Saat ke Jakarta, Kamu Wajib Coba 11 Makanan Khas Betawi Ini

Setiap daerah di Indonesia tentunya memiliki makanan khas masing-masing. Begitu pula dengan Jakarta. Ada banyak sekali makanan khas Jakarta (Betawi) yang wajib kamu coba karena cita rasanya yang unik dan pastinya akan membuat kamu ketagihan. Betawi adalah salah satu suku asli Jakarta yang memiliki beragam adat dan budaya. Selain itu, Betawi juga memiliki beragam makanan khas yang terkenal akan kelezatannya. Makanan khas Betawi dikenal memiliki rasa yang autentik dengan sentuhan bumbu rempah-rempah yang nikmat. Apa saja makanan khas Betawi yang sudah terkenal akan kelezatannya tersebut? Langsung saja, berikut ini adalah 11 makanan khas Betawi yang terkenal nikmat dan wajib kamu coba saat berkunjung ke Jakarta.

Makanan khas Betawi yang wajib kamu coba

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/09/pexels-tom-fisk-2126389-595x332.jpg
Makanan khas Betawi yang wajib di coba saat ke Jakarta. (Foto: Pixabay)

1. Kerak Telor

Siapa yang tidak mengenal makanan khas Betawi yang satu ini? Makanan khas Betawi yang pertama akan kita bahas yaitu kerak telor. Bahan utama dari kerak telor adalah nasi yang dicampur dengan telur dan aneka bumbu lainnya. Telur yang digunakan pun ada dua jenis, yaitu telur ayam atau telur bebek.
Cara membuat kerak telor adalah dengan cara dipanggang di atas kuali yang di bawahnya menggunakan tungku arang. Setelah matang, kerak telor bisa disajikan dengan ditaburi oleh bawang goreng dan juga serundeng.

2. Soto Betawi

Selanjutnya, ada pula soto Betawi. Makanan khas Betawi yang satu ini pastinya sudah sering kamu coba. Karena selain banyak dijual di pinggir jalan, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.
Makanan khas Betawi Jakarta yang satu ini memang sudah cukup populer dan tidak sulit menemukannya. Pada dasarnya, soto Betawi tidak jauh berbeda dengan soto lainnya yang ada di Indonesia. Namun, salah satu ciri khas soto Betawi yaitu adanya aneka jeroan sapi, mata, torpedo sapi, serta emping. Sedangkan kuahnya adalah campuran santan dan juga susu yang ditambahkan dengan berbagai macam bumbu lainnya.

3. Asinan Betawi

Siapa yang tidak tahu dengan makanan khas Betawi yang satu ini. Asinan Betawi menawarkan cita rasa yang segar dan isinya terdiri dari berbagai jenis sayuran seperti kol, kubis, sawi, selada, serta taoge yang diasinkan.
Asinan ini dibuat dengan teknik pengacaran, yaitu diasinkan menggunakan garam, lalu diberi cuka agar terasa asam. Dengan menggunakan kedua bahan tersebut, membuat asinan ini menjadi awet dan memiliki cita rasa yang menyegarkan.

4. Roti Buaya

Roti buaya merupakan makanan khas Betawi yang biasanya muncul di acara pernikahan tradisional orang Betawi. Buaya merupakan simbol dari kesetiaan orang Betawi karena buaya hanya kawin sekali, maka dari itu dipercaya menjadi lambang kesetiaan. Saat ini, roti buaya sudah mengalami beberapa perubahan, dimana roti yang dulunya tidak memiliki rasa, kini memiliki isian berupa aneka macam selai.

5. Laksa Betawi

Makanan khas Betawi ini memiliki rasa yang gurih dan manis, serta berisi mie yang dimasak dengan kuah kuning dari udang rebon. Laksa yang satu ini akan semakin nikmat jika dimakan bersama ketupat, taoge, telur, dan kucai.
Jika dilihat dari penampilannya, laksa Betawi mirip dengan soto Betawi, hanya saja isinya yang berbeda. Isi dari Laksa Betawi adalah bihun, daun kemangi, telur, perkedel, dan daun kucai. Sedangkan soto Betawi berisi aneka jeroan sapi.
Ingin mencoba makanan khas Betawi ini? Kamu juga bisa lho membuat makanan khas Betawi sendiri di rumah, yuk, beli bahan-bahan untuk membuatnya di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg

6. Soto Tangkar

Soto tangkar juga merupakan makanan khas Betawi yang berisi iga dan dimasak dengan menggunakan rempah-rempah. Biasanya, sate tangkar disajikan dengan emping dan sambal.
Istilah tangkar sendiri merupakan sebutan untuk iga sapi dalam bahasa Betawi. Untuk isinya, selain iga juga terdapat aneka daging serta jeroan. Kuahnya menggunakan santan yang dipadukan dengan aneka rempah dan ditambahkan cabai, sehingga warnanya menjadi merah, namun terasa pekat, kental, dan gurih.

7. Sayur Babanci

Makanan khas Betawi selanjutnya yaitu sayur babanci. Sayur yang satu ini biasanya disajikan saat buka puasa dan pada hari Lebaran. Disebut dengan sayur babanci, karena jenis sayuran yang dimasukkan, bercampur baur dengan jenis sayuran lainnya. Kuliner khas Betawi ini paling enak jika dikonsumsi bersama lontong.

8. Selendang Mayang

Apakah kamu pernah mencoba makanan khas Betawi yang satu ini? Selendang mayang terbuat dari bahan dasar tepung beras dan tepung hunkwe. Biasanya, selendang mayang disajikan dengan siraman sirup gula jawa, kuah santan, dan es serut. Adonan kue di dalamnya terasa seperti agar-agar dengan warna-warni menarik. Rasanya pun sangat enak dan segar sehingga cocok untuk melepas dahaga.

9. Kue Rangi

Makanan khas Betawai yang terkenal lezat ini terbuat dari campuran tepung kanji atau tepung sagu yang dipanggang dengan kelapa parut menggunakan cetakan khusus. Biasanya, orang-orang memasak kue ini di tungku kecil. Setelah matang, kue ini diberi olesan gula merah yang kental dan legit. Kamu bisa menemukan makanan yang satu ini di berbagai sudut kota Jakarta.

10. Kembang Goyang

Kembang goyang adalah makanan khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, gula, telur, dan minyak goreng. Disebutkembang goyang karena proses pembuatannya yang bisa dibilang unik, yaitu dengan cetakan berbentuk bunga yang digoyang-goyangkan hingga adonannya lepas. Makanan khas Betawi yang satu ini cocok untuk disantap sebagai camilan yang gurih dan lezat. Kamu bisa menemukan makanan ini di berbagai toko oleh-oleh terdekat.

11. Kue Pancong

Tahukah kamu bahwa kue pancong juga merupakanan makanan khas dari Betawi? Kue pancong terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan kelapa parut kasar. Kue ini dibuat dengan cara dicetak dalam sebuah cetakan berbentuk setengah lingkaran, lalu dibakar di atas api hingga matang. Biasanya, kue pancong disajikan dengan taburan gula pasir di atasnya untuk menambah rasa manis.
Itulah 11 makanan khas Betawi yang terkenal nikmat dan wajib kamu coba saat berkunjung ke Jakarta. Kalau kamu belum sempat datang ke Jakarta, kamu juga bisa kok membuat makanan-makanan khas Betawi di rumah. Temukan bahan-bahan untuk membuat makanan kuliner khas Betawi tersebut di Sayurbox. Cek produknya sekarang, ya!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/08/Banner-Blog-595x335-595x335.jpg
(Siti Kamilla)