11 Manfaat Daun Binahong, Cepat Sembuhkan Luka Hingga Cegah Diabetes

Ada banyak tumbuhan obat yang punya segudang khasiat bagi tubuh, salah satunya adalah binahong. Binahong yang memiliki nama latin Anredera cordifolia ini kerap dimanfaatkan daunnya untuk mempercepat penyembuhan luka, bahkan hingga memelihara kecantikan. Yuk cari tahu manfaat daun binahong lainnya untuk kesehatan lewat ulasan di bawah ini.

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/10/manfaat-daun-binahong-595x335.jpg

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat dari daun binahong yang paling dikenal adalah mempercepat penyembuhan luka. Kemampuan daun binahong dalam mempercepat sembuhnya luka ini adalah karena adanya kandungan saponin dan flavonoid yang dimilikinya. Saponin akan bekerja sebagai antiseptik sehingga bisa membersihkan luka dan flavonoid bekerja untuk mencegah terjadinya peradangan.

Adanya kandungannya tersebut akan bisa mencegah makin parahnya kondisi luka, serta mempercepat pulihnya jaringan kulit yang mengalami kerusakan. Sayurfriends bisa memanfaatkan daun binahong untuk menyembuhkan luka dengan cara menghaluskannya, lalu mengaplikasikannya pada luka di permukaan kulit.

2. Membantu Pengobatan Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes ditandai dengan tingginya kadar gula darah. Pada penderita diabetes, organ pankreasnya tidak bisa memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan. Padahal, hormon insulin ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mengendalikan kadar gula dalam darah. Akibatnya, gula atau glukosa ini pun mengalami penumpukan dalam darah.

Manfaat daun binahong sendiri dalam pengobatan penyakit diabetes ini sendiri disebabkan karena adanya senyawa flavonoid, saponin, dan alkaloid yang dimilikinya. Senyawa-senyawa tersebut disebut memiliki cara kerja yang mirip dengan insulin dalam mengatur kadar gula dalam darah. Agar manfaatnya ini bisa diperoleh, penderita diabetes biasanya meminum air rebusan daun binahong.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu pemicu timbulnya penyakit jantung adalah tingginya kadar kolesterol dalam darah. Saat jumlah kolesterol terlalu banyak, maka kolesterol akan menumpuk di dinding pembuluh arteri. Akibatnya, pembuluh arteri bisa mengalami penyempitan, sehingga aliran darah ke otot jantung jadi melambat atau tersumbat. Kondisi inilah yang kemudian memicu serangan jantung.

Daun binahong membantu menurunkan risiko penyakit jantung melalui senyawa flavonoid yang dikandungnya. Senyawa flavonoid ini disebut bisa membantu menurunkan kadar kolesterol berlebihan, dengan cara menyingkirkan kolesterol yang menumpuk pada dinding pembuluh darah. Alhasil, alirah darah pun akan tetap bisa mengalir dengan lancar tanpa hambatan.

4. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah untuk meningkatkan fungsi ginjal. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan percobaan, ekstrak daun binahong diketahui berkhasiat untuk meningkatkan fungsi ginjal dengan cara menurunkan level serum kreatinin. Serum kreatinin ini sendiri saat tinggi levelnya menandakan kalau fungsi ginjal dalam tubuh sedang menurun.

5. Meredakan Peradangan dan Gatal

Daun binahong juga dikenal akan manfaatnya untuk meredakan gatal di permukaan kulit yang diakibatkan oleh peradangan. Berdasarkan penelitian, ditemukan kalau ekstrak daun binahong memberikan efek antiinflamasi yang lebih rendah dibanding asam mefenamat, yang merupakan obat dengan efek antiradang.

Kemampuan daun binahong dalam meredakan peradangan dan gatal ini disebabkan karena adanya kandungan senyawa flavonoid, asam ursolat, dan asam oleanolik yang dimilikinya. Pemanfaatan daun binahong untuk meredakan gatal akibat peradangan ini biasanya dilakukan dengan cara meminum air rebusan daun binahong tersebut.

6. Memelihara Kesehatan Rambut

Tahukah Sayurfriends kalau daun binahong juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan rambut? Daun binahong bisa bermanfaat untuk kesehatan rambut disebabkan karena adanya kandungan vitamin E yang dimilikinya. Asupan vitamin E ini diketahui bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke akar-akar rambut.

Dengan meningkatnya aliran darah ke akar-akar rambut, maka nutrisi yang dibutuhkan pun bisa mengalir secara optimal ke folikel rambut, sehingga pertumbuhan rambut pun bisa optimal. Sayurfriends bisa rasakan manfaat daun binahong untuk kesehatan rambut ini dengan cara menghaluskannya, kemudian menjadikannya sebagai masker rambut.

7. Membantu Pengobatan Asam Urat

Asam urat merupakan kondisi yang ditandai dengan tingginya kadar asam urat di dalam darah. Penderita asam urat umumnya mengalami gejala seperti timbulnya rasa nyeri hingga bengkak di persendian. Saat asam urat yang diderita sedang kambuh, biasanya rasa gak nyaman yang ditimbulkannya akan berlangsung lama, serta berpotensi menyerang bagian sendi lainnya.

Daun binahong dengan kandungannya yang memiliki sifat anti peradangan, merupakan salah satu tanaman obat yang kerap digunakan dalam pengobatan asam urat ini. Seperti yang disebutkan sebelumnya, daun binahong memiliki kandungan berupa senyawa flavonoid, yang bisa menghambat pembentukan asam urat, serta mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat.

8. Mempercepat Sembuhnya Jerawat

Jerawat merupakan salah satu musuh utama kulit wajah. Tumbuhnya jerawat bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti produksi minyak berlebih, penumpukan sel kulit mati, hingga banyaknya kotoran yang menempel di permukaan kulit wajah. Jerawat juga bisa mengalami infeksi, yang kemudian membuatnya jadi bernanah dan bisa meninggalkan bekas di permukaan kulit.

Daun binahong diketahui bisa bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya jerawat, serta mempercepat jerawat mengering. Kandungan antioksidan berupa senyawa flavonoid yang dimilikinya, akan bisa membantu mencegah jerawat meradang, sehingga jerawat lebih cepat kempes. Selain itu, perannya sebagai antibakteri juga bakal bisa membunuh bakteri penyebab jerawat.

Bagi Sayurfriends yang ingin memanfaatkan daun binahong untuk mencegah dan mempercepat keringnya jerawat, caranya terbilang cukup mudah kok. Ambil beberapa lembar daun binahong, kemudian haluskan dan jadikan sebagai masker wajah. Selain itu, Sayurfriends juga bisa meminum air rebusannya secara rutin hingga jerawat di kulit wajah mereda.

9. Mengencangkan Kulit Wajah

Kulit wajah yang kencang merupakan impian dari setiap orang, khususnya kaum wanita. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit yang kencang dan hilangnya kerutan adalah dengan menggunakan daun binahong. Sayurfriends bisa haluskan daun binahong, lalu campurkan dengan sedikit madu, untuk dijadikan masker wajah agar kulit menjadi kencang.

10. Menghilangkan Komedo

Khasiat daun binahong untuk kecantikan gak hanya sebatas untuk mengatasi jerawat dan mengencangkan kulit wajah aja, namun juga bisa untuk menghilangkan komedo. Sayurfriends yang selama ini merasa gak nyaman dan kurang percaya diri karena adanya komedo, bisa gunakan air rebusan daun binahong sebagai air cuci muka, agar bisa membasmi komedo.

11. Membantu Pengobatan Penyakit TBC

Daun binahong juga disebut bisa membantu pengobatan penyakit TBC. Potensinya sebagai obat penyakit TBC dikemukakan dari hasil penelitian yang dimuat pada Journal of Applied Pharmaceutical Science. Hasil penelitian menunjukkan kalau ada 2 senyawa aktif dalam ekstrak daun binahong, yakni asam oleanolik dan asam ursolik, yang dapat meningkatkan efek obat TBC generik.

Itulah tadi setidaknya 11 manfaat daun binahong untuk kesehatan dan kecantikan. Sayurfriends bisa peroleh manfaat dari daun binahong tersebut dengan berbagai cara, mulai dengan mengonsumsi air rebusan daun binahong tersebut, hingga menghaluskannya untuk kemudian diaplikasikan ke permukaan tubuh atau wajah. Yuk manfaatkan daun binahong untuk hidup sehat.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2023, Sayurbox