Selain Mencerahkan Kulit, Ini 11 Manfaat Masker Beras untuk Wajah

Beras adalah salah satu makanan pokok yang begitu populer di kalangan orang Asia, khususnya di Indonesia. Pun begitu, beras ternyata tak hanya bermanfaat untuk kepentingan perut saja, melainkan juga untuk kepentingan kecantikan kulit wajah. Sayurfriends bisa gunakan beras sebagai bahan masker. Penasaran apa saja manfaat masker beras ini? Simak ulasannya berikut ini, ya!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/manfaat-masker-beras-595x335.jpg

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat utama dari masker beras ini adalah untuk menjaga kelembapan, serta mengontrol minyak di kulit wajah. Bagi Sayurfriends yang memiliki kulit wajah normal dan cenderung berminyak, menggunakan masker beras diyakini mampu untuk membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

2. Membersihkan Wajah Secara Maksimal

Bagi Sayurfriends yang memiliki kulit wajah sensitif, pastinya Sayurfriends memerlukan perawatan ekstra untuk menjaganya agar tetap sehat. Pasalnya, debu dan kotoran dapat membuat wajah jerawatan, bahkan bisa memicu terjadinya peradangan. Agar wajah bisa bersih maksimal, tidak ada salahnya Sayurfriends mencoba untuk menggunakan masker beras untuk wajah.
Beras sendiri diyakini dapat berperan aktif sebagai agen eksfoliasi alami untuk wajah. Scrub beras juga ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati, serta sisa debu dan kotoran yang menempel di wajah. Hasilnya, kulit wajah Sayurfriends pun akan bisa terlihat lebih bersih dan cerah.

3. Meremajakan Kulit

Manfaat masker beras setiap hari selanjutnya adalah untuk membuat kulit wajah bisa lebih kencang dan kenyal. Selenium yang merupakan salah satu kandungannya, diyakini bermanfaat sebagai antiinflamasi dan bisa membantu mempertahankan elastisitas kulit wajah. Selain itu, beras juga mampu meningkatkan produksi kolagen, yang pastinya bisa menjaga elastisitas kulit wajah.

4. Menjaga Kecerahan Kulit

Siapa yang tidak ingin punya wajah cerah dan glowing? Nah, manfaat masker beras lainnya yaitu untuk menjaga kecerahan kulit wajah. Salah satu kandungannya yang disebut gamma-oryzanol, diyakini mampu mengontrol melanin pada kulit. Pasalnya, zat ini juga kerap digunakan pada produk-produk pelindung kulit seperti pada tabir surya.

5. Sebagai Antioksidan Alami

Selain faktor dari dalam tubuh, faktor udara dan kebersihan sekitar juga bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikan wajah, loh. Apalagi paparan sinar UV, polusi udara, dan radikal bebas yang menyebar tanpa Sayurfriends sadari. Kondisi ini pastinya bisa menyebabkan berbagai masalah kulit, seperti gejala penuaan, kulit menjadi sensitif, bahkan timbulnya jerawat dan komedo.
Jika sudah begini, pastinya akan bisa mengurangi kepercayaan diri kamu. Dengan memanfaatkan beras sebagai masker, maka antioksidan yang terkandung di dalamnya akan berperan sebagai pelindung kulit dan mencegah terjadinya kerusakan sel-sel pada kulit wajah. Kulit wajah Sayurfriends pun akan jadi lebih sehat dan terlindungi.

6. Mengecilkan Pori-Pori

Pori-pori yang membesar tentu tak hanya mengganggu penampilan wajah saja, namun juga membuat debu dan kotoran jadi lebih mudah masuk. Akibatnya, wajah pun jadi lebih mudah berkomedo dan berjerawat. Jika sudah begini, maka kulit wajah pun akan terlihat kusam dan kurang bercahaya.
Masalah lain yang muncul, yaitu ketika Sayurfriends menggunakan make up. Apabila pori-pori wajah Sayurfriends tergolong besar, maka make up akan lebih mudah luntur. Hal ini dikarenakan pada pemilik pori-pori besar, umumnya juga memiliki masalah minyak yang berlebih. Dengan menggunakan masker beras secara teratur, maka akan bisa membantu memperkecil pori-pori wajah.

7. Menghilangkan Flek Hitam

Selanjutnya, masker beras juga ampuh untuk mengatasi munculnya flek hitam di wajah. Flek hitam sendiri bisa muncul karena berbagai faktor. Salah satu faktornya yang paling umum, yaitu paparan langsung sinar matahari ke area wajah. Selain dengan menggunakan krim tabir surya, Sayurfriends bisa jadikan juga masker beras sebagai solusi alternatifnya.

8. Mengencangkan Kulit

Kulit wajah yang kencang tentunya menjadi idaman setiap wanita. Seiring dengan bertambahnya usia, maka produksi kolagen dalam tubuh juga akan menurun. Hal itu tentu akan mempengaruhi elastisitas kulit wajah. Namun, jangan khawatir! Masker beras ternyata juga bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah.

9. Menghilangkan Jerawat

Jerawat yang muncul pastinya bisa mengganggu penampilan seseorang. Selain itu, tak jarang jerawat juga terasa sakit dan perih. Agar bisa mengatasi jerawat ini, Sayurfriends bisa mengombinasikan beras dengan madu dan minyak zaitun saat mampraktikkan cara membuat masker beras nanti. Selain untuk jerawat, masker beras ini juga akan membantu mengangkat komedo.

10. Memutihkan Kulit

Selain bisa membantu menjaga keelastisitasan kulit, masker beras juga memiliki manfaat untuk pemutih kulit alami. Agar bisa mendapatkan kulit wajah yang putih, gunakanlah masker beras ini secara rutin dan teratur. Sayurfriends bisa mengaplikasikan masker beras ini di wajah sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu.

11. Membuat Kulit Menjadi Lebih Halus

Bagi Sayurfriends yang ingin memiliki kulit yang halus, maka bisa mencoba menggunakan masker beras. Kandungan vitamin yang dimilikinya, seperti vitamin B dan E, akan bisa membantu menghaluskan kulit tanpa menimbulkan efek samping. Agar hasilnya lebih maksimal, Sayurfriends bisa mencampurnya dengan bahan alami lainnya seperti madu dan minyak zaitun.
Beras tak hanya bisa mengenyangkan saja, melainkan juga bisa diandalkan untuk melindungi dan mempercantik kulit wajah. Dengan menggunakan masker beras, maka Sayurfriends akan bisa merasakan deretan manfaat masker beras seperti yang disebutkan sebelumnya. Agar hasilnya bisa optimal, pastikan untuk rutin menggunakannya, ya!