10 Manfaat Nangka untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu

Selain durian, nangka atau yang dikenal dengan nama latin
Artocarpus heterophyllus
juga menjadi salah satu buah tropis yang cukup populer. Meski aromanya tidak setajam durian, namun aroma nangka yang unik membuat buah yang satu ini mudah dikenali. Dengan hanya menciumnya secara sepintas, pastinya kamu sudah dapat menebak jika aroma tersebut adalah aroma buah nangka. Bagi masyarakat lokal, buah ini kerap digunakan untuk kebutuhan pangan. Mulai dari makanan tradisional seperti gulai, gudeg, sayur asem, atau makanan lainnya, hingga minuman segar seperti es buah, jus, kolak, hingga es teler. Meski nangka tergolong buah yang umum, namun tidak banyak yang tahu akan manfaat buah berduri pendek yang satu ini. Untuk kamu yang sering mengonsumsi nangka namun belum tahu apa saja manfaatnya, berikut ini adalah 10 manfaat nangka untuk kesehatan yang wajib kamu tahu.

Manfaat nangka untuk kesehatan

Apa saja manfaat dari buah nangka?
Yuk
, simak 10 manfaat nangka untuk kesehatan yang wajib kamu tahu berikut ini.
http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2020/10/edible-fruit-1938193_1920-595x446.jpg
Manfaat Nangka untuk Kesehatan yang Wajib Kamu Tahu. (Foto: Pixabay)

1. Menekan risiko kanker

Salah satu manfaat mengonsumsi nangka yaitu sebagai penekan risiko kanker. Kandungan seperti antioksidan, flavonoid, dan fitonutrien di dalamnya bermanfaat dalam mencegah stres oksidatif yang bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sel kanker.
Di sisi lain, kandungan vitamin C dalam nangka juga efektif dalam meningkatkan aktivitas enzim antioksidan, yaitu zat yang mampu mencegah munculnya kanker payudara.

2. Meningkatkan kepadatan tulang

Mungkin banyak yang beranggapan jika asupan kalsium yang baik hanya bisa didapatkan dengan mengonsumsi susu saja. Anggapan ini tentu tidak salah, tapi juga tidak sepenuhnya benar.
Banyak sekali alternatif sumber kalsium yang bisa memberikan asupan tersebut, salah satunya adalah nangka. Tidak hanya kalsium, buah ini juga mengandung potasium dan magnesium. Ketiga kandungan tersebut memiliki peran penting dalam pertumbuhan tulang.
Di sisi lain, vitamin C pada buah ini juga baik untuk membantu proses penyerapan kalsium sehingga tulang lebih sehat dan terhindar dari risiko osteoporosis dan arthritis.

3. Menjaga tekanan darah

Menjaga tekanan darah tetap normal tentu menjadi sebuah keharusan. Sebab, jika terlalu tinggi bisa menjadi pemicu gangguan pada jantung dan stroke. Sebaliknya, jika terlalu rendah pun bisa menyebabkan anemia.
Salah satu manfaat buah nangka yaitu bisa mempertahankan kestabilan tekanan darah. Kandungan potasium di dalamnya berfungsi dalam menjaga kadar natrium. Di mana, zat inilah yang berperan dalam menjaga kestabilan darah.

4. Mencegah anemia

Kurangnya darah merah dalam tubuh bisa menyebabkan anemia. Gangguan ini bisa mengakibatkan tubuh mudah lemas dan letih. Tentu saja hal ini bisa menghambat aktivitas kamu sehari-hari.
Nah, salah satu manfaat mengonsumsi buah nangka yaitu bisa membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah sehingga proses transmisi oksigen ke seluruh tubuh bisa menyebar secara efektif.

5. Baik untuk ibu hamil

Anggapan jika buah nangka tidak baik dikonsumsi oleh ibu hamil ternyata keliru. Justru, nangka yang kaya akan vitamin B3 ini sangat bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh mereka. Tak hanya itu saja, kandungan tersebut juga berperan sebagai pengatur kadar hormon sehingga bisa membantu mengontrol tingkat stres pada ibu hamil.
Ingin merasakan manfaat nangka? Kamu bisa membeli nangka segar dan buah-buahan lainnya di Sayurbox.

6. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Kalium dalam buah nangka berperan penting bagi kestabilan darah dan detak jantung. Kandungan vitamin B6 di dalamnya juga berperan sebagai resveratrol efek proteksi kardio, sekaligus untuk menekan risiko kardiovaskular, seperti aterosklerosis, iskemia, dan hipertensi.

7. Meningkatkan sistem imunitas

Buah nangka memiliki kandungan vitamin C yang cukup. Vitamin C sendiri berperan sebagai antioksidan bagi tubuh. Salah satu peran antioksidan yaitu untuk meningkatkan sistem imun dalam menangkal dan melawan infeksi virus dan radikal bebas.

8. Membantu mengontrol diabetes

Selain jantung, diabetes juga menjadi penyebab kematian terbesar di Indonesia. Salah satu manfaat rutin mengonsumsi buah yang satu ini yaitu bisa menekan risiko komplikasi diabetes.
Sebuah penelitian mengungkapkan jika pasien yang mendapat ekstrak buah nangka memiliki kemampuan tubuh yang lebih baik dalam memperbaiki toleransi glukosa, dibandingkan yang tidak.

9. Memperbaiki sistem pencernaan

Nangka memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Hal ini tentu baik untuk membantu menjaga dan memperlancar sistem pencernaan. Selain bisa menekan risiko sembelit, serat dalam nangka juga bisa memberikan efek kenyang lebih lama sehingga akan mempermudah tubuh dalam mengontrol nafsu makan.

10. Menjaga fungsi penglihatan

Tidak hanya wortel dan tomat saja, buah nangka juga memiliki manfaat yang sama bagi mata. Beberapa kandungan penting seperti beta-karoten, vitamin A, lutein, dan juga zeaxanthin bisa kamu dapatkan dari buah yang satu ini.
Beta-karoten yang diolah menjadi vitamin A memiliki peran untuk menjaga fungsi normal kornea dan membran konjungtiva. Sedangkan, kandungan lutein dan zeaxanthin berperan sebagai penyaring cahaya berbahaya sehingga fungsi sel pada mata bisa lebih sehat dan terjaga. Otomatis, risiko gangguan pada mata seperti glaukoma, degenerasi makula dan katarak bisa dihindari.
Itulah 10 manfaat nangka untuk kesehatan yang wajib kamu tahu. Ternyata, manfaatnya cukup beragam, bukan? Kalau kamu ingin merasakan manfaatnya, kamu bisa membeli buah nangka yang satu ini di Sayurbox.
(Siti Kamilla)
Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox