Ini 11 Manfaat Yogurt yang Bisa Kamu Rasakan Jika Mengonsumsi Secara Rutin

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang diolah dengan cara fermentasi bakteri susu. Lactobacillus, kelas bakteri yang membantu, memfermentasi susu menjadi yogurt dan membantu proses pencernaan tubuh. Mereka juga melindungi usus dari serangan infeksi bakteri berbahaya. Bakteri semacam ini juga dikenal sebagai ‘kultur yogurt’, probiotik, atau bakteri ‘baik’, dan itu baik untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Yoghurt yang tidak diproses memiliki tekstur krim dan rasa asam. Yogurt dianggap sebagai makanan super karena dikemas dengan kalsium, protein, dan bakteri ‘baik’ aktif yang membantu menjaga kesehatan usus. Yuk, cari tahu ini 11 manfaat yogurt yang bisa kamu rasakan jika mengonsumsi secara rutin di sini.

Jenis-jenis Yogurt

·
Kefir: Ini adalah jenis minuman fermentasi dengan rasa asam
·
Rendah lemak dan non-lemak: Keduanya terbuat dari susu rendah lemak atau skim
·
Greek Youghurt: Telah disaring sampai semua whey dihilangkan dan konsistensi lebih tebal diperoleh
·
Yogurt bebas laktosa: Ini adalah jenis yogurt yang memiliki jumlah laktosa rendah atau tidak
·
Skyr: Ini adalah produk susu berbudaya Islandia dengan rasa ringan
·
Yogurt Beku: Ini adalah versi rendah lemak dari yogurt dan dikonsumsi sebagai pengganti makanan penutup karena lebih sehat
·
Yogurt Biasa: Ini juga disebut yogurt alami karena tidak ada aditif di dalamnya
·
Yogurt Vegan: Ini adalah yogurt yang terbuat dari susu non-susu seperti yogurt almond, yogurt kelapa, dll.

Ini manfaat yogurt yang bisa kamu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/04/yogurt-3018152_1920-595x397.jpg
Manfaat Yogurt yang Bisa Kamu Rasakan Jika Mengonsumsi Secara Rutin. (Foto: Pixabay)

1. Meningkatkan Pencernaan

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa manfaat utama yogurt adalah baik untuk kesehatan. Karena adanya strain bakteri aktif dalam yogurt, yang mudah dicerna. Faktanya, probiotik yang diproduksi oleh bakteri asam laktat hadir di dalamnya, membantu meringankan sembelit, diare, penyakit radang usus, dan bahkan infeksi oleh bakteri penyebab ulkus peptikum H. pylori, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker lambung.

2. Melindungi Kesehatan Tulang

Yogurt yang merupakan produk susu, terdiri dari kalsium, kalium, dan magnesium dalam dosis besar dan memiliki efek anti-inflamasi pada tubuh. Kalsium dan magnesium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Calcified Tissue International oleh mantan Ketua Masyarakat Osteoporosis Nasional Inggris Raya, Cyrus Cooper, dkk. Produk susu juga baik untuk orang yang menderita osteoporosis, radang sendi, dan rematik. Konsumsi kalsium yang cukup juga menurunkan risiko kejadian osteoporosis pada wanita menopause.

3. Mencegah Infeksi Vagina

Infeksi vagina akibat kandida biasanya diamati pada wanita pengidap diabetes. Konsumsi yogurt setiap hari menurunkan kadar pH saluran vagina dan mencegah infeksi kandida. Selain itu, penelitian tentang efek yogurt dan krim madu untuk kandidiasis vagina menunjukkan bahwa itu membantu meringankan gejala penyakit kandidiasis vagina.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Menjadi sumber probiotik yang kaya, yogurt dapat meningkatkan suasana hati dan fungsi kognitif, menurut sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of California. Sumber kalium yang kaya hadir dalam yogurt sangat penting untuk kesehatan saraf dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

5. Manajemen berat badan

Studi yang dikutip dalam International Journal of Obesity menunjukkan bahwa yogurt menambah kehilangan lemak dan mengurangi adipositas sentral selama pembatasan energi. Ini membantu kamu merasa kenyang, dan akibatnya kamu menghindari makan berlebihan. Ini tidak hanya membantu menjaga berat badan dalam kontrol tetapi juga mengurangi lemak perut.
Ingin mencoba manfaat yogurt ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli yogurt berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Mengobati Asma

Dengan sifat anti-inflamasi, yogurt dapat membantu meringankan gejala asma. Probiotik di dalamnya secara signifikan mengurangi kemungkinan serangan asma fatal pada penderita yang aktif secara fisik. Ini menurunkan gejala seperti sesak napas, batuk, dan pengetatan dada pada pasien asma.   

7. Meningkatkan Kekebalan

Strain bakteri probiotik yang ada dalam yogurt meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi timbulnya infeksi, penyakit radang, dan alergi. .9. Para ilmuwan mengatakan bahwa konsumsi teratur dapat mengaktifkan sel T (limfosit T adalah kelompok sel darah putih yang memainkan peran utama pada kekebalan) dan membantu kamumelawan penyakit dengan sistem kekebalan yang lebih kuat.

8. Menurunkan Hipertensi

Asupan teratur yogurt telah terbukti menurunkan hipertensi dengan mengurangi reabsorpsi natrium. Oleh karena itu, dalam sebuah penelitian menyimpulkan, bahwa memasukkan produk olahan susu seperti yogurt ke dalam diet sehat jantung adalah titik fokus penting untuk mendapatkan manfaat tekanan darah.

9. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Studi yang dilakukan oleh berbagai lembaga menunjukkan penurunan kadar kolesterol LDL serum (kolestrol jahat) ketika seseorang secara teratur mengonsumsi yogurt. Dengan demikian, jika kamu mengkonsumsi harian yogurt ini dapat mengurangi penyakit kardiovaskular.

10. Pemulihan pasca olahraga

Mengkonsumsi Greek yoghurt pasca olahraga membantu pemulihan yang lebih baik. Jika kamu memiliki segelas air dengan Greek yoghurt dapat menjadikan tingkat penyerapan air juga meningkat.

11. Perawatan Kulit & Rambut

Tak hanya bermanfaat bagi kesehata tubuh kamu, yogurt juga membawa manfaat bagi rambut dan kulitmu. Yoghurt yang padat nutrisi, merupakan sumber protein, kalsium, magnesium, vitamin B-12 dan asam lemak esensial yang kaya dan karenanya aplikasi yogurt topikal dapat bermanfaat bagi kulit dan rambut. Tidak hanya itu, yogurt mengandung asam laktat yang mengelupas kulit dengan lembut untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran untuk memperbaiki penampilan kulit. 
Aplikasi yogurt topikal telah terbukti mengurangi jerawat dan ruam kulit. Ini juga memberikan cahaya yang sehat dengan mengurangi bintik hitam dan menutup pori-pori. Probiotik yang ada dalam yogurt meningkatkan fungsi sawar kulit untuk meningkatkan kesehatan kulit. Ini juga merangsang folikel rambut untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat, selain itu ini dapat menenangkan kulit kepala yang gatal dan mengobati ketombe.
Jadi, apakha kamu tertarik untuk mencoba manfaat yogurt ini? Kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli yogurt berkualitas di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg