11 Kegunaan Bawang Putih untuk Kesehatan yang Sudah Teruji

Bawang putih adalah tanaman dari jenis genus allium ini punya banyak kandungan alami yang berguna untuk tubuh manusia. Biasanya bawang putih digunakan untuk pelengkap bumbu masakan agar terasa lebih gurih. Namun, kegunaan bawang putih tenyata tidak hanya sekedar penambah rasa pada makanan. Berdasarkan penelitian, bawang putih juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Kamu mungkin sering mengonsumsi bawang putih, tetapi pasti belum memahami apa saja manfaat bawang putih untuk tubuh, bukan? Supaya bisa mendapatkan manfaatnya yang optimal, yuk, cari tahu ini 11 kegunaan bawang putih untuk kesehatan yang sudah teruji.

Ini kegunaan bawang putih untuk kesehatan yang sudah teruji

1.

Mencegah penumpukan lemak penyebab obesitas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/garlic-1171146_1920-595x396.jpg
Mencegah penumpukan lemak penyebab obesitas. (Foto: Pixabay)
Saat obesitas biasanya terjadi penumpukan lemak yang tidak sehat untuk tubuh. Pada tahap ini terjadi perubahan pre-adiposit menjadi sel adipocytes (sel-sel lemak) yang kemudian disebut sebagai sistem inflamasi. Kandungan pada bawang putih yang berupa zat vinylidithiin dapat menghambat proses inflamasi tesebut, sehingga mencegah penumpukan lemak pada tubuh. Untuk mencegah obesitas, coba rutin mengonsumsi bawang putih. Kandungan anti-inflamasi pada bawang putih berfungsi untuk mengatur serta mencegah penumpukan lemak pada tubuh.
1.

Membantu mengatasi gangguan pencernaan karena bakteri

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/garlic-1336883_1920-1-595x394.jpg
Membantu mengatasi gangguan pencernaan karena bakteri. (Foto: Pixabay)
Gangguan pada pencernaan biasanya disebabkan oleh bakteri. Untuk mengatasi masalah pencernaan, kamu bisa memanfaatkan bawang putih. Tumbuhan yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu masakan ini telah lama dikenal baik untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.
Kamu bisa coba dengan menambahkan potongan bawang putih pada salad atau makanan lainnya. Kandungan anti bakteri pada bawang putih akan langsung beraksi membunuh bakteri penyebab gangguan pencernaan.
1.

Meredakan rasa nyeri dan sakit gigi

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/garlic-1726810_1920-595x397.jpg
Meredakan rasa nyeri dan sakit gigi. (Foto: Pixabay)
Saat sakit gigi seluruh bagian mulut rasanya menjadi nyeri tak tertahankan. Kondisi tersebut biasanya disebabkan karena adanya pembusukan gigi yang terjadi ketika pulpa gigi mengalami peradangan.
Tak hanya itu, tumpukan nanah akibat infeksi akteri yang terjadi di dasar gigi dan gusi juga menjadi penyebab utama timbulnya sakit gigi. Kandungan zat analgesik pada bawang putih berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri penyebab sakit gigi, sehingga meringankan rasa nyeri yang terjadi.
1.

Membantu membuang racun dan menangkal radikal bebas

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/garlic-2097759_1920-595x398.jpg
Membantu membuang racun dan menangkal radikal bebas. (Foto: Pixabay)
Bawang putih mengandung antioksidan berguna untuk membantu membuang racun yang ada di dalam tubuh. Selain itu, antioksidan di dalam bawang putih juga berguna untuk menangkal radikal bebas. Disamping itu, kegunaan bawang juga bermanfaat untuk merawat kesehatan kulit. Kandungan antioksidan pada bawang putih dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan menjaga kulit agar tetap tampak awet muda.
1.

Menyembuhkan pilek dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/garlic-545223_1920-1-595x383.jpg
Menyembuhkan pilek dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. (Foto: Pixabay)
Musim hujan dan perubahan cuaca yang ektrem dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, tubuh mudah terserang flu dan pilek. Kegunaan bawang putih yang sangat berguna saat musim hujan seperti sekarang ini adalah mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Selain itu, senyawa allicin yang ada di dalam bawang putih terbukti ampuh untuk membunuh kuman penyebab flu dan pilek. Konsumsi bawang putih secara rutin untuk mencegah flu dan pilik.
Ingin merasakan manfaat bawang putih? Yuk, beli bawang putih di Sayurbox, sekarang! Selain itu, cari tahu juga enam kegunaan bawang putih lainnya di bawah ini.
1.

Membantu mengontrol tekanan darah

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/garlic-3164849_1920-595x394.jpg
Membantu mengontrol tekanan darah. (Foto: Pixabay)
Tekanan darah tinggi dapat memicu berbagai penyakit, mulai dari sakit jantung hingga stroke. Untuk mencegahnya, kamu perlu mengatur pola makan sedini mungkin dengan mengonsumsi makan yang sehat dan bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah bawang putih.
Bawang putih telah lama dikenal efektif untuk menurunkan tekanan darah. Kegunaan bawang putih ini bisa kamu rasakan lebih efektif dengan cara mengunyah langsung bawang putih mentah. Pasalnya, cara ini membuat kandungan allicin pada bawang putih lebih mudah diserap oleh tubuh.
1.

Mencegah penyakit alzheimer dan demensia

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/wooden-3220984_1920-595x397.jpg
Mencegah penyakit alzheimer dan demensia. (Foto: Pixabay)
Turunan karbohidrat pada bawan putih dikenal sebagai FruArg. Senyawa ini berguna untuk melindungi sel-sel otak dari penuaan dan berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, bawang putih sangat berguna untuk melindungi sel-sel otak dengan membuatnya lebih kebal terhadap penyakit neurologis, sehingga mencegah penyakit alzheimer dan demensia.
1.

Menguatkan kesehatan tulang

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/garlic-959931_1280-1-595x436.jpg
Menguatkan kesehatan tulang. (Foto: Pixabay)
Selain kaya akan kandungan allicin, bawah putih juga memiliki kandungan flavonoid. Kandungan tersebut adalah komponen gizi yang baik untuk menjaga dan menguatkan kesehatan tulang. Cara kerja flavonoid yaitu dengan meningkatkan pembentukan tulang dan memperlambat proses pengeroposan mineral tulang. Kegunaan bawah putih ini lah yang paling efektif untuk menghambat proses pengeroposan tulang.
1.

Bermanfaat untuk membunuh kuman penyebab jerawat

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/garlic-3185163_1920-1-595x394.jpg
Bermanfaat untuk membunuh kuman penyebab jerawat. (Foto: Pixabay)
Kuman dan bakteri yang menempel pada wajah adalah salah satu sumber utama timbulnya jerawat. Jika tidak segera diatasi, penyebaran kuman dapan membuat kulit yang berjerawat semakin iritasi. Kegunaan bawang putih yang juga bisa kamu rasakan pada kehidupan sehari-hari yaitu membantu untuk membunuh kuman penyebab jerawat. Sifat antibakteri, antijamur, dan antiseptik yang dimiliki bawang putih sangat efektif untuk membunuh kuman penyebab jerawat.
1.

Mengatasi kerontokan dan mencegah kebotakan rambut

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2019/12/garlic-1039563_1920-1-595x318.jpg
Mengatasi kerontokan dan mencegah kebotakan rambut. (Foto: Pixabay)
Tidak hanya berguna untuk kesehatan organ dalam tubuh dan kulit, kegunaan bawang putih juga bermanfaat untuk rambut. Bawang putih mampu mendorong pertumbuhan rambut. Oleskan minyak bawang putih pada kulit kepala untuk mengatasi kerontokan dan mencegah kebotakan rambut.
Jadi, kegunaan bawang putih mana yang sudah pernah kamu rasakan? Yuk, beli bawang putih di Sayurbox!