Cari Tahu 10 Kandungan Gizi dan Manfaat Tomat Hijau

Sering mendengar tentang tomat hijau? Eits, tomat hijau bukan berarti tomat yang belum sepenuhnya matang, lho. Tomat hijau memang masih belum terlalu populer di Indonesia, akan tetapi cukup banyak digunakan di benua Amerika sebagai bahan makanan, saus, ataupun bahan tambahan untuk membuat sajian sup hingga sandwich. Tomat ini merupakan salah satu jenis tomat dengan ukuran kecil dan warna kulit hijau yang khas. Ada banyak kandunfan gizi dan manfaat tomat hijau.
Tomat hijau merupakan jenis sayuran yang baik dikonsumsi asal berhati-hati dalam pemilihannya. Pastikan untuk memilih tomat berwarna hijau dengan ukuran besar karena ukuran yang besar ini merupakan salah satu indikasi bahwa kondisi tomat sudah matang. Umumnya indikasi ini juga muncul dalam tingkat kecerahan warna kulit yang baik, ataupun adanya garis semburat berwarna kekuningan cenderung merah. Jangan sampai salah memilih, sebab tomat hijau yang mentah alias terlalu muda justru berbahaya karena mengandung banyak getah yang tak baik bagi tubuh, bahkan racun bagi pencernaan. Apabila dalam keadaan matang, tomat hijau adalah sumber nutrisi yang berguna bagi tubuh. Yuk, simak ini 10 kandungan gizi dan manfaat tomat hijau.

Ini kandungan gizi dan manfaat tomat hijau

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/tomato-4441117_1920-595x334.jpg
Kandungan Gizi dan Manfaat Tomat Hijau. (Foto: Pixabay)

1. Mengencangkan kulit

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam satu buah tomat hijau membuatnya sangat baik untuk mengencangkan kulit, mencegah munculnya keriput, dan menjaga agar kulit tetap terlihat cerah. Hal ini karena vitamin C mampu membuat kulit nampak lebih elastis dan segar.

2. Mengatasi jerawat

Selain dapat mengencangkan kulit, kandungan vitamin pada tomat hijau juga memiliki manfaat untuk mengatasi masalah jerawat terutama pada kulit wajah. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi tomat hijau secara langsung ataupun menjadikannya sebagai masker wajah. Tomat hijau juga dapat mengecilkan pori-pori yang besar, serta memudarkan bekas jerawat.

3. Mencegah penuaan dini

Masih berkutat pada kesehatan kulit, tomat hijau yang kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C ini juga dapat membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Ini tentu hal yang sangat penting sebab mengingat di masa ini, begitu banyak radikal bebas yang bisa mempercepat terjadinya penuaan pada kulit. Mengonsumsi tomat hijau secara rutin atau menjadikannya sebagai masker wajah dapat membantu mencegah timbulnya kerutan halus pada kulit dan tanda-tanda penuaan lainnya.

4. Mencerahkan kulit wajah

Bosan dengan wajah kusam yang bikin tidak percaya diri? Manfaatkan saja tomat hijau, baik untuk dikonsumsi ataupun dijadikan masker wajah. Tomat hijau kaya akan kandungan vitamin C yang mampu menjadi agent pencerah untuk kulit secara alami dan sehat.

5. Baik untuk diet

Tomat hijau kaya akan kandungan nutrisi baik mulai dari karbohidrat, gula, serat, dan protein. Kandungan nutrisi pada tomat hijau ini mampu membuat tubuh jadi bertenaga, sekaligus menurunkan kadar lemak jahat. Oleh sebab itu, tomat hijau sangatlah sesuai untuk dijadikan menu diet, terutama bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.
Ingin mencoba manfaat tomat hijau? Yuk, beli tomat hijau segar di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan tomat hijau yang cukup tinggi dapat membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh bila mengonsumsinya secara rutin. Daya tahan tubuh yang meningkat artinya membuat tubuh menjadi lebih kebal menghadapi serangan berbagai jenis penyakit.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Selain vitamin A dan C, tomat hijau juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium merupakan zat yang mampu membuat tulang dan gigi menjadi kuat. Itu artinya, mengonsumsi tomat hijau sama dengan memberikan asupan kalsium yang cukup bagi tulang dan gigi.

8. Menormalkan tekanan darah

Sebuah tomat hijau berukuran besar memiliki kandungan sodium sebanyak 24 miligram. Sodium baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap berada di angka normal serta mengurangi resiko terjadinya stroke. Konsumsi tomat hijau rutin setiap hari dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan potassium dan sodium harian sehingga tekanan darah akan terjaga di angka normal.

9. Mencegah serangan jantung

Manfaat tomat hijau dalam menormalkan tekanan darah berkaitan dengan fungsi jantung. Bila tekanan darah normal, maka kinerja jantung juga akan normal, karena berkaitan satu sama lain.

10. Mengatasi varises

Tomat hijau dapat digunakan untuk perawatan varises, baik dengan cara dikonsumsi atau juga bisa menempelkan potongan tomat di bagian tubuh yang terkena varises. Sebab tomat hijau mengandung acetylsalicylic, yakni jenis asam yang bersifat antikoagulan.
Itu dia beberapa manfaat tomat hijau yang bisa kamu rasakan bila mengonsumsinya secara rutin. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Yuk, beli tomat hijau segar di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/01/Banner-Blog-595x335.jpg