Wajib Tahu, Ini 11 Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatanmu

Jambu kristal merupakan salah satu jenis jambu yang memiliki biji lebih sedikit, namun tekstur buahnya lebih renyah. Meskipun keberadaannya dikenal luas, namun banyak juga yang belum tahu manfaat sepenuhnya buah yang satu ini. Tidak hanya kaya akan vitamin C, jambu kristal juga dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi sehingga baik untuk menjaga sistem pencernaan. Jambu kristal terdiri dari dua jenis, yaitu yang daging buahnya berwarna merah dan yang satunya berwarna putih. Dari segi gizi dan kandungan, keduanya tidak jauh berbeda. Perbedaan antara keduanya hanya terletak pada warna daging buahnya saja. Nah, untuk kamu yang belum tahu apa saja manfaat buah yang satu ini, berikut ini adalah 11 manfaat jambu kristal untuk kesehatanmu.

Manfaat jambu kristal untuk kesehatan

Apa saja manfaat dari jambu kristal? Simak 11 manfaat jambu kristal untuk kesehatan berikut ini!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/10/guava-537060_1920-595x397.jpg

Manfaat Jambu Kristal untuk Kesehatanmu. (Foto: Pixabay)

1. Baik untuk sistem pencernaan

Jambu kristal dikenal baik untuk menjaga dan memperlancar sistem pencernaan. Hal ini tidak lain karena kandungan serat dalam buah ini terbilang tinggi. Bahkan, rutin mengonsumsi jambu kristal bisa memenuhi kebutuhan serat harian kamu.

Tercukupinya serat harian dalam tubuh, tentu membuat pergerakan usus dalam mencerna makanan lebih mudah. Dengan begitu, masalah pencernaan seperti sembelit bisa teratasi. Tidak hanya buahnya saja, daun jambu kristal yang memiliki efek antimikroba juga baik untuk mengatasi masalah diare.

2. Sebagai sumber antioksidan

Antioksidan memiliki peran penting bagi tubuh. Salah satunya sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas bisa mempercepat proses penuaan dini pada kulit. Bahkan, jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, efeknya bisa memicu berbagai penyakit mematikan, seperti kanker dan penyakit kronis lain.

3. Mengobati dan mencegah sariawan

Sama halnya seperti jeruk, jambu kristal juga dikenal kaya akan vitamin C. Kandungan ini memiliki manfaat penting dalam mengobati dan mencegah terjadinya sariawan. Bahkan, vitamin C dalam jambu kristal memiliki kandungan lebih banyak hingga dua kali lipat dibanding buah jeruk.

4. Meredakan flu

Tidak banyak yang tahu, ternyata jambu kristal memiliki manfaat sebagai pereda flu. Sifat antimikroba dalam buah ini berperan penting dalam melawan virus yang menjadi penyebab flu. Kandungan penting lainnya seperti vitamin C dan antioksidan juga berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh. Dengan terjaganya sistem imun dalam tubuh, maka tubuh lebih mudah melawan serangan virus yang bisa mengganggu kesehatan tubuh.

5. Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, jambu kristal juga memiliki manfaat yang baik untuk mata. Kandungan vitamin A yang ada di dalamnya dikenal mampu menjaga mata tetap sehat dari gangguan penglihatan seperti rabun jauh, rabun dekat, silindris, hingga rabun ayam. Dalam setiap 100 gramnya, jambu kristal mampu menyuplai hingga 21% kebutuhan harian vitamin A.

Ingin merasakan manfaat jambu kristal? Kamu bisa membeli jambu kristal segar di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang!

6. Menjaga sistem kerja dan kesehatan jantung

Tidak hanya mampu menekan radikal bebas, jambu kristal juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini tidak lain karena kandungan kalium dan serat larutnya yang tinggi.

Penelitian lainnya juga menyatakan jika buah ini mampu membantu menurunkan kolesterol jahat dan tekanan darah seseorang. Seperti yang kamu ketahui, kedua hal tersebut merupakan salah satu faktor pemicu terjadi penyakit jantung yang paling umum.

7. Membantu menurunkan berat badan

Selain nikmat dijadikan buah pencuci mulut, jambu kristal juga bisa menjadi camilan sehat, khususnya bagi kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Kandungan seratnya yang tinggi, namun nilai kalorinya yang rendah, membuat buah ini aman dan cocok dijadikan camilan sehat saat diet.

8. Menjaga kesehatan kulit

Kulit yang sehat tentu menjadi dambaan semua wanita. Salah satu cara menjaga kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga asupan vitamin E dan antioksidan dalam tubuh tetap tercukupi. Kedua kandungan ini bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsi jambu kristal setiap hari.

Di sisi lain, kandungan vitamin E juga berperan dalam pembentukan kolagen, yaitu protein penting yang membantu pembentukan struktur dan menjaga elastisitas kulit. Tidak hanya itu saja, kedua kandungan tersebut juga berperan sebagai penjaga kelembapan kulit.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi pada jambu kristal juga membuat buah ini baik dikonsumsi sebagai peningkat imunitas, yaitu sistem kekebalan tubuh terhadap serangan infeksi. Dengan meningkatnya imunitas, maka tubuh lebih siap dalam melawan patogen atau serangan virus penyebab penyakit.

10. Baik dikonsumsi untuk ibu hamil

Di masa kehamilan, tentu para calon ibu wajib menjaga asupan dan nutrisi penting dalam tubuhnya. Salah satu manfaat jambu kristal yaitu sebagai sumber folat, yaitu kandungan yang mampu mencegah bayi mengalami masalah cacat saraf dan otak saat lahir nanti.

11. Membuat rasa kenyang lebih lama

Karena kandungan karbohidrat dan potasium pada jambu kristal tergolong tinggi, tentu bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Tidak hanya kedua kandungan tersebut, tingginya kandungan lain seperti protein dan serat juga memiliki manfaat yang tidak jauh berbeda. Karena hal itu pulalah yang membuat buah ini kerap direkomendasikan sebagai salah satu camilan diet yang baik.

Itulah 11 manfaat jambu kristal untuk kesehatanmu. Ternyata banyak sekali ya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari buah yang satu ini. Tidak hanya sekadar menjaga sistem pencernaan, buah ini pun mampu menjadi solusi alami dalam mencegah risiko kanker. Jika ingin merasakan manfaatnya, kamu bisa membeli buah jambu kristal ini di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!

(Siti Kamilla)

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox