10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan Selama Ramadan

Bulan Ramadan adalah bulan suci yang ditunggu para umat muslim di seluruh dunia. Untuk itu, di bulan ini banyak umat muslim yang berlomba-lomba mengumpulkan pahala dengan memperbanyak beribadah. Tak hanya bisa meningkatkan kualitas spiritual, berpuasa juga bermanfaat untuk kesehatan, lho. Bahkan, untuk beberapa penderita penyakit tertentu, puasa dapat menjadi solusi dalam mengontrol dan menjaga masalah kesehatan mereka. Berikut ini 10 manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan selama puasa Ramadan.

Ini manfaat puasa bagi kesehatan

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/03/food-2569257_1920-595x397.jpg
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan yang Bisa Kamu Dapatkan Selama Ramadan. (Foto: Pixabay)

1. Menurunkan tekanan darah

Salah satu manfaat berpuasa yaitu, menurunkan tekanan darah. Faktanya, banyak orang yang mengalami masalah dengan tekanan darah. Tak hanya usia lanjut, penderita tekanan darah tinggi kini juga menyasar usia muda.
Dengan berpuasa, maka tekanan darah akan lebih terkontrol. Hal ini tentunya berkaitan dengan pola makan yang lebih terjaga sehingga asupan garam pada tubuh juga lebih rendah. Seperti yang kamu ketahui, salah satu faktor yang bisa membuat tekanan darah meningkat adalah asupan garam yang berlebih.

2. Menurunkan kadar gula darah

Gula darah yang tidak terkontrol memang bisa menjadi penyebab diabetes kronis. Dengan berpuasa, maka kadar gula darah dalam tubuh dapat ditekan sehingga lebih terkontrol.
Manfaat ini bisa kamu rasakan hanya dalam beberapa hari berpuasa saja. Bahkan dengan berpuasa, kadar gula darah bisa ditekan hingga lebih dari 30%. Tentunya, bagi penderita hipoglikemia atau pemilik kadar gula darah tinggi, puasa bisa menjadi salah satu cara menjaga kadar gula darah mereka agar tetap stabil.

3. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Masih menyangkut dengan pembahasan sebelumnya, manfaat puasa lainnya juga bisa mengatasi masalah sindrom metabolik, seperti kardiovaskular.
Dengan berpuasa, maka dapat membantu meningkatkan fungsi kardiovaskular, komposisi darah, dan tekanan darah. Untuk para penderita diabetes tipe 2 atau kolesterol tinggi, berpuasa bisa menjadi solusi dalam mengontrol kedua masalah kesehatan tersebut.

4. Menurunkan berat badan

Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, puasa bisa menjadi solusinya. Pasalnya, puasa merupakan salah satu cara teraman untuk menurunkan berat badan.
Selaras dengan hal tersebut, banyak penelitian yang menunjukkan jika puasa yang terkontrol dapat membantu tubuh membakar lemak lebih efektif dibanding program diet biasa.
Secara tidak langsung, berpuasa akan memaksa tubuh untuk menggunakan lemak sebagai sumber energi daripada gula. Bahkan, banyak para atlet yang juga menjalankan puasa yang terkontrol untuk membantu mengurangi persentase lemak di tubuh mereka.

5. Membantu membuang dan membakar lemak

Tidak hanya menurunkan berat badan, puasa juga dapat membantu mengurangi kadar lemak atau ketosis, yaitu dengan membakar cadangan lemak dalam tubuh, termasuk lemak berlebih yang tersimpan di area organ vital tubuh, misalnya lemak pada hati dan ginjal.
Kelebihan lemak di organ tersebut dapat mengganggu fungsi kerja keduanya. Dengan berpuasa, maka tubuh lebih cepat mencapai ketosis.
Ingin mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan selama bulan Ramadan tahun ini? Yuk, beli berbagai buah dan sayur untuk menunjang puasa kamu agar lebih sehat di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain menjaga tekanan darah, manfaat berpuasa bagi kesehatan juga mampu menjaga kesehatan jantung. Memang, hal ini masih terbatas pada penelitian terhadap hewan saja. Namun, hasil positifnya menunjukan dengan berpuasa maka kinerja otot jantung akan meningkat, mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan meningkatkan pertumbuhan pembuluh darah di dalam jantung.

7. Mengurangi peradangan

Radikal bebas memang bisa memicu berbagai masalah kesehatan, termasuk peradangan. Peradangan bisa terjadi karena pola makan tidak sehat. Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat memang menjadi salah satu sumber radikal bebas penyebab terjadinya peradangan.
Beberapa jenis makanan yang menjadi penyumbang masalah tersebut adalah gula rafinasi (gula yang dimurnikan), karbohidrat olahan, alkohol, daging, dan makanan yang digoreng.

8. Puasa mempercepat metabolisme

Manfaat berpuasa lainnya yaitu, memberi waktu bagi sistem pencernaan untuk istirahat. Secara tidak langsung, hal ini juga berguna bagi metabolisme dalam tubuh untuk membakar kalori dengan lebih efisien.
Buruknya sistem pencernaan, maka akan berpengaruh pada kemampuan metabolisme tubuh dalam membakar lemak. Masih berhubungan dengan proses pencernaan, berpuasa juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi kerja usus menjadi lebih baik.

9. Menyehatkan ginjal

Tidak hanya sistem pencernaan, dengan berpuasa juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. Seperti yang kamu ketahui, ginjal adalah organ tubuh yang berperan dalam menyaring racun pada makanan dan minuman yang kamu konsumsi selama ini. Fungsi ginjal dapat bekerja maksimal apabila kekuatan osmosis urin mencapai 1.000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air.
Dengan berpuasa, maka dapat membantu kerja ginjal mencapai fungsi maksimal tersebut, sehingga kondisi ginjal akan menjadi lebih sehat.

10. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat tubuh dalam kondisi berpuasa, peningkatan limfosit terjadi hingga sepuluh kali lipat. Secara keseluruhan, sel darah putih tidak mengalami berubah, namun sel T justru mengalami kenaikan pesat.
Penelitian lanjutan tentang hal ini juga menunjukkan terjadi penurunan kadar apo-betta. Di sisi lain, kadar apo-alfa1 meningkat dibandingkan saat kondisi tubuh tidak berpuasa. Kondisi tersebut bisa menekan kemungkinan terjadinya penyakit serangan jantung dan masalah kesehatan pada pembuluh darah.
Ternyata, berpuasa tidak hanya sebatas menjalankan kewajiban sebagai umat muslim saja. Tapi juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Itulah 10 manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan selama menjalankan puasa Ramadan.
Jadi, apakah kamu ingin mendapatkan manfaat puasa bagi kesehatan selama bulan Ramadan tahun ini? Yuk, beli berbagai buah dan sayur untuk menunjang puasa kamu agar lebih sehat di Sayurbox!
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/02/Banner-Blog-595x335.jpg