10 Manfaat Lari Pagi, Cegah Stres dan Jaga Tubuh Tetap Ramping

Olahraga jadi salah satu kunci untuk mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat. Banyak banget jenis aktivitas olahraga yang bisa dilakukan dan salah satunya lari pagi. Selain simple dan murah, olahraga ini juga punya banyak manfaat. Yuk, cari tahu apa saja manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh!

http://blog.sayurbox.com/wp-content/uploads/2022/11/manfaat-lari-pagi-595x335.jpg

1. Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Lari pagi bisa membantu menjaga kesehatan organ paru-paru. Nah, saat lari sudah pasti tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen. Hal ini membuat frekuensi pernapasan jadi meningkat sampai akhirnya paru-paru menghirup lebih banyak udara yang kaya oksigen. Ternyata hal simple semacam ini sangat efektif membantu paru-paru selalu dalam kondisi sehat.

Sayurfriends juga pasti sering merasa ngos-ngosan kan saat lari? Ternyata hal ini menunjukkan bahwa tubuh perlu menghirup lebih banyak oksigen. Apalagi jika olahraga ini dilakukan waktu pagi, udaranya masih benar-benar bersih. Tapi ingat ya, pilih tempat lari yang nyaman dan minim polusi.

2. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Terbiasa lari setiap pagi juga bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh. Kalau daya tahan tubuh kuat, maka Sayurfriends bisa terhindar dari beragam jenis penyakit. Aktivitas lari pagi ini ternyata bisa meningkatkan metabolisme dalam tubuh . Selain itu olahraga ini juga akan merangsang terbentuknya sel-sel pertahanan tubuh yang bekerja melawan penyakit.

Kalau daya tahan tubuh atau imunitas bertambah kuat, maka akan lebih mudah melawan beragam jenis virus, bakteri, jamur, maupun patogen lain yang berbahaya. Jadi kalau mau tetap sehat dan bugar, coba aja deh olahraga lari setiap pagi.

3. Meningkatkan Stamina

Berlari akan membantu stamina tubuh semakin meningkat. Kalau Sayurfriends punya kesibukan yang padat setiap harinya, maka olahraga ini sangat direkomendasikan. Olahraga lari akan memberikan energi bagi tubuh dan membuat tubuh lebih bersemangat untuk menjalani semua aktivitas sepanjang hari.

Catat juga ya, saat berlari tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon ini ternyata bisa membantu meningkatkan mood dan menyalakan semangat. Jadi gak heran kalau olahraga ini bisa bikin tubuh lebih berenergi.

4. Memelihara Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat lari pagi adalah bisa memelihara kesehatan jantung. Sayurfriends pasti tahu dong kalau jantung itu adalah organ yang sangat penting dan harus dijaga kesehatannya sebaik mungkin. Aktivitas lari akan membuat jantung bekerja optimal dalam memompa darah supaya nutrisi dan oksigen bisa didistribusikan dengan baik ke semua bagian otot.

Kalau Sayurfriends rutin berolahraga lari setiap pagi, maka tubuh akan terbiasa dan jantung juga lebih terlatih untuk bekerja optimal. Ini jauh lebih sehat daripada kerja jantung tidak dilatih secara optimal. Saat kondisi jantung sehat, maka risiko penyakit yang berbahaya juga menurun. Mulai dari penyakit stroke, serangan jantung, dan lain sebagainya.

5. Meningkatkan Kekuatan Otot

Olahraga memang penting untuk dilakukan demi meningkatkan kekuatan otot. Begitu juga dengan olahraga lari setiap pagi, jika dilakukan secara rutin maka kekuatan otot dapat selalu terjaga bahkan meningkat. Kebiasaan berlari setiap pagi akan membantu otot terbiasa dan beradaptasi membentuk massa yang jauh lebih padat. Artinya otot dapat menyimpan energi yang lebih banyak dan jadi jauh lebih kuat.

Bagi Sayurfriends yang ingin menambah kekuatan otot atau mungkin membentuk otot, maka olahraga ini sangat direkomendasikan. Memang tidak didapatkan secara instan, butuh waktu sampai otot bertambah kuat dan terbentuk berkat kebiasaan lari setiap pagi.

6. Menurunkan Risiko Stres

Kesibukan yang padat sehari-hari, bisa aja bikin stres. Nah, ternyata salah satu manfaat lari pagi adalah bisa menurunkan risiko stres. Kalau Sayurfriends punya kesibukan yang padat dan merasa banyak tekanan, coba deh rutin lari pagi. Olahraga ini bisa meningkatkan produksi hormon endorfin yang akan bikin suasana hati jadi lebih bahagia.

Keluar di pagi hari sambil olahraga dan menikmati udara segar juga bisa bikin pikiran lebih damai. Apalagi kalau Sayurfriends memilih rute lari yang tepat dengan udara segar dan pemandangan indah. Dijamin rutinitas ini bisa bikin Sayurfriend jadi lebih bahagia dan gak gampang stres.

7. Mencegah Demensia

Olahraga lari pagi juga bisa membantu mencegah penyakit demensia atau pikun. Penyakit ini biasanya menyerang lansia tapi sebenarnya bisa diturunkan risikonya sejak masih muda. Salah satu caranya ya lewat rutin lari pagi tadi.

Sewaktu tubuh berlari, maka fungsi otak dan kemampuannya dalam berkonsentrasi akan terus meningkat. Hal ini sangat bagus bagi kemampuan otak apalagi kalau dilakukan secara rutin. Kemungkinan muncul penyakit demensia bisa menurun karena otak selalu terlatih dengan baik.

8. Bikin Awet Muda

Percaya atau gak ternyata salah satu manfaat lari pagi adalah bisa bikin awet muda. Nah, ini sangat menarik karena hampir semua orang pasti ingin jadi awet muda kan? Sayurfriends bisa mencegah munculnya berbagai tanda penuaan dini pada kulit seperti kerutan dan keriput dengan rutin lari pagi.

Rajin berolahraga seperti lari pagi ternyata bisa membantu meningkatkan produksi kolagen. Kalau produksi kolagen meningkat maka elastisitas kulit bisa lebih terjaga. Hasilnya, kulit jadi lebih sehat dan pasti terhindar dari tanda-tanda penuaan dini yang bikin kurang percaya diri. Tapi tetap ya harus diimbangi juga dengan pola hidup sehat dan pemakaian produk skincare yang tepat.

9. Mencerahkan Kulit

Gak cuma bikin awet muda, lari pagi ternyata juga bisa mencerahkan kulit! Kok, bisa? Saat lari pagi, Sayurfriends bisa mendapatkan paparan vitamin E dari sinar matahari. Nah, vitamin ini dibutuhkan oleh kulit agar terlihat jadi lebih sehat dan cerah. Tapi ingat ya, harus pakai sunscreen dulu sebelum mulai lari supaya gak gosong.

Lari pagi juga bisa bikin sirkulasi darah di tubuh jadi lebih lancar. Kondisi ini kemudian memberi dampak positif bagi tampilan kulit. Sirkulasi darah yang lancar membuat suplai oksigen dan nutrisi juga tambah lancar. Jadinya kulit terlihat lebih lembap, sehat, dan cerah.

10. Menjaga Berat Badan Ideal

Bagi Sayurfriends yang ingin punya berat badan ideal, jangan malas berolahraga. Lari pagi bisa jadi pilihan olahraga yang tepat untuk dilakukan secara rutin kalau mau mengendalikan bobot tubuh. Banyak kalori yang bisa terbakar saat Sayurfriends berlari. Jadi memang cukup efektif untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

Sebenarnya olahraga itu memang penting banget karena membuat metabolisme tubuh jadi seimbang. Bayangin aja kalau Sayurfriend cuma makan dan beraktivitas seperti biasa tanpa olahraga. Sudah pasti lemak di tubuh terus bertambah dan bobot tubuh jadi gak ideal. Jangan sampai hal ini terjadi dan mulai saja lari pagi secara rutin.

Sekarang sudah paham kan kalau banyak banget manfaat lari pagi yang bisa dirasakan oleh tubuh. Jadi jangan malas untuk memulau rutinitas olahraga ini. Luangkan waktu sebentar saja di pagi hari untuk lari-lari di sekitar lingkungan tempat tinggal. Dapatkan tubuh yang lebih sehat dan pikiran yang lebih tenang setelah terbiasa melakukannya.

Ikuti Kami
Download Sayurbox App
Google Play
App Store
Copyright © 2022, Sayurbox