Kulit buahnya yang menyerupai sisik naga inilah yang kemudian membuat buah ini dinamai sebagai buah naga. Selain dari warna ungu, ada juga buah naga yang memiliki warna kuning dan putih. Saat buah naga dipotong, terlihat bijinya yang berwarna hitam dan bisa untuk dikonsumsi.

Beli Aneka Buah Tropis dengan Harga Terjangkau di Sayurbox

Meskipun masih banyak ditanam di Indonesia, gak sedikit buah khas negara tropis tersebut yang sulit untuk didapatkan di sekitar kita. Namun, Sayurfriends jangan bingung untuk membelinya di mana, karena aneka buah tersebut bisa dipesan di Sayurbox. Gak hanya tersedia banyak pilihan buah tropis, namun harganya pun juga ramah di kantong, sehingga Sayurfriends bisa lebih hemat.

Itulah tadi aneka buah tropis yang bisa dengan mudah ditemukan di Indonesia. Beragamnya buah tropis ini merupakan gambaran, betapa beraneka ragamnya kekayaan yang dimiliki oleh tanah air tercinta ini. Nah, dari aneka buah yang disebutkan di atas, buah mana saja nih yang sudah pernah Sayurfriends coba memakannya?

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox