Ini 11 Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi yang Perlu Ibu Tahu

Ketika berkaitan dengan pemilihan produk perawatan untuk bayi, kamu tidak ingin salah. Pasalnya bayi masih sangat sensitif dan lembut sehingga kamu harus berhati-hati dalam memilih produk perawatan yang tepat. Selain itu, bayi dan anak-anak rentan terhadap kondisi dan masalah kulit. Namun, beberapa produk yang dibuat khusus untuk bayi pun masih ada yang menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa menimbulkan iritasi atau alergi. Inilah sebabnya mengapa satu produk alami yang paling baik dalam merawat kondisi kulit pada banyak bayi dan membuat kulitnya lembut dan sehat adalah minyak kelapa. Yuk, simak ini 11 manfaat minyak kelapa untuk bayi yang perlu ibu tahu, di sini.

Ini manfaat minyak kelapa untuk bayi yang perlu ibu tahu

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/food-3062139_1920-595x397.jpg
Manfaat minyak kelapa untuk bayi yang perlu ibu tahu. (Foto: Pixabay)

1.Minyak Kelapa untuk Pijat Bayi

Pijat tubuh yang baik dapat menenangkan bayi yang menangis dan rewel, dan yang terpenting, membantu mereka tidur. Menggunakan minyak kelapa untuk pijatan adalah pilihan yang baik, karena memiliki sifat antibakteri dan mudah diserap ke dalam kulit. Pastikan kamu menggunakan minyak kelapa berkualitas baik.

2. Membantu meredakan eksim

Eksim adalah kondisi kulit di mana kulit menjadi sangat kering dan gatal. Ini biasa terjadi pada bayi tetapi biasanya lama kelamaan akan menghilang seiring pertumbuhannya. Menggunakan minyak kelapa untuk eksim bayi dapat menenangkan kekeringan dan memberikan kelembaban. Pijat bayi kamu sebelum bayi tidur untuk kelembaban yang cukup. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri, dan kamu akan melihat kondisinya membaik dengan penggunaan reguler.

3. Mendukung pertumbuhan rambut

Apakah minyak kelapa baik untuk rambut bayi? Tidak banyak dari kita yang sadar bahwa minyak kelapa kaya akan asam lemak rantai menengah. Jenis asam lemak ini memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, yang menyehatkan kulit kepala dan membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut. Minyak kelapa juga tinggi asam laurat. Properti ini membantu mencegah kehilangan protein dari rambut. Minyak kelapa, ketika dipijat sebelum waktu mandi, membantu mengisi kembali kelembaban kulit dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

4. Membantu mengatasi ruam popok

Sebagian besar bayi menderita ruam popok karena penyerapan urin dan kualitas popok. Sifat pelembab dan antijamur dari minyak kelapa membantu mencegah terjadinya dan menyebarnya ruam popok. Minyak kelapa juga bisa menjadi obat yang efektif untuk Candida Albicans, yang menyebabkan infeksi jamur. Minyak kelapa bertindak sebagai penghalang antara popok yang kotor dan kulit. Oleskan lapisan minyak pada area popok bayi setiap kali kamu menggantinya. Pijat dengan lembut pantat bayi dan lipatan kulitnya.

5. Membuat kulit bayi tetap lembap

Minyak kelapa kaya akan vitamin dan lemak sehat dan berfungsi sebagai pelembap alami untuk kulit. Oleskan sedikit minyak pada kulit kering bayi dan pijat sampai meresap.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Mengatasi jerawat pada kulit bayi

Bayi terkadang mengalami benjolan merah berukuran kecil atau jerawat, yang bisa bengkak atau menyebabkan gatal. Benjolan seperti itu bisa berupa jerawat, dan jika disentuh, ada kemungkinan infeksi. Minyak kelapa untuk jerawat bayi adalah obat yang telah dicoba dan diuji. Asam laurat dalam kelapa membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga mencegah jaringan parut setelah kondisinya hilang. Gosokkan minyak kelapa sedikit di antara jari-jarimu untuk menghangatkannya sebelum dioleskan pada area kult bayi yang berjerawat.

7. Sebagai sumber lemak dan kalori yang baik untuk bayi

Ada beberapa manfaat menambahkan minyak kelapa ke makanan bayi kamu. Minyak kelapa adalah sumber lemak dan kalori yang baik untuk bayi kamu dan dianggap aman untuk dikonsumsi. Jika kamu khawatir menggunakannya, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukannya. Kamu dapat menggunakan minyak kelapa untuk memasak, seperti minyak lainnya.

8. Membantu melancarkan sembelit

Minyak kelapa bersifat hypoallergenic dan mengandung asam laurat yang memudahkan pencernaan dan meredakan sembelit pada bayi. Kamu bisa mencampurkan setengah sendok teh minyak kelapa murni dalam sarapan bayi kamu, tetapi pastikan bayi mengonsumsi cukup cairan untuk mendorong buang air besar. Kamu bahkan dapat mengoleskan minyak ke dalam perineum (area antara anus dan skrotum) dan biarkan semalaman.
1.
Berguna untuk mengobati crandle crap
Kebanyakan bayi baru lahir mengalami cradle crap atau kulit kepala kering. Kondisi ini biasanya disebabkan karena perubahan hormon menjelang akhir kehamilan dan ditandai dengan kulit kepala yang keriput yang terlihat seperti ketombe. Kondisi ini juga dikenal sebagai dermatitis seboroik atau sebore. Khasiat antibakteri dari minyak kelapa sangat membantu dalam menyembuhkan ini.
Setelah kamu mengoleskan minyak pada kulit kepala, biarkan selama 20 menit. Kemudian, bersihkan serpihan menggunakan sikat bayi berbulu lembut. Setelah serpihan lepas, kamu bisa mencuci minyak dengan air.

10. Melembapkan bibir bayi yang pecah-pecah

Bibir yang pecah-pecah dan kering bisa menyakitkan bagi bayi dan menyulitkan proses menyusui. Kondisi ini dapat diperburuk jika bayi terus-menerus menjilat bibirnya untuk mengurangi rasa sakit. Celupkan jari kamu ke dalam minyak dan oleskan di bibir bayi dan area di sekitarnya. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat maksimal dari minyak kelapa untuk bayi, pastikan kamu menggunakan minyak kelapa organik, bukan versi olahan.

11. Meredakan sakit ketika gigi mau tumbuh

Saat bayi menginjak usia 4 sampai 6 bulan, giginya akan mulai tumbuh. Biasanya gigi bayi yang mau tumbuh akan menyebabkan berbagai gejala seperti gusi yang terasa nyeri dan gatal. Hal ini bisa membuat bayi menjadi uring-uringan dan rewel. Jadi, segera atasi dengan minyak kelapa yang dioleskan perlahan pada gusi bayi kamu.
Sekarang kamu telah memahami manfaat minyak kelapa untuk bayi, kamu dapat melihat rekomendasi dan membeli minyak kelapa serta berbagai jenis bahan makanan berkualitas lainnya di Sayurbox. Tunggu apalagi? Yuk, cek produknya sekarang!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg