Ini 10 Tips Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Sibuk

Aktivitas dan mobilitas yang tinggi kerap membuat masyarakat di kota besar kurang mempedulikan pola makan sehat dan gaya hidup mereka. Walaupun mungkin saat ini kamu terlihat sehat-sehat saja, bukan berarti kamu akan terbebas dari berbagai masalah kesehatan. Gaya hidup masyarakat modern yang cenderung acuh, bisa menjadi awal munculnya berbagai masalah tersebut. Apalagi, jika kamu termasuk orang yang jarang berolahraga dan memiliki kebiasaan tidur larut malam.
Selain gaya hidup, pola makan sembarangan dan minim gizi juga menjadi salah satu penyebab masalah kesehatan masyarakat perkotaan. Nah, untuk kamu yang memang memiliki aktivitas yang luar biasa padat, berikut ini adalah 10 tips pola makan sehat untuk kamu yang sibuk.

Ini tips pola makan sehat untuk kamu yang sibuk

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/salad-2756467_1920-595x397.jpg
Tips Pola Makan Sehat untuk Kamu yang Sibuk. (Foto: Pixabay)

1. Banyak minum air putih

Banyak masyarakat perkotaan yang kurang peduli terhadap hal ini. Tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan ginjal, konsumsi air putih yang cukup juga bisa menghindari terjadinya dehidrasi pada tubuh. Konsumsi air putih haruslah sesuai dengan anjuran pola hidup sehat, yaitu paling tidak sebanyak 8 gelas sehari.
Dengan terpenuhinya cairan dalam tubuh, maka pencernaan, stamina, dan konsentrasi akan lebih terjaga. Kamu pun akan lebih maksimal saat bekerja. Sebagai tambahan, pastikan juga kamu telah meminum air putih 20 menit sebelum dan 60 menit sesudah makan.

2. Tidak mengonsumsi kopi lebih dari dua cangkir setiap harinya

Jika kamu termasuk pecinta kopi, maka konsumsilah kopi secukupnya atau tidak melebihi dua cangkir setiap harinya. Mengonsumsi kopi yang berlebihan dapat membebani organ hati dan bisa menyebabkan dehidrasi. Seperti yang kita ketahui, hati berfungsi untuk membersihkan racun tubuh. Jika fungsi hati terganggu, maka tubuh akan rentan terhadap masalah kesehatan.

3. Teratur dan disiplin menerapkan pola makan

Salah satu penyebab timbulnya penyakit maag adalah pola makan yang tidak teratur dan terlambat. Mengatur pola makan merupakan salah satu pola hidup sehat yang sebenarnya penting namun sering dianggap sepele.
Nah, salah satu menerapkan disiplin dalam pola makan yaitu dengan menerapkan pola makan yang tidak berlebihan, makan makanan yang sehat, serta membatasi makan malam, yaitu tidak mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat di atas pukul 18.00. Jika memang terpaksa harus mengonsumsi karbohidrat saat makan malam, berilah jeda setidaknya 3 jam sebelum tidur.

4. Tetap lupa sarapan, walaupun hanya sedikit

Masih berhubungan dengan disiplin dalam pola makan sebelumnya, terkadang banyak yang melupakan sarapan dengan alasan sibuk. Padahal, untuk memulai aktivitas dan kegiatan sehari-hari yang super sibuk, sarapan merupakan sumber utama kamu untuk mendapatkan energi dan konsentrasi selama menjalankan aktivitas nanti. Artinya, agar energi terjaga, harus sarapan dengan jumlah yang banyak, dong?
Jawabannya, tidak perlu. Kamu cukup mengonsumsi makan dalam jumlah yang cukup. Yang terpenting, sarapan yang kamu konsumsi harus bisa memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari, seperti cukup protein, karbohidrat, atau serat.

5. Pesan makanan sehat untuk makan siang

Jika memang kamu tidak sempat untuk memasak atau persediaan makanan sedang habis, membeli makanan atau catering sehat bisa menjadi solusi. Tapi ingat, tidak hanya sekadar membeli atau memesan makanan saja, kamu juga harus memerhatikan kandungan gizi pada makanan yang akan kamu pesan nanti. Kurangi makan berbahan santan dan makanan yang digoreng.
Ingin mencoba pola makan sehat? Kamu bisa membeli stok sayur dan buah-buahan segar di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Jauhi makanan berkemasan atau makanan cepat saji

Masih menyangkut pembahasan selanjutnya, hindari makanan yang mengandung banyak bahan kimia. Umumnya, makanan ini adalah jenis makanan kemasan ataupun makanan cepat saji. Pada makanan kemasan, penggunaan bahan kimia seperti pengawet, pewarna, penyedap rasa, pengenyal, dan bahan-bahan lainnya kerap digunakan. Jika memungkinkan, kamu bisa membawa bekal dari rumah.

7. Ganti camilan kemasan dengan camilan sehat

Siapa, sih, yang tidak suka ngemil? Camilan kemasan umumnya mengandung bahan kimia sebagai pengawet dan pemanisnya. Tentunya, hal tersebut tidak baik untuk kesehatan kamu. Kamu bisa menggantinya dengan camilan sehat atau mencoba membawa camilan sendiri, misalnya saja potongan buah atau kacang-kacangan.

8. Konsumsi banyak buah dan sayur

Buah dan sayuran merupakan sumber gizi alami terbaik. Untuk itu, perbanyaklah buah dan sayur dalam setiap menu makanan yang kamu konsumsi. Pilihlah buah dengan kandungan serat tinggi seperti pisang, apel, pir, jeruk, dan pepaya. Sedangkan sayur, kamu bisa memilih jenis sayuran hijau misalkan bayam, brokoli, atau kangkung. Tidak hanya sebagai lauk dan pencuci mulut, buah-buahan dan salad juga cocok untuk kamu jadikan camilan.

9. Jauhi makanan yang digoreng

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan yang diolah dengan cara digoreng bisa memberi efek yang kurang baik bagi kesehatan. Mulai dari masalah kolesterol hingga lemak yang tinggi. Bukan berarti tidak boleh, namun sebaiknya kamu mengurangi makanan dengan pengolahan secara digoreng. Perbanyaklah menu makanan yang diolah dengan cara dikukus atau direbus karena proses pemasakan itu lebih sehat.

10. Mengonsumsi suplemen dan vitamin

Suplemen dan vitamin bisa menjadi booster untuk menjaga kesehatan kamu yang super sibuk. Ada banyak pilihan vitamin dan suplemen yang bisa kamu pilih. Salah satunya yaitu suplemen atau vitamin yang mengandung vitamin C tinggi. Tetapi tetap saja, bukan berarti kamu harus mengonsumsi suplemen terus menerus. Ada baiknya kamu menyelingi dengan suplemen alami yaitu adalah buah segar.
Nah, itulah 10 tips pola makan sehat untuk kamu yang sibuk. Tetap jaga pola makan dan asupan nutrisi untuk tubuh. Sesibuk-sibuknya kamu, luangkan waktu untuk sekadar berolahraga ringan dan jaga pola tidur agar fisik dan pikiran tetap sehat dan fresh. Penuhi juga kebutuhan gizimu dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan setiap harinya. Kamu bisa membeli stok sayur dan buah-buahan segar di Sayurbox. Yuk, cek produknya sekarang juga!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg