10 Manfaat Sereh bagi Tubuh, Bisa Bantu Kurangi Risiko Kanker

Sayurfriends pasti sudah gak asing lagi dengan aroma batang
sereh
atau serai yang khas. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, batang serai juga kerap direbus untuk diminum airnya, karena dianggap memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Penasaran apa aja manfaat
sereh
bagi kesehatan tubuh? Yuk simak ulasannya di bawah ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/09/manfaat-sereh-595x335.jpg

1. Melindungi Tubuh dari Paparan Radikal Bebas

Paparan radikal bebas merupakan salah satu pemicu kerusakan sel di dalam tubuh. Makanya, tubuh membutuhkan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas tersebut. Asupan antioksidan ini bisa Sayurfriends peroleh dari serai. Serai punya antioksidan seperti
chlorogenic acid, isoorientin,
dan
swertiajaponin
, yang bisa mencegah disfungsi sel dalam pembuluh arteri.

2. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti, akibat efeknya yang bisa berujung pada kematian. Daripada mengobati, jauh lebih baik lagi jika risiko kanker ini bisa diturunkan, sehingga Sayurfriends bisa terhindar dari penyakit tersebut. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko kanker ini adalah dengan memanfaatkan serai.
Berdasarkan penelitian,
sereh
atau serai memiliki kandungan yang disebut
citral
, yang memiliki kemampuan untuk menghadapi sel kanker. Ada 2 cara kerja dari komponen antikanker yang dikandung oleh serai tersebut, yakni dengan membunuh langsung sel kanker tersebut ataupun dengan meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga tubuh bisa melawan sel kanker itu sendiri.
Baca juga:

3. Mencegah Terjadinya Peradangan

Terjadinya peradangan dalam tubuh merupakan pertanda bahwa tubuh sedang tidak baik-baik saja. Peradangan ini di antaranya bisa ditangani dengan mengonsumsi serai, misalnya dengan cara meminum air rebusannya. Kandungan serai berupa
citral
dan
geranial
memiliki sifat anti-peradangan, yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan peradangan yang sedang terjadi dalam tubuh.

4. Mengatasi Kembung

Manfaat
sereh
selanjutnya adalah untuk mengatasi rasa kembung. Serai diketahui memiliki efek diuretik, di mana dengan adanya efek tersebut akan menstimulasi ginjal untuk memproduksi atau melepaskan lebih banyak urin dibandingkan biasanya. Dengan begini, maka menumpuknya cairan yang menjadi salah satu penyebab rasa kembung akan bisa dikeluarkan dari dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Batang serai bisa Sayurfriends manfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut,
loh
! Berdasarkan jurnal
The Food Chemistry
, ekstrak serai merupakan salah satu tanaman herbal potensial yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Bakteri yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah
Streptococcus sanguinis
, yakni bakteri yang menyebabkan gigi jadi berlubang.
Manfaatnya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut ini sendiri bukanlah hal baru di tengah masyarakat. Pasalnya, sebagian orang di negara berbeda terbiasa mengunyah batang serai, untuk menjaga kesehatan gigi dan membersihkan mulutnya. Sayurfriends mungkin bisa memperoleh manfaatnya ini dengan melakukan hal serupa atau meminum air rebusan batang serai.

6. Meredakan Stres dan Gelisah

Ada banyak hal yang bisa memicu stres dan gelisah. Entah itu karena harus tekanan pekerjaan, lingkungan, dan lainnya. Satu hal yang pasti, stres dan gelisah yang gak berujung, bakal bisa mengurangi kualitas hidup. Seseorang akan merasa saat gak nyaman untuk beraktivitas, karena didera oleh rasa stres dan gelisah tersebut.
Salah satu cara agar bisa rileks saat stres sedang mendera adalah dengan memanfaatkan serai. Tanaman herbal satu ini diketahui bisa membantu seseorang jadi rileks dan tenang. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam
Journal of Alternative and Complementary Medicine
, emosi yang dirasakan seseorang saat stres bisa berkurang dengan mencium aroma minyak esensial serai.

7. Membuat Tidur Jadi Lebih Nyenyak

Sayurfriends sering susah tidur dan merasa tidur gak berkualitas? Coba gunakan serai agar tidur bisa lebih nyenyak. Serai diketahui memiliki efek menenangkan yang bisa membuat tidur jadi lebih nyenyak. Aroma yang dimilikinya bisa memicu pelepasan serotonin, yang kemudian membantu membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks, serta menjaga siklus tidur.

8. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Manfaat
sereh
selanjutnya adalah untuk menyehatkan sistem pencernaan. Serai memiliki kandungan yang disebut
citral
, yang bisa meningkatkan penyerapan nutrisi dan memastikan tubuh memiliki metabolisme yang sehat. Dengan begini, maka proses pencernaaan akan bisa berlangsung dengan lancar.
Gak hanya itu aja, kandungan antioksidan yang dimiliki oleh serai juga berperan dalam mendukung pertumbuhan bakteri baik yang berperan penting dalam proses pencernaan, seperti probiotik. Sifat anti-bakteri dan anti-mikroba yang dimilikinya juga membantu mengatasi masalah pada perut yang disebabkan oleh patogen yang berbeda-beda.
Baca juga:

9. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi bisa berujung pada strok. Maka dari itu, kondisi ini harus dihindari sebisa mungkin. Serai merupakan tumbuhan herbal yang bisa Sayurfriends andalkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan potasiumnya yang tinggi akan meningkatkan produksi urin, yang kemudian menstimulasi sirkulasi darah dan menurunkan tekanan darah.

10. Menurunkan Berat Badan

Konsumsilah air rebusan batang serai jika Sayurfriends ingin menurunkan berat badan. Kandungan serai bisa meningkatkan metabolisme, sehingga proses pencernaan menjadi lebih cepat dan kalori yang dibakar menjadi lebih banyak. Air rebusan serai ini bisa menjadi salah satu menu andalan Sayurfriends kala menjalani program diet.
Itulah tadi 10 manfaat
sereh
yang bisa Sayurfriends peroleh, baik dengan cara mengonsumsi air rebusannya, hingga mencium aroma wanginya. Sebagai salah satu tanaman herbal terkemuka, serai memang sudah menjadi salah satu bahan pengobatan tradisional. Jadi, jangan ragu untuk menjaga kesehatan tubuh Sayurfriends, dengan memanfaatkan tanaman herbal beraroma wangi ini.
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox