11 Rekomendasi Obat Asam Urat Alami, Bantu Redakan Rasa Nyeri

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/obat-asam-urat-595x335.jpg

Asam urat merupakan tipe artritis kompleks yang ditandai dengan rasa nyeri dan juga pembengkakan pada sendi. Ada berbagai penyebab asam urat ini yang dikemukakan, mulai dari obesitas, gangguan ginjal, serta kebiasaan mengonsumsi makanan yang memicu tingginya uric acid. Agar rasa nyerinya bisa mereda, Sayurfriends bisa coba obat asam urat alami berikut ini.

1. Air Putih

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/air-putih-595x335.jpg

Saat Sayurfriends merasa nyeri dan sendi yang membengkak disebabkan karena kambuhnya asam urat, coba konsumsi lebih banyak air putih. Asupan air putih yang meningkat akan bisa menstimulasi ginjal untuk melepaskan lebih banyak cairan berlebih, sehingga bengkak yang disebabkan oleh asam urat bisa mereda. Selain meredakan gejala asam urat, tubuh pun jadi terhidrasi.

2. Es Batu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/es-batu-595x335.jpg

Peradangan atau inflamasi yang disebabkan oleh asam urat bisa coba Sayurfriends redakan dengan menggunakan es batu. Bungkus es batu dengan kain, kemudian tempelkan pada sendi yang terasa nyeri akibat terjadinya peradangan tersebut. Sayurfriends bisa menempelkan es batu tersebut selama 20 hingga 30 menit, agar dinginnya es batu meredakan rasa nyeri asam urat tersebut.

3. Air Perasan Lemon

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/perasan-lemon-595x335.jpg

Air perasan lemon juga dipercaya bisa meredakan gejala yang ditimbulkan oleh asam urat. Beradasarkan penelitian, diketahui bahwa pengonsumsian 2 liter air yang telah dicampur dengan air perasan 2 buah lemon membantu mengurangi uric acid pada orang yang menderita asam urat. Dengan dinetralisirnya uric acid dalam tubuh, maka akan bisa meredakan asam urat tersebut.

4. Jahe

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/jahe-595x335.jpg

Sebuah penelitian menunjukkan kalau jahe yang diaplikasikan pada area sendi yang terasa nyeri akibat asam urat, membuat rasa nyeri tersebut berkurang. Caranya adalah dengan merebus air dengan 1 sendok jahe parut, kemudian air campurannya tersebut diaplikasikan menggunakan kain ke area yang terasa nyeri akibat asam urat secara rutin per harinya selama 15 hingga 30 menit.

Selain dengan mengaplikasikan air rebusan jahe pada area yang terasa nyeri akibat asam urat, Sayurfriends juga bisa konsumsi air rebusan jahe untuk meredakan gejalanya. Rebuslah 2 ruas jahe dengan air putih hingga mendidih, kemudian minum hingga 3 gelas per harinya. Jika ingin mengonsumsi lebih banyak lagi asupan jahe, lebih baik dikonsultasikan dulu dengan dokter.

5. Seledri

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/seledri-595x335.jpg

Tanaman seledri, berikut dengan bijinya, merupakan salah satu obat asam urat yang bisa dikonsumsi untuk meredakan gejala yang ditimbulkannya. Pengonsumsian seledri sendiri disebutkan bisa membantu meredakan rasa nyeri sendi akibat peradangan yang ditimbulkan oleh asam urat.

Sayurfriends bisa konsumsi langsung batang seledri, daun, biji, ataupun air rebusan dari seledri untuk meredakan peradangan akibat asam urat. Selain bisa digunakan untuk meredakan peradangan sendiri akibat asam urat, seledri juga akan bisa mengatasi gangguan saluran kemih. Selain dalam bentuk utuh, ada juga suplemen seledri yang bisa dikonsumsi.

6. Jelatang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/jelatang-595x335.jpg

Meskipun bisa bikin gatal saat kontak dengan permukaan kulit, namun ternyata tanaman jelatang dipercaya bisa membantu meredakan peradangan dan nyeri saat asam urat kambuh. Manfaat jelatang untuk meredakan gejala yang timbul saat asam urat kambuh ini didasarkan pada banyak pengobatan tradisional yang dilakukan, meskipun belum ada penelitian untuk membuktikannya.

Manfaat jelatang dalam meredakan gejala asam urat ini bisa disebut bisa diperoleh dengan merebus daun jelatang, lalu meminum air rebusannya. Seduh 1 hingga 2 sendok teh daun jelatang yang telah dikeringkan dalam segelas air panas. Minumlah air seduhan daun jelatang tersebut sebanyak 3 kali per hari untuk bisa merasakan efeknya.

7. Cuka Apel

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/cuka-apel-595x335.jpg

Cuka apel merupakan salah satu tipe cuka yang dibuat dengan mencampurkan apel yang telah dihaluskan dengan ragi, dan gula. Cuka satu ini kerap digunakan sebagai bahan makanan, salah satunya sebagai dressing untuk salad. Selain untuk menambah cita rasa makanan tersebut, cuka apel juga ternyata bisa berfungsi sebagai obat untuk asam urat.

Bagaimana bisa cuka apel meredakan gejala asam urat? Jawabannya adalah karena kandungan asam yang dimilikinya, yang bisa menghilangkan rasa nyeri dan meredakan peradangan. Sayurfriends cukup campurkan 1 sendok teh cuka apel ke dalam segelas air putih, lalu minum sebanyak 2 hingga 3 kali per harinya secara rutin.

8. Pisang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/pisang-1-595x335.jpg

Pisang dipercaya bisa membantu dalam meredakan gejala yang timbul saat asam urat kambuh. Hal ini disebabkan karena pisang kaya akan potasium, yang bisa membantu jaringan dan organ tubuh berfungsi dengan sebagaimana mestinya. Kandungan potasiumnya yang tinggi ini akan mengubah kristal uric acid di tubuh menjadi cairan, yang kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin.

9. Ceri

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/ceri-595x335.jpg

Ceri juga bisa dijadikan sebagai obat asam urat untuk meredakan gejala yang ditimbulkannya. Manfaat ceri untuk mencegah dan mengatasi asam urat ini sendiri sudah lama menjadi bahan penelitian. Ceri diketahui memiliki kandungan antosianin yang memiliki sifat antioksidan dan anti radang, sehingga bisa bermanfaat untuk meredakan gejala asam urat.

Kerja buah ceri dalam meredakan gejala yang ditimbulkan oleh asam urat adalah dengan menurunkan kadar uric acid di dalam tubuh. Saat kadar uric acid dalam tubuh sudah menurun, maka peradangan juga akan ikut mereda dan risiko serangan asam urat pun juga bisa ditekan. Jenis ceri yang paling sering dijadikan sebagai bahan penelitian tersebut adalah ceri tart. 

10. Produk Olahan Susu Rendah Lemak

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/susu-rendah-lemak-595x335.jpg

Produk olahan susu yang rendah lemak atau low-fat dairy disebutkan bisa mengurangi risiko seseorang mengalami asam urat, serta mencegah kambuhnya kembali asam urat tersebut. Produk olahan susu rendah lemak bisa menurunkan kadar uric acid dalam tubuh, serta memiliki kandungan bersifat anti radang, sehingga bisa meredakan peradangan saat kambuhnya asam urat.  

11. Nenas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/nanas-595x335.jpg

Nenas yang merupakan buah dengan cita rasa manis dan asam ini disebut juga bisa bermanfaat sebagai obat untuk asam urat. Beberapa kandungan nenas yang bisa membantu untuk menangani asam urat tersebut seperti bromelin, folat, vitamin C, dan serat. Kandungannya yang disebutkan tersebut bisa membantu meredakan nyeri asam urat, serta mencegah asam urat kambuh kembali.

Agar manfaat nenas untuk meredakan gejala asam urat bisa Sayurfriends peroleh dengan optimal, konsumsilah buah nenas secara rutin. Pastikan buah nenas yang dikonsumsi adalah buah nenas segar, yang gak dicampur dengan gula atau pun pemanis lainnya. Pastikan juga untuk menghindari minuman berperasa nenas, karena kandungannya sama sekali jauh berbeda dengan nenas asli.

Itulah tadi beberapa obat asam urat yang bisa Sayurfriends gunakan atau konsumsi untuk bisa meredakan gejala yang timbul saat asam urat kambuh. Meskipun gak bisa menyembuhkan, namun dengan meredanya rasa nyeri dan peradangan, akan bisa membuat tubuh terasa lebih nyaman. Jangan lupa juga untuk berkonsultasi dengan dokter, agar pengobatannya bisa lebih optimal.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox