Kaya Vitamin C, Ini 11 Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Kategori
Buah naga merupakan salah satu buah yang sangat bergizi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan bayi. Maka tidak heran, jika buah naga sering digunakan sebagai makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi. Buah naga kaya akan vitamin C, zat besi, kalsium, serta mineral lainnya. Buah naga kini semakin mudah ditemukan, mulai dari pasar tradisional, supermarket, hingga penjual buah di pinggir jalan. Harganya pun relatif murah. Lalu, apa saja manfaatnya untuk kesehatan khususnya untuk bayi? Simak 11 manfaat buah naga untuk bayi berikut ini.

Ini manfaat buah naga untuk bayi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/heather-ford-1wheUKVAvd0-unsplash-595x397.jpg
Manfaat Buah Naga Kaya akan Vitamin C untuk Bayi. (Foto: Pixabay)

1. Kaya akan antioksidan

Manfaat buah naga untuk bayi yang pertama yaitu kaya akan antioksidan yang dapat melindungi dan membantu menghindari tubuh bayi dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Antioksidan dalam buah naga juga berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh si kecil dan melindunginya dari serangan penyakit umum.

2. Melindungi jantung bayi

Buah naga juga memiliki nutrisi yang mampu melindungi kesehatan jantung bayi. Kandungan vitamin dan juga mineral di dalamnya dapat melindungi dan memperkuat jantung bayi. Dengan jantung yang sehat, si kecil pun akan tumbuh dengan optimal.

3. Mengandung banyak serat

Buah naga juga mengandung serat yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan si kecil. Pencernaan yang sehat tentu akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya sembelit.
Manfaat serat dalam buah naga juga memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah dan membantu si kecil untuk meningkatkan berat badan secara sehat.

4. Kaya akan vitamin C

Bayi juga membutuhkan vitamin C agar memiliki pertumbuhan yang sehat. Semakin banyak vitamin C yang dikonsumsi, maka semakin besar pula kemungkinan bayi akan tumbuh dan berkembang dengan baik.
Buah naga juga kaya akan kandungan vitamin C yang dibutuhkan oleh bayi. Vitamin C dalam buah naga juga dibutuhkan dalam perkembangan tulang, otot, dan gigi bayi.
Selain itu, vitamin C juga dapat membantu perkembangan pembuluh darah si kecil yang sedang tumbuh. Ditambah lagi, vitamin C di dalam buah naga juga bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh bayi.

5. Membuat tulang bayi lebih kuat

Buah naga kaya akan kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan potassium. Potassium bersama senyawa flavonoid dan fenolik lainnya dapat membantu si kecil dalam membangun tulang yang kuat.
Buah naga juga kaya akan kalsium dan fosfor. Fosfor yang dikombinasikan dengan senyawa fenolik dan flavonoid dapat membantu membentuk kepadatan tulang yang baik pada bayi serta membuatnya lebih kuat.
Ingin mencoba manfaat buah naga untuk bayi? Yuk, beli buah naga segar untuk si kecil di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Kaya akan vitamin A

Selain vitamin C, vitamin A yang dimiliki oleh buah naga juga diperlukan bayi untuk membuat matanya lebih sehat dan mengembangkan penglihatannya. Kandungan vitamin A yang terdapat dalam buah naga juga akan membantu kulit si kecil tetap sehat sekaligus membantu anak terhindar dari berbagai macam serangan infeksi.

7. Kaya akan kandungan zat besi

Buah naga juga bisa meningkatkan jumlah sel darah merah karena kaya akan zat besi. Kandungan zat besi dalam buah naga dapat mencegah anemia dan gangguan perkembangan lainnya pada bayi. Selain itu, kandungan zat besi juga penting dalam meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

8. Baik untuk menjaga sistem saraf bayi

Buah naga kaya akan kandungan potassium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf bayi. Selain itu, kandungan kalsium, sodium, dan fosfor dalam buah naga juga berfungsi untuk menjaga sistem saraf si kecil, sehingga bayi dapat mengembangkan keterampilan motorik dan sensoriknya dengan baik.

9. Baik untuk ginjal bayi

Kemampuan detoksifikasi yang dimiliki oleh buah naga dapat membantu si kecil terhindar dari serangan berbagai jenis racun. Dalam hal ini, buah naga berperan penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan ginjal dari elemen racun dan menjaga saluran kemih bayi tetap sehat. Hal ini tentunya dapat membantu menjaga sistem urin bayi agar tetap dapat berfungsi dengan sehat.

10. Membantu menghilangkan toksin dari tubuh

Bayi biasanya memiliki resistensi yang lebih rendah terhadap zat berbahaya dan dapat lebih mudah terinfeksi oleh mikroorganisme dibanding orang dewasa. Kita sebagai orang tua harus memastikan bahwa si kecil tidak bersentuhan dengan mikroorganisme yang menghasilkan racun.
Namun, jika sudah terlambat, buah naga bisa menjadi solusi terbaik. Buah naga dapat membantu menghilangkan racun dan zat berbahaya lainnya dalam tubuh melalui hati. Hal ini dikarenakan buah naga mengandung banyak antioksidan.

11. Membantu mencegah obesitas

Walaupun buah naga memiliki rasa yang cukup manis, ternyata kandungan gula yang dimilikinya sangat rendah. Jadi, kamu tidak perlu khawatir si kecil akan menjadi gemuk di masa depan. Namun ingat, seperti makanan bayi lainnya, buah naga harus dikonsumsi dalam porsi yang lebih kecil.
Nah, itulah deretan manfaat buah naga untuk bayi. Jadi, tidak usah ragu untuk mengolahnya menjadi makanan bayi. Jika kamu tertarik untuk membeli buah naga, kamu bisa mencarinya di Sayurbox. Sayurbox menyediakan buah naga terbaik untuk si kecil. Yuk, cek produknya sekarang juga! 
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg