11 Manfaat Jagung, Tak Hanya Bikin Kenyang tapi Juga Sehat

Jagung dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat yang bisa menggantikan nasi dalam kehidupan sehari-hari. Selain mengenyangkan dan rasanya enak, jagung ternyata punya banyak sekali manfaat Manfaat jagung bisa dirasakan langsung oleh tubuh jika dikonsumsi secara rutin setiap hari dengan cara yang tepat. Berikut ini beberapa manfaat jagung yang penting untuk Sayurfriends ketahui.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/08/manfaat-jagung-595x335.jpg

1. Memelihara Kesehatan Tulang

Jagung ternyata menjadi salah satu jenis bahan makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan tulang. Di dalam 100 g jagung diketahui terdapat kandungan 500 mg fosfor. Angka ini ternyata hampir memenuhi kebutuhan fosfor harian pada orang dewasa.

Seperti diketahui bahwa fosfor itu sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh khususnya tulang. Nutrisi ini bisa membantu memelihara kepadatan tulang dan gigi. Konsumsi jagung secara rutin tentu saja akan membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat meskipun usia semakin bertambah. Tidak heran jika anak-anak sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan ini.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Jagung juga diketahui efektif menjaga kesehatan saluran pencernaan. Di dalam jagung terdapat kandungan serat yang sangat bagus untuk saluran cerna. Tidak hanya bisa mengenyangkan, tapi jagung juga bisa merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.

Konsumsi jagung juga sangat disarankan bagi penderita sembelit. Risiko terjadinya wasir bisa diminimalkan dengan konsumsi jagung secara rutin. Lebih dari itu, ternyata jagung juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker usus besar.

3. Memberikan Energi bagi Tubuh

Sebagai sumber karbohidrat alami, jagung memang sangat efektif untuk menambah energi bagi tubuh. Tidak heran jika banyak orang memilih untuk mengonsumsi jagung di pagi hari sebelum beraktivitas. Kandungan karbohidrat kompleks pada jagung sangat efektif untuk memberikan sensasi rasa kenyang lebih lama dan menjadi sumber energi bagi tubuh.

Karbohidrat kompleks pada jagung ini ternyata membutuhkan waktu lama untuk dicerna oleh tubuh. Proses pencernaan yang berlangsung lama ini ternyata menguntungkan bagi tubuh. Sangat direkomendasikan bagi orang-orang yang sedang berdiet dan mengurangi asupan kalori.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kandungan serat dalam jagung ternyata tidak hanya bisa memberikan energi dan rasa kenyang lebih lama. Serat tersebut juga terbukti efektif membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jadi bukan hal yang aneh jika jagung sangat direkomendasikan bagi orang-orang dengan kadar kolesterol tinggi.

Seperti diketahui bahwa kolesterol ini menjadi salah satu musuh besar bagi tubuh manusia. Jika kadarnya sudah melewati batas normal maka ada banyak risiko penyakit yang bisa dihadapi oleh tubuh. Mulai dari serangan jantung sampai stroke. Itulah mengapa harus benar-benar dijaga agar kadar kolesterol tetap normal. Salah satunya dengan mengonsumsi jagung secara rutin.

5. Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal

Manfaat jagung berikutnya adalah menjaga tekanan darah supaya selalu berada di angka normal. Jagung ini mengandung mineral kalium dan magnesium yang sangat baik mengendalikan tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan antioksidan dalam jagung juga ikut berperan menjaga tekanan darah agar tetap di angka normal.

Bagi penderita hipertensi, konsumsi jagung sangat direkomendasikan demi mengembalikan tekanan darah jadi normal. Namun, pastikan untuk mengonsumsi jagung dengan tepat, tanpa tambahan garam. Asupan garam justru bisa meningkatkan tekanan darah dan tidak bagus bagi penderita hipertensi.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Bukan hanya wortel, jagung ternyata juga bagus untuk kesehatan mata. Jagung memiliki kandungan antioksidan bernama zeaxanthin dan lutein. Keduanya dikenal sebagai zat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Jika sejak kecil terbiasa senang makan jagung maka kondisi mata akan selalu terjaga.

Ada juga beberapa penelitian yang sudah membuktikan bahwa konsumsi jagung secara rutin ternyata bisa mengurangi risiko penyakit mata akibat penuaan. Misalnya saja seperti penyakit degenerasi makula. Bahkan konsumsi jagung juga efektif membantu menurunkan risiko terjadinya katarak.

7. Melawan Radikal Bebas

Salah satu manfaat jagung yang bisa dirasakan oleh tubuh dalam jangka panjang adalah melawan radikal bebas. Jagung ini merupakan jenis bahan makanan alami yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. Antioksidan itu sendiri sangat efektif bekerja melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh lewat berbagai cara.

Konsumsi jagung secara rutin akan efektif melawan radikal bebas dalam tubuh. Hasilnya, tubuh jadi lebih sehat untuk jangka waktu yang panjang. Risiko berbagai jenis penyakit juga bisa menurun. Bahkan untuk risiko penyakit yang bisa terjadi di masa tua sekalipun.

8. Mencegah Bayi Cacat Lahir

Konsumsi jagung sangat direkomendasikan bagi ibu hamil. Janin di dalam kandungan membutuhkan asupan nutrisi lengkap demi membantu proses perkembangan dan pertumbuhan berjalan optimal. Salah satunya bisa didapatkan lewat jagung yang ternyata mengandung asam folat cukup tinggi.

Asam folat adalah jenis zat yang sangat dibutuhkan oleh bayi sejak berada di dalam janin. Asam folat ini bisa membantu mencegah risiko spina bifida dan malformasi syaraf. Jika dikonsumsi secara rutin, maka jagung ini akan bekerja efektif menurunkan risiko bayi cacat lahir.

9. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jagung lainnya yaitu bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi jagung secara rutin ternyata bisa bekerja efektif memelihara dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak heran jika anak-anak sangat disarankan untuk mengonsumsi bahan makanan yang satu ini.

Jagung diketahui mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan dalam membentuk dan memelihara sistem kekebalan tubuh. Anak-anak yang rajin mengonsumsi jagung diketahui memiliki potensi lebih rendah untuk sakit. Mereka bisa tumbuh dengan sehat dan optimal berkat daya tahan tubuh yang terjaga.

10. Memelihara Kesehatan Kulit

Bagi kaum wanita, cobalah untuk mengonsumsi jagung secara rutin dan rasakan efeknya bagi kulit. Jagung diketahui mengandung vitamin C yang bisa merangsang produksi kolagen di kulit. Selain itu kandungan antioksidan dalam jagung juga bisa mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet.

Konsumsi jagung bisa membantu kulit tetap sehat dan jauh lebih kuat. Selain menggunakan produk perawatan kulit dari luar, coba bantu juga dengan nutrisi dari dalam. Salah satunya dengan mengonsumsi jagung yang ternyata begitu bermanfaat bagi kulit.

11. Meningkatkan Daya Ingat

Jagung ternyata juga bisa membantu mempertajam daya ingat pada seseorang. Jagung diketahui punya kandungan vitamin B1 dan tiamin yang bisa menjaga kesehatan sel-sel-sel otak. Itulah mengapa anak-anak yang rajin mengonsumsi jagung akan lebih mudah fokus dan berpikir di sekolah.

Berdasarkan manfaat ini, jagung diketahui bias mencegah penyakit alzheimer. Alzheimer itu sendiri merupakan jenis penyakit yang ditandai dengan menurunnya daya ingat. Biasa juga disebut sebagai penyakit pikun dimana daya ingat seseorang akan menurun secara drastis. Itulah mengapa konsumsi jagung sangat disarankan bagi semua jenjang usia demi mencegah penyakit tersebut.

Manfaat jagung ternyata begitu beragam. Sayurfriends bisa menemukan jagung dengan mudah. Penyajiannya pun sangat mudah, bisa direbus biasa atau diolah menjadi kreasi aneka jenis menu yang lezat. Jagung juga punya rasa yang manis sehingga sangat mudah untuk dikonsumsi terutama oleh anak-anak

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox